Indonesia info

Taman Nasional Pulau Komodo

Taman-Nasional-Pulau-Komodo

Taman Nasional Pulau Komodo

World heritage site taman nasional pulau komodo.

Apa yang tidak Alam Indonesia miliki? Gunungnya yang menjulang? Lautan yang luas hingga gugusan pulau dan beranekaragamnya tumbuhan dan hewan? Semua ada dinegeri tercinta ini.

Belum puas dengan beberapa tempat yang termasuk warisan dunia, Indonesia juga memiliki banyak taman nasional yang tak hanya milik sendiri namun juga dimiliki dunia yakni Taman Nasional Pulau Komodo yang berada di Flores Nusa Tenggara Timur Indonesia.

Tertarik untuk berkunjung ke bagian timur Indonesia ini? Yuk simak ulasannya.

Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur Yang Mempesona

Kutipan Milik Robert Green Ingersoll yang mengatakan bahwa

In nature there are neither rewards nor punishments, there are consequences

Rasanya kutipan ini sangat pas mengambarkan keadaan Taman Nasional Komodo ini. Awal tahun lalu taman nasional ini gempar karena adanya rencana akan ditutup. Hal ini terkait adanya pemburuan yang dilakukan manusia pada rusa yang menjadi makanan Komodo, sehingga membuat ukuran komodo mengecil.

Legenda-Sejarah-Komodo-taman-national
Legenda dan Sejarah Pulau Komodo

Tak ayal dengan alasan pelestarian pemerintah daerah setempat membuat Rencana Taman Nasional Komodo di tutup. Hal ini untuk menghindarkan komodo saling memangsa yang membuat populasinya menurun.

Padahal seperti yang kita tahu taman nasional yang dibentuk sejak 1980 ini, bertujuan untuk menyelamatkan reptil berbisa ini dari kepunahan.

Hingga akhirnya munculah kabar bahwa taman nasional ini tidak jadi ditutup karena muncul berbagai penolakan baik dari warga lokal kampung komodo setempat maupun pelaku wisata Indonesia Timur Labuan bajo.

Namun sebelum anda datang kesana tidak ada salahnya untuk mengetahui sejarah Taman Nasional Komodo.

Mengapa pulau di NTT ini disebut pulau Komodo? Singkatnya semua bermula dari tahun 1911 dimana Komodo mulai dikenal di kalangan peneliti. Setelah sebelumnya pada tahun 1910 Letnan Steyn Van Hens Broek berhasil memberikan bukti adanya kadal raksasa ini.

Para peniliti terus melakukan penilitian hingga pada tahun 1912 keberadaan Komodo ditemukaan di pulau bagian timur Indonesia ini.

Pada awalnya binatang ini banyak dibunuh, hingga kemudian pada tahun 1915 pemerintah Belanda melarang aksi pembunuhan hewan ini. Pada tahun 1980 Taman Nasional Komodo dibentuk untuk melindungi habitat aslinya.

UNESCO-world-heritage-center-list

Hingga tahun 1991 Taman nasional ini oleh UNESCO world heritage center list ditetapkan sebagai warisan dunia. Dan tahun 2011 Taman Nasional  Komodo terpilih menjadi tujuh keajiban dunia. Kita patut bangga bukan?

Pariwisata Taman Nasional Komodo

Sudah tahukah anda apa yang menarik dari taman nasional kebanggaan dunia ini? Bukan hanya ditinggali oleh komodo saja. Taman Nasional yang setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan wisatawan ini, memiliki keindahan alam yang tak akan bisa anda tolak.

Taman Nasional Komodo ini meliputi daerah yang didalamnya dihuni oleh Komodo yaitu Pulau Komodo, Gili Motang, Pulau Rinca dan bagian barat dan utara Pulau Flores.

Loh-Buaya-Komodo-national-park
Loh Buaya Komodo Rinca Island
Taman Nasional Pulau Komodo Rinca Island Gate
Gate Port Rinca Island

Banyak aktivitas yang bisa anda lakukan jika mengunjungi taman nasional ini yaitu tracking. Anda bisa melakukan perjalanan hiking ke Gunung Ara dan anda bisa melewati water hole yang biasanya digunakan untuk minum para komodo.

Anda bisa melihat lebih dekat hewan komodo yang sedang beristirahat. Aktivitas lainnya adalah Diving dan snorkeling, anda akan sangat puas jika mencoba pengalaman diving dan snorkeling di Taman Nasional ini.

Pink-Beach-Komodo-Island

Anda bisa menikmati keindahan Pantai Pink Beach, serta gugusan pulau yang juga memiliki zona laut yang mempesona. Bahkan keindahan bawah laut yang ada di taman nasional ini sudah diakui oleh dunia.

Bagi anda yang hobi menyelam ada banyak lokasi menyelam yang bisa anda jajal. Dari Crystal Rock hingga Batu Samsia yang menjadi lokasi paling di sukai pada diver dunia.

Akses Menuju Taman Nasional Komodo Yang Harus Anda Tahu

Melihat bagaimana menakjubkannya taman nasional ini anda harus tahu bagaimana cara ke Taman Nasional Komodo?

Pertama-tama untuk menuju taman nasional anda bisa mengunakan jalur udara ke labuan bajo flores barat dahulu atau jalur laut hingga jalur darat.

Akses-Menuju-Labuan-Bajo

Namun jika anda tidak memiliki banyak waktu alangkah baiknya jika memadukan beberapa jalur perjalanan sekaligus dalam wisata anda. Ada banyak pilihan rute yang bisa anda pilih mulai dari Bali, Lombok, Sumbawa hingga Labuan Bajo.

Dari ketiga rute yang anda pilih untuk ke bajo, anda akan tetap melakukan perjalanan melalui jalur laut dengan kapal kecil atau phinisi dari labuan bajo. Sewa kapal di bajo kecil ini akan membawa anda menyebrang dari Laboan Bajo untuk menuju Pulau Komodo.

Jika anda pergi dengan rombongan besar, sebaiknya anda menyewa kapal phinisi. Perjalanan anda pasti akan lebih menyenangkan jika bersama dengan teman atau group kantor sailing tour ke taman nasional yang terkeren ini.

Sebelum anda datang penting juga untuk mengetahui tentang zonasi yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo. Dengan mengetahui zonasi tersebut anda bisa mengetahui kawasan yang aman dan tidak untuk anda datangi.

Adapaun luas zona wisata bahari yang diizinkan  1.548 Ha dan zona daratan yang diizinikan yakni 824 Ha. Untuk mengetahui lebih jelas anda bisa mengunduh peta kawasan Taman Nasional Komodo yang akan sangat membantu anda.

Jika anda berniat berkunjung dalam waktu dekat tidak ada salahnya anda mengumpulkan banyak informasi dari sekarang. Ada sebuah website rekomendasi yang akan membuat liburan anda mudah dan menyenangkan. Ketik saja pada mesin pencarian Go travela Indonesia.

Anda akan menemukan beragam penawaran menarik untuk mengunjungi situs warisan dunia satu ini. Sudah siap menjelajah?

 

Cheers – Alfonso giostanov +6285333399175 | Taman Nasional Pulau Komodo.