Danau Sano Nggoang Flores

Danau Sano Nggoang Flores

Masih di Flores, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Danau Sano Nggoang Flores.

Tentu saja danau ini wajib menjadi salah satu tujuan liburan kalian. Karena ada banyak hal menakjubkan yang menunggu Anda di objek wisata ini.

Penasara apa saja yang menarik di Danau Sano Nggoang? Yuk kita bahas.


titani-avatar

Titani

e-commerce spvr at Go travela. She love traveling and read novels of Sherlock Holmes.

Bicara soal destinasi wisata alam di Indonesia, rasanya daftarnya tak akan pernah ada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke, selalu ada keajaiban alam khas Tanah Air yang selalu sayang untuk dilewatkan.

Begitupun di Flores, ada banyak rekomendasi tempat wisata di Flores untuk Anda. Salah satunya adalah Danau Sano Nggoang Flores. Danau terbesar se-Nusa Tenggara Timur ini berlokasi di ujung barat Pulau Flores, tepatnya di Kabupaten Manggarai Barat.

Lokasi dan Akses Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang Flores ini merupakan danau vulkanik yang lokasinya sebenarnya cukup “strategis”. Sebab, danau ini berlokasi tak jauh dari air terjun Cunca Wulang dan Cunca Rami, serta Taman Nasional Komodo.

Hanya saja, danau vulkanik ini hanya bisa Anda kunjungi dari Labuan Bajo dengan medan yang terbilang sangat menantang. Karena alasan inilah sepertinya nama Sano Nggoang tak sepopuler nama destinasi wisata NTT lainnya yang telah lebih dulu terkenal.

Sano Nggoang Lake

Meskipun durasi perjalanan dari Kota Labuan Bajo ke Danau Sano Nggoang sebenarnya hanya memakan waktu sekitar 3-4 jam, tingkat kesulitan medan yang tinggi jadi tantangan tersendiri. Untungnya, jalur transportasi dari Labuan Bajo menuju Sano Nggoang sedang dalam proses pengembangan agar lebih bagus dan nyaman untuk Anda lalui.

Hanya saja, walaupun kondisi medannya bisa membuat Anda serasa naik bumper car alias bombom car, keindahan panorama yang membentang sepanjang jalan siap membuat perjalanan Anda jadi jauh dari kata membosankan atau melelahkan. Lingkungan yang masih asri, berpadu dengan jajaran rumah tradisional masyarakat khas Manggarai, berpadu menjadi sebuah pemandangan yang memanjakan mata Anda.

Pesona Danau Sano Nggoang

Panorama khas Danau Sano Nggoang yang menghipnotis bahkan sudah bisa Anda intip dari atas bukit menuju Dusun Nunang, lho! Permukaan air danau yang berwarna hijau cemerlang bisa Anda tangkap di garis horizon, beserta hijaunya hutan yang masih alami dan asri.

Jajaran pepohonan yang mengelilingi Anda pun menyuguhkan keriuhan alam yang masih tak terjamah modernisasi – praktis, absennya suara calo atau bisingnya kendaraan bermotor dijamin akan bisa menambah ketenangan Anda selama perjalanan.

Danau Sano Nggoang adalah danau vulkanik terluas di Nusa Tenggara Timur dengan luas 5.500 hektar. Sano Nggoang sendiri berasal dari Bahasa Kempo yaitu Sano dan Nggoan. Sano berarti danau dan Nggoang berarti membara. Jadi, Sano Nggoang artinya danau vulkanik atau danau yang membara.

Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang terletak di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut. Danau ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu kandungan sulfur yang relative tinggi. Karena itu, mandi untuk kesehatan kulit menjadi alasan utama berwisata ke danau ini. Anda bisa menemukan sumber air panas di ujung danau ini. Selain mandi untuk kesehatan kulit, Anda juga bisa berekreasi sambil menunggangi kuda mengelilingi danau.

Pemandangan di sekitar Danau Sano Nggoang ini akan sangat menyejukan mata Anda karena masih sangat alami. Selain itu, Danau Sano Nggoang juga menjadi habitat beberapa jenis burung termasuk burung endemic Flores yaitu Gagak Flores (Corvus florensis).

Ada juga beberapa jenis burung lain yaitu itik gunung, itik benjot, Tesia Timor, kipasan flores, dan cekakak tunggir-putih (Caridonax fulgidus). Bagi Anda yang tidak tahan dengan bau belerang, kami sarankan untuk menggunakan masker ya jika mengunjungi danau ini.

Desa Wae Sano : Pintu Masuk Sano Nggoang

Pintu masuk menuju Danau Sano Nggoang Flores bagi para turis adalah Desa Wae Sano, atau tepatnya di Dusun Nunang. Barangkali karena danau ini sudah rajin disambangi para pelancong, tak heran jika Anda bisa menemukan home stay yang dikelola oleh masyarakat setempat sebagai tempat persinggahan Anda selama menghabiskan waktu di sini. Lokasinya sendiri persis berada di tepi danau loh!

Setibanya di Dusun Nunang, masyarakat lokal telah siap menyambut Anda lewat penyelenggaraan Upacara Adat Kapu, yang merupakan khas Manggarai. Upacara adat ini diadakan untuk menyambut tamu, dan Anda sebagai tamu baru akan diterima begitu ritual ini tuntas. Lokasi Dusun Nunang sendiri pas berada di seputar danau, serta berbatasan langsung dengan area Hutan Mbeliling.

Karena Dusun Nunang sendiri akhirnya ikut berkembang menjadi sebuah desa wisata berkat keberadaan dan popularitas Danau Sano Nggoang, tak heran kalau dusun ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Di samping home stay yang telah disinggung sebelumnya, ada juga pusat informasi turis, peta wisata yang bisa Anda peroleh secara gratis, hingga pemandu wisata yang ramah dan terlatih.

Selama menghabiskan waktu berlibur di sini, tentu tak ada salahnya jika Anda sepenuhnya meluangkan waktu untuk melupakan kehidupan ala masyarakat perkotaan yang selama ini Anda jalani. Sebab, keindahan danau dan hutan asri di sini tentu sangat sayang untuk Anda lewatkan.

Tentu saja dapat menghilangkan stres dan penat di dalam pikiran Anda. Apalagi, Anda juga bisa menikmati waktu sambil tracking mengunjungi jajaran bukit dan puncak-puncaknya yang mengelilingi danau. Salah satunya adalah Puncak Poco Dedeng, di mana Anda bisa melihat Labuan Baju dari ketinggian dengan jelas.

Nah, itu dia tentang keajaiban dan pesona Danau Sano Nggoang Flores. Tertarik untuk mengunjunginya? Semoga bermanfaat dan selamat liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *