Flores

Liang Bua Hobbit

Liang-Bua-Hobbit-Flores

Liang bua hobbit flores ini merupakan representasi Karya fantasi milik J.R.R Tolkien, Hobbit dalam film The Lord of The Ring tentunya sering mampir dan banyak yang menikmati karya tersebut.

Definisi Hobbit dalam wikipedia adalah Manusia dengan tinggi Sekitar setengah tinggi dari manusia normal dan mereka juga disebut sebagai Halflings.

Mereka hidup tanpa alas kaki, dan tinggal di rumah bawah tanah yang memiliki jendela, karena mereka biasanya dibangun di sisi bukit.

Floresiensis Homo

Liang Bua Hobbit Flores

Lagi lagi Indonesia timur mampu membuktikan pesonanya lewat jejak Hobbit yang juga ditemukan di Negara Republik Indonesia yang memiliki banyak pulau ini atau kata lainnya Archipelago.

Liang Bua Hobbit dari Flores adalah situs dimana anda bisa menelusuri jejak manusia kerdil tersebut. Lebih lengkapnya simak ulasan berikut.

Menjelajah Situs Purba Manusia Hobbit di Pulau Flores

Jika anda menganggap bahwa hobbit hanyalah karakter fiksi, anda harus mendatangi situs di Flores ini.

Homo Floresiensis mampu mencuri perhatian dunia arkeolog karena memiliki bentuk yang mirip dengan hobbit.

liang bua hobbit

Ditemukan pada tahun 2003 lalu membuat nama Gua Liang Bua banyak dikenal dan dikunjungi wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Tidak hanya itu, selain situs purba dunia destinasi ini juga memiliki keindahan yang harus anda lihat sendiri.

Homo floresiensis

Spesies manusia purba ini yang baru ditemukan ini adalah Homo floresiensis (dijuluki ‘Hobbit’) ditemukan di Pulau Flores, Indonesia.

Homo floresiensis

Fosil-fosil Homo floresiensis berasal dari sekitar 100.000 dan 60.000 tahun yang lalu, dan alat-alat perkakas batu yang ditemukan sekitarnya pun berusia antara 190.000 dan 50.000 tahun.

Homo floresiensis jika kondisi berdiri tingginya sekitar 3 kaki 6 inci atau kurang dari 1 meter.

evolution-manusia-purba-dunia

Memiliki otak kecil namun memiliki gigi yang besar untuk ukuran tubuh yang kecil, pundak yang maju ke depan, tanpa dagu, dahi yang kebelakang (mundur) dan telapak kaki yang relatif besar karena kaki pendek mereka.

Meskipun ukuran tubuh dan otaknya kecil namun Homo floresiensis membuat dan menggunakan alat-alat batu tersebut untuk berburu Anak Stegodon floresiensis (Gajah purba kecil) dan Josephoartigasia monesi (Tikus besar purba) hewan pengerat terbesar di dunia.

Josephoartigasia monesi

Serta (perkakas batu) juga untuk melindungi diri mereka dari predator seperti komodo raksasa.

Liang Bua yang berarti gua atau lubang sejuk dalam bahasa Manggarai ini menjadi salah satu beberapa gua karst yang berada di Pulau Flores, NTT.

Tidak hanya menjadi tempat penemuan manusia hobbit dari Flores, di dalam Liang Bua Hobbit dari Flores ini juga terdapat beragam penemuan sisa manusia purba.

Museum-Homo-floresiensis

Arkeolog dari Inggris, Indonesia dan Belanda melakukan pengalian sejak 1930 dan menemukan fosil biawak raksasa, tikus besar, potongan rangka hingga tulang Stegodon.

Baca juga:

Panjang Gua Liang Bua

Liang Bua ini memiliki panjang hingga 50 meter dengan lebar 40 meter dan tinggi hingga 25 meter.

Liang Bua berada di daerah perbukitan kapur yang memiliki potensi arkeologi yang mengagumkan.

Lokasinya terletak di Desa Liangbua, Kecamatan Ruteng, Kab Manggarai, Flores. Jika dari kota Ruteng sekitar 14 km ke arah utara.

Destinasi wisata satu ini sangat cocok bagi anda yang memiliki jiwa berpetualang, dan akreologi sejarah, bagaimana tidak untuk menuju lokasi ini anda harus melewati  tikungan tajam.

Akreologi-sejarah-Liang-Bua

Jalurnya bahkan hanya cukup untuk satu mobil saja yang tentunya akan menantang adrenalin anda.

Namun, semuanya akan terbayar ketika anda melihat betapa mempesonanya Liang Bua Hobbit dari Flores ini. Perjalanan bisa anda lanjutkan dengan berjalan kaki yang bisa juga disambi berburu spot foto keren.

Gua ini terbentuk dari arus sungai yang mengalir dan membawa material yang kemudian menembus gundukan bukit.

Batuan tersebut terbentuk menjadi batuan sedimentasi setelah berproses selama jutaan tahun yang lalu.

Hal inilah yang membuat gua ini tidak hanya menarik para arkeolog namun juga wisatawan yang mendatangi situs purba ini.

Begitu anda tiba di Liang Bua Hobbit ini anda seperti melihat kilasan kehidupan manusia purba.

Pengalaman tersebut tentu saja menjadi pengalaman yang berharga. Mata anda juga akan dimanjakan dengan pahatan alam berupa stalakmit dan stalaktit yang mengantung di atas gua.

Ketika sang surya menyorot bagian ini maka anda akan terkagum melihat bentukan alam yang seperti tidak berhenti untuk pamer.

Gua yang dulunya dihuni oleh Homo Floresiensis ini tentu menjadi destinasi yang wajib anda kunjungi ketika berlibur ke ujung timur Indonesi ini.

Rute Menuju Situs Purba di Flores

Untuk menikmati keindahan Liang Bua Hobbit dari Flores yang pernah dihuni manusia dengan tinggi 100 cm dan berat 25 kg ini, anda akan dikenakan biaya retribusi berupa tiket masuk.

Tiket Masuk

Tiket masuk yang harus anda bayar tidak lebih dari Rp. 20.000,-

Anda juga membutuhkan seorang guide lokal untuk menemani anda menelusuri jejak manusia purba satu ini. Pastikan kamu juga mengunakan kendaraan tangguh untuk menaklukkan medan menuju lokasi tersebut.

Transportasi darat

Rute lokasi menuju Liang Bua Hobbit ini jika anda mengunakan pesawat, bisa turun di bandara Airport labuan bajo yang terdekat.

Setelah ini anda bisa mengunakan kendaraan darat atau sewa mobil di labuan bajo untuk langsung menuju Manggarai tepatnya Desa Liangbua.

Sewa-mobil-bajo

Jika anda memulai perjalanan dari Kupang dengan menaiki pesawat dan dalam waktu satu setengah jam anda akan sampai di Kota Ende.

Perjalanan bisa anda lanjutkan menuju kota Ruteng dengan alat transportasi darat atau sewa mobil di Ende.

Kesimpulan

Ketika anda akan menilik keindahan situs satu ini, pastikan anda menyiapkan fisik anda terlebih dahulu. Alangkah baiknya jika anda mengunakan sepatu yang sangat nyaman untuk berjalan.

Karena tempat ini lebih dikenal sebagai lokasi penelitian, tak heran jika anda tidak akan menemukan penjual makanan.

Sehingga akan lebih baik jika anda mengunjungi Liang Bua Hobbit dari Flores untuk membawa perbekalan makanan hingga obat-obatan.

Anda bisa menikmati sensasi kehidupan manusia purba dengan mengambil paket wisata jelajah NTT dari Go Travela Indonesia.

Terdapat berbagai destinasi menarik yang siap menjadikan liburan anda semakin seru dan menyenangkan.

Dapatkan penawaran kami lainnya:

Wisata Bahari, perbukitan hingga gua gua yang eksotis bisa anda nikmati dengan satu kali akses. Bagaimana caranya? Anda cukup mengunjungi situs resmi gotravelaindonesi.com. Temukan banyak penawaran menarik dan mengiurkan.

If you liked this article, then please subscribe our YouTube Channel for support us in presenting tourist video forward. You can also find us on Instagram or direct to Whats-app me for consult your travel plans.

Liang Bua Hobbit | Homo Floresiensis Dalam Gua Hobbit Flores