Indonesia info

Peran UNESCO Dalam Pariwisata

Peran UNESCO Dalam Pariwisata

Banyak peran yang dijalankan oleh UNESCO salah satunya adalah peran UNESCO dalam pariwisata di Indonesia. UNESCO merupakan kepanjangan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

UNESCO juga berarti Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB merupakan salah satu organisasi yang tepat  berada di bawah naungan dari PBB. Kali ini kita akan membahas peran UNESCO dalam pariwisata.

Photo by Liputan6

Peran UNESCO Tepat Pada Bidang Wisata

Pada dasarnya, peran UNESCO ini sendiri untuk dapat mendukung terjadinya perdamaian dan juga keamanan. UNESCO melakukannya dengan cara promosi dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan juga budaya suatu negara. Sehingga nantinya dapat berkembang dan menjadi hal-hal yang bermanfaat.

Selain itu, UNESCO sendiri dapat membantu negara agar dapat melestarikan budayanya. Kemudian nantinya dapat berkembang untu membawa manfaat tersendiri bagi masyarakat sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan.

Maka dari itu, UNESCO juga melihat terkait dengan kebudayaan yang menjadi komoditas wisata agar tetap berada pada aturan yang sesuai dan berjalan dengan cara yang sehat.

Mengetahui Berbagai Tugas dan Fungsi Dari Organisasi PBB Ini

Selain peran UNESCO, perlu juga untuk mengetahui apa saja sebenarnya tugas dan fungsi UNESCO. Tugas UNESCO yaitu membantu meningkatkan kerjasama antar negara yang ada di dunia. Terutama pada bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan.

Selain itu, UNESCO juga bertugas untuk dapat melakukan berbagai jenis kegiatan maupun aktivitas yang dapat membantu memberantas terjadinya buta huruf serta memastikan kewajiban untuk belajar bagi masyarakat yang menjadi  bagian dari negara anggota tetap terpenuhi.

Tugas dan fungsi lain UNESCO yaitu dapat membantu untuk mengangkat martabat dan juga derajat yang dalam kehidupan manusia terutama pada negara anggota.

Cek nanti ya guys :

Keuntungan Ketika UNESCO Mengakui Warisan Budaya Suatu Negara

Tidak hanya mengetahui peran UNESCO saja, tetapi kita juga perlu untuk mengerti apa saja keuntungan yang Indonesia peroleh jika UNESCO telah mengakui warisan budaya kita.

Kama Pradipta selaku Direktur Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang Kemlu RI pernah menyampaikan sejumlah manfaat serta keuntungan dari berbagai aspek.

Dengan pengakuan UNESCO, legitimasi menjadi suatu hal penting. Cagar budaya tak hanya sebatas pengakuan masyarakat Indonesia tetapi juga secara global dan menjadi warisan dunia.

Keuntungan edukasi juga kita peroleh. Sejumlah warisan Indonesia yang terangkat namanya seperti pencak silat, wayang kulit, angklung. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran generasi muda tentang pentingnya melestarikan budaya.

Dari sisi ekonomi juga berdampak. Dengan pengakuan UNESCO yang bisa membuat suatu budaya mendunia tentu saja bisa mendatangkan banyak wisatawan mancanegara sehingga meningkatkan pendapatan daerah.

Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan dan juga mengembangkan terkait dengan sektor pariwisata atas potensi yang ada sehingga dapat membantu untuk mensejahterakan masyarakat yang berada di sekitarnya.

Tentu saja hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas dari pariwisata agar terus berkembang ke arah yang lebih baik lagi dan semakin menguntungkan.

Pentingnya untuk Mendapatkan Pengakuan dari UNESCO Terkait Budaya

Banyak peran UNESCO terhadap pengakuan yang mereka berikan atas budaya suatu negara yang menjadi anggotanya. Termasuk juga untuk memberikan kesempatan dalam mempromosikan budaya tersebut kepada dunia internasional.

Selain itu, hal ini juga menjadi sebuah bentuk pengakuan oleh dunia atas kepemilikan dari budaya itu sendiri. Itulah pentingnya dari pengakuan yang diberikan oleh UNESCO sendiri

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.