Bali

Objek Wisata Air Terjun Bali | 7 Air Terjun Bali Paling Terpopular

Objek Wisata Air Terjun Bali
3. Objek WIsata Air Terjun Dusun Kuning

Air Terjun Dusun Kuning terletak di Desa Taman Bali – Bangli. Untuk menuju kesana bisa dilakukan dengan berbagai sarana transportasi.

Waktu tempuh dari Kota Denpasar dibutuhkan satu jam perjalanan menuju lokasi, mengarahkan kendaraan anda menuju ke kota Bangli baik lewat Sukawati/Gianyar maupun melewati Jalan by pass baru Ida Bagus Mantra.

Sekitar 3 km lagi dari pusat Kota bangli menuju Kawasan Wisata Taman Bali dan disanalah lokasi dimana anda akan lebih mudah dijumpai Air terjun ini.

Anda tinggal menanyakan kepada penduduk lokal setempat atau mengikuti arah petunjuk plang nama ke Air Terjun tersebut.

Dari Lokasi parkiran anda harus berjalan kaki menuruni  lokasi air terjun yang jaraknya kira-kira 300 meter untuk sampai ke spot air terjun tersebut.

Namun anda tidak akan merasa capek sebab selama menelusuri jalan kecil tersebut anda akan di suguhi pemandangan perkebunan cengkih dan hijau asri alam pulau bali.

Lokasi wisata air terjun ini memang tidak banyak pengunjungnya, ke alamian dan daya tarik Objek Wisata Air Terjun Bali Dusun Kuning ini tidak dapat diabadikan, mungkin karena lokasi yang memang cukup tersembunyi membuatnya menjadi kurang dikenal oleh para wisatawan dari luar atau dalam negeri.

Selain itu serunya di tempat ini anda pun akan menjumpai begitu banyak kera disini.

Alangkah baiknya jika Anda berwisata ke sini sambil membawa cemilan atau kacang ya traveler!! untuk memberi makan kepada kera-kera tersebut.

4. Objek Wisata Air Terjun Melanting
Objek Wisata Air Terjun Bali Melanting

Dalam Wisata air terjung bali melanting ini, anda dibawa berjalan ke tepi barat kaldera Bedugul.

Sebuah Desa Kecil Munduk memiliki serangkaian jalur hutan yang mengarah ke salah satu air terjun yang tersembunyi.

Uniknya air terjun ini berada ditengah-tengah kebun kopi dan kebun cengkeh. Sehingga bakal menyajikan keeksotisan dan keindahannya tersendiri bagi anda pecinta pemburu Air Terjun bali.

Dari kejauhan sebelum mencapai lokasi air terjun suara kicauan burung dan suara gemuruh air terjun sudah terdengar dengan jelas.

Dan membuat langkah anda dipercepat serasa hati tak sabar segera melihat keindahannya.

Berada di Kecamatan Banjar, Air Terjun Melanting bisa dijumpai ketika Anda bertandang ke Desa Munduk – Kabupaten Buleleng.

Dibutuhkan sekitar 2,5 jam karena melalui jarak 70 km dari denpasar dan sekitar 42 km dari Kota Singaraja dengan kendaraan pribadi menuju arah bedugul.

Baca juga: 7 Spot Wisata Populer Di Singaraja

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter lebih, Air Terjun Melanting termasuk berketinggian rendah, apalagi kalau Anda membandingkannya dengan Air Terjun Gitgit yang tingginya mencapai  48 meter. Namun, justru karena itulah Anda bisa berendam dan mandi dengan aman di tempat ini.

5. Air Terjun Aling – Aling

Air terjun Aling-aling, hanya 11km dari kota Singaraja dan sekitar 80km dari Denpasar, cara sederhana untuk mencapai Air terjun ini anda cukup mencari arah ke Desa Panji atau ke desa Sambangan sebab dari sana lah anda akan menemukan petunjuk arah ke Objek Wisata Air terjun bali ini.

Anda cukup bertanya arah kepada penduduk lokal setempat, mereka akan menjawab dan member arah yang tepat dengan keramahan local setempat.

Air Terjun Aling – Aling

Air terjun ini unik dengan alasan yang khusus – Air terjun setinggi 35 meter ini terbagi menjadi dua di puncaknya, dua aliran air nya jatuh pada kecepatan yang berbeda.

Dimana disekelilinginya terdapat tebing-tebing tinggi dengan pepohonan khas tropis yang rimbun.

Di bawah air terjun ini terdapat cekungan kolam yang cukup dalam sekitar 4 meter dan yang paling menarik dari Air terjun Bali Aling-aling adalah: 

Kamu bisa bermain perosotan dari ketinggian 12 meter! Tenang saja, kolam di bawah air terjun cukup dalam kok, jadi Kamu akan aman.

Selain itu juga ada guide yang memandumu untuk melakukan cara meluncur dengan aman.

Namun saya tidak merekomendasikan travelers yang tidak bisa berenang dan cliff jump untuk mencoba sensai disini karena pusaran air yang cukup berbahaya serta batuan cadas disekitarnya.