Labuan Bajo

Legenda Sejarah Komodo Bagi Masyarakat Pulau Komodo

Legenda-Sejarah-Komodo

Legenda Sejarah Komodo Bagi Masyarakat Pulau Komodo sangat berarti dalam budaya setempat.

Marcus Garvey  mengatakan “A people without the knowledge of their past history, origin and culture is like a tree without roots.” Yang tentu saja kamu tidak ingin masuk ke dalam golongan tersebut.

Legenda Sejarah Komodo Kampung-komodo

Legenda Sejarah Komodo

Seperti yang kita tahu Pulau Komodo memiliki keindahan menakjubkan dan juga masuk dalam 7 keajaiaban dunia (Seven wonders). Namun pernahkah kamu mempertanyakan sejarah atau legendanya pulau komodo ini? Lebih jelasnya yuk simak ulasan mengenai legenda sejarah komodo berikut.

Mengulik Sejarah Komodo

Sebagai masyarakat Indonesia kamu patut bangga karena banyak tempat ataupun benda yang sudah diakui sebagai keajaiban dunia.

Salah satunya adalah hewan purba satu-satunya di dunia yang hingga kini masih ada serta hidup dipulau yang disebut Pulau Komodo dan Pulau Rinca Situs Warisan Dunia UNESCO.

Cerita Rakyat

Komodo atau The Dragon yang merupakan satu spesies kadal ini dahulunya di sebut “Orah” oleh masyarakat setempat.

Komodo-The-Dragon
Orah panggilan masyarakat lokal setempat.

Legenda sejarah Komodo ini diceritakan pada zaman dahulu kala, ada seorang putri yang bernama Putri Naga. Ia hidup disebuah pulau dan kemudian menikah dengan Moja pemuda pulau sebrang.

Singkat cerita sang putri hamil dan kemudian melahirkan putra kembar yang keduanya memiliki kelamin laki-laki. Hanya saja salah satunya memiliki bentuk berbeda yang mirip dengan kadal dan membuat pasangan ini malu.

Keduanya memberi nama Orah untuk putra yang mirip dengan kadal dan memberi nama Gerong untuk bayi yang normal. Orah diasingkan ke dalam hutan sementara Gerong diasuh sendiri oleh Putri Naga dan Moja. Seiring dengan waktu yang berlalu, Gerong sudah tumbuh besar dengan tubuh gagah. Hingga saat Gerong berburu rusa ia bertemu dengan kadal raksasa yang kemudian Gerong kejar dan hendak menghunuskan tombak.

Namun, tiba-tiba Putri Naga datang dan melarang untuk membunuh kadal raksasa yang saat ini dikenal komodo. Putri Naga menjelaskan kepada Gerong bahwa kadal itu adalah saudara kembarnya yang bernama Orah.

Sejak saat itu masyarakat sekitar selalu memperlakukan komodo sebagai saudara. Itulah sedikit cerita legenda asal muasal Komodo bernama Orah dan menjadi hewan yang diperlakukan dengan baik hingga saat ini.

Mengenal Lebih Dekat Si Komodo Kadal Raksasa Mematikan

Varatus Komodoensis atau Biawak Komodo atau Orah merupakan salah satu spesies reptil yang terbesar di dunia. Komodo hidup di pulau Komodo, Flores, Gili Matang, Gili Dasami dan Rinca di Nusa Tenggara Indonesia.

Penemuan & Sains

Pada tahun 1910, Letnan Jacques Karel Henri van Steyn van Hensbroek ditempatkan di Pulau Flores di Indonesia timur oleh pemerintahan kolonial Belanda, ketika ia menerima kabar tentang “buaya darat” yang berukuran sangat besar yang hidup di pulau Komodo oleh masyarakat lokal.

Legenda Sejarah Komodo Pieter-Ouwens-Varanus-komodoensis
Varanus komodoensis

Penasaran, ia berangkat ke pulau tersebut untuk menyelidiki sendiri. Dia kembali dengan foto dan kulit binatang itu, yang dia kirim ke Pieter Ouwens, yang saat itu direktur Java Zoological Museum dan Botanical Gardens di Buitenzorg (Sekarang Kebun Raya Bogor).

Hewan itu bukan buaya dalam bentuk apa pun, tetapi kadal raksasa yang besar. Ouwens menyadari bahwa hewan ini baru dalam sains dunia dan langsung menerbitkan deskripsi formal pertama tentang hewan tersebut, yang sekarang kita kenal sebagai komodo, Varanus komodoensis.

Bisa Racun Mematikan

Komodo termasuk spesies reptil yang memiliki bisa mematikan. Kemampuan mematikan tersebut didapat lantaran kuatnya gigitan serta racun berbisa yang muncul dari ribuan kelenjar pada gusinya.

Beberapa orang menyebutnya sebagai ribuan bakteri mematikan yang ada di liur mulutnya. Tetapi ada sanggahan dari beberapa ilmuan peneliti racun dari University of Melbourne di Australia mengatakan bahwa “semua bakteri itu adalah dongeng ilmiah,” kata Bryan Fry.

Ini tertulis dalam kutipan nya Bryan Fry di National Geographic “Komodo Dragons Kill With Venom

Pulau-Rinca-Flores-ntt

Bahwa sebenarnya komodo membunuh memangsanya hanya dari kuatnya gigitan dan cabikannya, dengan menunggu mangsanya yang lolos segera melemah dan mati. Karnivora yang ganas ini akan melacak mangsanya yang terluka tersebut dan makan di waktu luangnya begitu runtuh tak berdaya dan mati.

Hewan yang dipanggil Orah oleh masyarakat sekitar ini hidup dengan memburu hewan disekitar pulau komodo dna rinca seperti kambing, rusa dan babi hutan.

Hingga saat ini hewan ini hidup berdampingan dan bahkan habitatnya dijadikan Taman Nasional Pulau Komodo.

 Jangan Salah, Pulau Komodo Tak Hanya Miliki Komodo

Pulau Komodo yang merupakan habitat asli dan menjadi tujuan wisata yang sangat terkenal ini, tidak hanya memiliki Komodo sebagai daya tariknya. Pulau yang paling besar di Taman Nasional Komodo ini juga menawarkan keindahan alam yang harus kamu tahu.

Sehingga ketika kamu berencana mengunjungi pulau di Nusa Tenggara Timur ini, bukan hanya Komodo yang menjadi sebuah alasan utama. Karena keindahan alam dasar laut, botanik alamnya dan satwa lainnya juga tidak bisa dilewatkan.

Gugusan pulau dan lautnya yang masih asri tentunya membuat kamu tidak akan bisa menahan diri untuk tidak melakukan aktivitas diving atau snorkeling.

Padar-komodo-island
Padar Island Komodo

Belum lagi padang savana yang bisa kamu jadikan spot foto untuk di unggah ke media sosial seperti Padar Island.

Kamu juga bisa mengunjungi pantai Pink yang sangat eksotis dan terkenal. Rasanya pasti menyenangkan ketika pasir bewarna pink menyentuh kaki kamu.

Pink Beach Komodo Island

Jika kamu masih belum puas dengan Pantai Pink, Pulau Kanawa juga bisa masuk list kamu. Kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling atau diving untuk melihat keindahan bawah lautnya.

Sewa Kapal Labuan Bajo

Aktivitas snorkeling kamu akan semakin lengkap jika kamu mengunjungi Pulau Kelor yang menjadi lokasi populer untuk snorkeling. Menakjubkannya lagi Perairan Taman Nasional Pulau Komodo merupakan jalur migrasi 10 jenis lumba-lumba dan 5 jenis paus dunia.

Dapatkan juga Sewa kapal di labuan bajo | Sailing on board komodo tour bersama kami!

Sewa-kapal-Bajo
Sewa kapal Bajo

Keindahan alam yang ditawarkan oleh gugusan pulau di Nusa Tenggara ini bisa kamu nikmati seorang diri, pasangan bahkan keluarga. Kamu bisa eksplor semua tempat terbaik yang ada disana dan pastikan kamu menjadi wisatawan yang baik.

Menjaga dan melestarikan termasuk dari kewajiban kita. Tidak inginkan warisan dunia satu ini punah begitu saja. Tidak seru rasanya jika esok kita hanya melihat patung komodo saja.

Untuk menikmati pulau Komodo kamu bisa mengunakan tranportasi darat maupun laut.

Dapatkan Penawaran kami lainnya juga di Sewa Mobil di Labuan Bajo dan Flores

Bahkan kamu bisa mengunakan keduanya untuk efektifitas waktu. Lebih lengkapnya kamu bisa langsung saja mengakses Product Komodo Flores kami laman indonesia diatas.

Paket wisata hingga sewa transportasi bisa langsung kamu dapatkan sekali akses. Bagaimana sudah siap bertemu Komodo? yuk masukkan dalam daftar keranjang wisata anda tahun ini.

Cheers – Alfonso +62853333 99175 | Legenda Sejarah Komodo.

If you liked this article, then please subscribe our YouTube Channel for support us in presenting tourist video forward. You can also find us on Instagram or direct to Whats-app me for consult your travel plans.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.