Snorkeling Gili

Lokasi Spot Snorkeling Gili di Lombok | 9 Gili Popular Google Map

Lokasi-Spot-Snorkeling-di-Lombok

Lokasi Spot Snorkeling Gili Lombok

9 Lokasi Spot Snorkeling Gili Popular di Google Map.

Pulau Lombok menyimpan surga spot taman laut dan pesona pantainya yang indah, banyaknya lokasi spot Snorkeling Gili di Lombok dan menjadikan pulau Lombok salah satu destinasi bagi para traveler yang menyukai kegiatan snorkeling dan diving.

Pulau Lombok Nusa tenggara barat ini di kelilingi puluhan Gili/Pulau kecil, tahukah anda berapa jumlah total Gili yang ada di pulau lombok? menurut Wikipedia mencatat hanya 35 gili yang mengelilinginya, tapi menurut data masyarakat lokal lebih dari itu.

Sebab wikipedia pun masih belum mencatat atau tidak memasukkan Gili Bembek, Gili Betok dan semua Gili Pasir lainnya. Diperkirakan bisa lebih dari 50-an gili yang belum tercatat mengelilingi pulau lombok.

Bayangkan saja di Lombok Timur sendiri terdapat sekitar 30 Gili dan hanya baru sekitar 12 hingga 15-an Gili saja yang sudah siap di eksplor dan dikunjungi wisatawan.

Pemahaman umum Snorkeling

Snorkeling: Adalah kegiatan berenang atau menyelam di air dangkal dengan mengenakan peralatan berupa masker selam yang disebut snorkel (peralatan selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah).

snorkeling gili di lombok

Selain itu penyelam pun sering mengenakan alat bantu gerak lainnya berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki. Snorkeling tidak dibutuhkan ke-ahli-an khusus.

Snorkeling Gili 

Gotravelaindonesia.com “Sewa Mobil dan Wisata Indonesia” akan berbagi info mengenai lokasi spot Snorkeling Gili di Lombok yang bisa menjadi refrensi anda yang akan mengisi liburan anda di Pulau Lombok.

1. Gili Trawangan

Di tahun millenium ini siapa yang tidak kenal dengan Gili Trawangan (traveler bisa baca informasi lengkap gili trawangan), khususnya bagi wisatawan domestic.

Sederetan pulau-pulau Gili menawarkan pemandangan dasar laut terumbu karangnya yang spektakuler dan merupakan tempat wisata snorkeling dan menyelam yang di buru oleh banyak diver dunia maupun pemula.

Turtle-art-trashcan-on-the-Beach-Gili-Trawangan
Turtle art trashcan on the beach gili trawangan

Mayoritas pengunjung Gili Trawangan merupaka wisatawan mancanegara, seperti dari negara Malaysia, Inggris, Prancis, Australia, Belanda, Italia, maupun negara-negara lainnya.

Gili Air biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada bulan Juli hingga Agustus untuk Snorkeling di Gili Trawangan Lombok atau sekedar leisure biasa.

“Spectacular & Awesome” adalah kata-kata tersebut masih kurang rasanya untuk menggambar keindahan gili trawangan, gili meno dan gili air.

Pulau Gili di Lombok merupakan tempat wisata pantai yang sempurna bagi siapapun yang mengunjungi pulau ini.

Alami, natural, pasir putihnya dan pasar kuliner malamnya yang menyajikan makanan seafood dan beragam jenis kuliner menyenangkan. Sekarang pulau kecil lainnya disekitar gili sudah menjadi tujuan utama wisata yang terkenal dan mendunia.

Points Dive & Snorkeling: Good Heart Reef, Turtle Point, Sunset Reef dan Ship Wreck 

Lokasi Spot Snorkeling 3 gilis

Jika traveler sudah merasa puas setelah mengeksplor Gili Trawangan, kunjungi juga pulau tetangga Gili Trawangan yang bersebelahan seperti; Gili Meno dan Gili Air.

Gili Air merupakan pulau yang paling dekat dengan pulau utama (Gili Trawangan) dan merupakan pulau yang paling padat penduduknya.

Sedangkan Gili Meno merupakan pulau terkecil dan hanya dihuni oleh beberapa jumlah penduduk, namun tetap anda akan mendapatkan pengalaman dan tidak kalah seru-nya dan panorama pantai yang istimewa saat berada di pulau Gili Meno ini.

2. Gili Meno

Pulau lombok mampu menahan wisatawan untuk singgah lebih lama lagi. Usai menghabiskan malam di pantai senggigi, pemandu wisata biasanya akan me-rekomendasi-kan mengunjungi tiga gili cantik di arah barat laut pulau lombok.

Tentu saran tersebut yang dijadikan primadona adalah gili trawangan karena memiliki fasilitas paling lengkap diantar dua gili lain-nya.

Namun bukan berarti dua gili lain yakni Meno dan Air, sejatinya tak kalah memesona kok guys, karena gili tersebut juga menawarkan ketenangan yang tak bisa diberikan oleh trawangan.

Points Snorkeling: Meno Wall dan Turtle Point  

Snorkeling peta Gili Meno

Nah traveler,  yang akan kita bahas sekarang adalah gili meno.

Gili Meno merupakan pulau yang terletak di tengah antara trawangan dan air. Pulau paling kecil  ini berpenduduk sedikit dan suasana di dalam pulau didominasi oleh pohon palem serta rumput-rumput. Sesekali akan terlihat sapi-sapi yang sedang mengunyah rumput sambil berteduh di atas pohon.

Meno disebut-sebut sebagai destinasi yang cocok di singgahi oleh pasangan yang sedang ber-bulan madu ataupun seseorang yang ingin menyendiri, tenang atau jauh dari hiruk-pikuk.

Salah satu daya pikat yang dimilikinya adalah keberadaan Danau air asin (garam) pada tengah pulau.

Titik menyelam atau diving-nya yang spektakuler yaitu Meno Wall, Sea Point Penyu dan Point Coral Blue dan lainnya.

Kami pun menyediakan menyedikan paket snorkeling di nemo dalam paket snorkeling 3 gili lombok yang bisa anda temui di situs gotravela ini.

3. Gili Air

Pulau Nusa kecil Gili Air merupakan salah satu dari tiga pulau gili terkenal di Lombok, yaitu Gili Trawangan, dan Gili Meno. Ketiga pulau ini tentunya sudah sangat terkenal dengan keindahan pantai dan alam dasar lautnya.

tropical-island-Gili-Air
Tropical island Gili Air

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya diatas untuk Gili Trawangan dan Gili Meno, maka tak heran apabila ke-3 Gili ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Pulau Lombok.

Gili Air merupakan pulau yang letaknya paling dekat dengan Pulau Besar Lombok.

Berlokasi tepatnya di Desa Gili indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Dimana wisatawan dapat menjelajahi beberapa titik untuk menikmati keanekaragaman hayati laut Indonesia umumnya.

Disini anda dapat ber- Snorkeling Gili di Lombok untuk melihat biota laut seperti kuda laut, kura-kura, beragam ikan dengan berbagai warna, serta keanekaragaman penghuni laut lainnya.

Masyarakat setempat mnyebut GIli Air dengan nama “Tengaq Aiq” yang berarti ditengah-tengah laut.

Points Snorkeling: Coral Garden dan Meno Wall 

Pulau yang seluas 170 hektar dengan penduduk bermata pencaharian utama sebagai nelayan, pedagang, dan pemandu wisata.

Di Gili Air ini anda hanya butuh waktu 90 menit dengan berjalan santai mengitari bibir pantai untuk mengelilingi pulau ini.

Gili Air menawarkan beberapa spot diving dan Snorkeling Gili di Lombok yang menawan. Anda tidak akan kesulitan untuk memuaskan hasrat menyelam Anda karena disini banyak operator yang menyediakan peralatan dan pemandu selam.

Kawasan yang biasa dipakai snorkling ini mempunyai kedalaman dari 1, 5 meter hingga 3 meter. Jangan terlalu jauh menyelam, karena di kawasan ini dipasang sebuah tali pembatas sebagai tanda jika kita sudah melewati batas aman untuk snorkling.

4. Gili Kedis

Untuk mengunjungi gili kedis, traveler akan menempuh waktu kurang lebih 1,5 jam dengan Sewa mobil di lombok bersama kami. Atau juga bisa ber-kendaraan sepeda motor roda dua dari pusat Kota Mataram.

Untuk ke lokasi anda harus menuju Sekoteng, pesisir barat daya pulau lombok – tawun port/pelabuhan tawun.

Menyebrang dengan menggunakan perahu boat hanya IDR. 500.000 yang di sewa/charter bersama kami dalam Snorkeling gili nanggu.

For your info disana tak ada penyebrangan umum atau public boat untuk menuju ke lokasi.

lokasi snorkeling Gili Kedis

Mengeksplore pulau kecil gili kedis tidak memakan waktu lama, untuk mengitari pulau kecil ini dibutuhkan hanya sepuluh menit. Tentu traveler sudah dapat membayangkan luas pulau ini, bukan?

Hamparan pasir putih dan air lautnya saja sangat jernih dan bening hingga traveler dapat melihat dasar laut dengan mudah kumpulan karang dan biodata laut.

“Gili” itu dalam bahasa lokal berarti Pulau/Nusa Kecil.

Biasanya wisatawan Gantung hammock di antara pepohonan di Gili ini, terdapat juga pohon besar di tengah pulau yang dapat menjadi tempat berteduhnya pengunjung dan sangat cocok menjadi spot untuk foto pre-wedding anda.

5. Gili Kondo

Gili Kondo adalah pulau/nusa kecil yang sudah siap menyambut pengunjung wisatawan di banding gili petagan dan gili bidara dimana sama-sama berlokasi di lombok timur.

Pulau ini sudah terdapat fasilitas penginapan dan restoran, serta penyewaan alat snorkel.

Bak Pulau perawan pantai di gili kondo tersebut sangat bersih dan jernih, dengan pasir putih yang lembut, air laut nan biru bagaikan kristal dan ketenangan yang tiada tara.

Pemandangan Gunung Rinjani pun dapat terlihat dari kejauhan, merupakan nilai plus yang sudah pasti anda dapatkan saat berkunjung di pulau ini.

 

Seakan sadar akan menjaga alam, masayarakat dan pengembang bisnis resort dan restaurant di pulau ini selalu berusaha untuk menjaga dan melestarikan terumbu karang dan biota-nya di Gili Kondo.

Sehingga pengunjung dan traveler dapat melihat langsung taman laut disini yang dihuni beraneka jenis terumbu karang, biota laut dan ikan yang ber-variasi warna dan bentuk.

6. Gili Kapal

Gili Kapal

snorkeling Gili Kapal

Pulau Gili Kapal ini terletak tidak jauh dari Gili Kondo dan Gili Bidara. Gili Kapal juga adalah sebuah pulau yang hanya terdiri atas pasir tanpa ada karang ataupun tumbuhan.

Pasir di Gili Kapal ini seringkali timbul tenggelam termakan ombak dan tergantung akan pasang surutnya musim ombak.

Walaupun kecil dan kelihatan “polos”, Gili Kapal memili banyak dan kaya akan spot taman laut dan keindahan dasar lautnya dibanding Gili-gili lain disekitarnya.

Keindahan taman laut atau alam bawah lautnya di Gili Kapal ini benar-benar mempesona, spot snorkeling terbaik di dunia dan Snorkeling Gili di Lombok.

Laut dangkal di gili kapal ini akan mengajak anda untuk berenang dan anda tidak akan dapat untuk menolaknya.

7. Gili Bidara

Gili Bidara lombok timur adalah pulau kecil dan bisa dilihat dari pantai sambelia atau dari gili petagan, gili kapal bahkan juga bisa terlihat dari gili kondo.

Gili ini ukurannya lebih kecil dari gili kondo yang berada di seberangnya. Jarak dari gili bidara ini akan lebih dekat jika dari gili kapal.

Penduduk disana sangat ramah penghuninya yang sangat mudah berinteraksi itulah yang akan anda rasakan ketika tiba di pulau ini.

Anda akan disambut dengan pemandangan perkampungan yang mana rumah-rumah penduduk setempat atapnya masih beralas daun kelapa yang mengering.

Walaupun serba sederhana, disinilah traveler bisa merasakan kebahagiaan, kekeluargaan dan ketenangan kehidupan kampung yang benar-benar berbeda jauh dari kehidupan di kota.

8. Gili Petagan

Lokasi tepatnya masuk daerah Sambelia, tetangganya Gili Kondo yang telah kita bahas di atas. Terkenal dengan hutan bakaunya yang merupakan peninggalan dari pendudukan Jepang yang kini menjadi salah satu daya tarik wisata.

Hutan Bakau ini sekarang dikelilingi Padang Lamun dan terumbu karang yang indah. Padang Lamun adalah padang rumput yang tumbuh di dalam laut.

Untuk menjelajahi lebatnya Hutan Bakau di Gili ini dengan boat/perahu yang anda charter, anda harus menunggu saat air laut cukup pasang sebab jika air laut surut maka bisa dipastikan perahu yang anda tumpangi akan kandas.

Gili Petagan

Lokasi Spot snorkeling Gili Petagan

Air yang jernih menampakkan pemandangan Taman laut cantik yang bisa traveler nikmati dari atas Boat/Perahu charter anda.

Petagan juga terdapat lokasi Snorkeling Gili di Lombok yang sangat indah, Just info: Bagi traveler yang gak punya alat snorkle, bisa sewa di Pelabuan Gili Lampu (harga sekitar 20 ribuan), klo habis persediaannya, bisa juga sewa di Gili Kondo (sekitar 35 ribu).

9. Gili Nanggu

Matahari tenggelam (Sunset) merupakan momen yang paling indah, bukan? begitupun moment tersebut saat berada di Gili Nanggu ini.

Layaknya Gili Trawangan, di Gili Nanggu juga terdapat pantai cantik dengan hamparan pasirnya yang putih serta lautnya yang biru.

Gili nanggu

Pulau dengan luas  8 hektar ini telah tersedia fasilitas akomodasi modern dan wisata lainnya. Selain memiliki pilihan akomodasi yang beragam resort-resort disini turut dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung.

Mulai dari watersports, port charter boat, jogging trek, perlengkapan diving dan snorkeling. Semua fasilitas pendukung tersebut bisa digunakan oleh segenap wisatawan.

Gili Nanggu cocok bagi pasangan yang sedang menikmati bulan madu menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam.

Gili Nanggu menjanjikan untuk anda kan terciptanya suasana romantis yang sulit ditemukan di pulau/gili lainnya.

Gili Nanggu Sea Turtle Conservation Program

Konservasi Penyu

Sejak 1995 pulau Gili Nanngu ini terus berkontribusi dalam kegiatan konservasi alam melalui Gili Nanggu Sea Turtle Conservation Program.

12 tahun terakhir program tersebut berhasil menetaskan 8.500 anak penyu. Pastisipasi semua stockholder untuk melindungi dari pemasaran bebas adalah dengan cara membelinya dari nelayan.

Telur penyu tersebut di-inkubasi dalam pasir pantai selama 30-35 hari setelah menetas anak penyu lalu di lepas di laut bebas.

Traveler dapat juga membaca penawaran kami di Paket Fullday Lombok Tour kami disini dan saran kami juga untuk menggunakan Jasa Rental Mobil Toyota Avanza di lombok murah dengan supir.

Demikianlah yang dapat kami persembahkan dalam halaman lokasi spot snorkeling gili di lombok ini. Semoga Halaman ini, dapat membantu anda menentukan pilihan wisata anda di lombok yang ingin dikunjungi.

Jika ada pertanyaan ataupun saran. jangan sungkan menuliskan di kolom komentar dibawah ini atau menghubungi kami.

“Jika ada pertanyaan ataupun masukan. jangan sungkan menuliskan di kolom komentar dibawah ini atau menghubungi kami.”
Cheers – Grace gotravela +628214444 8095 |  Lokasi Spot Snorkeling Gili di Lombok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.