Indonesia infoLabuan Bajo

Taman Nasional Pulau Komodo

Taman-Nasional-Pulau-Komodo

Taman Nasional Pulau Komodo

World heritage site taman nasional pulau komodo.

Apa yang tidak Alam Indonesia miliki? Gunungnya yang menjulang? Lautan yang luas hingga gugusan pulau dan beranekaragamnya tumbuhan dan hewan? Semua ada dinegeri tercinta ini.

Belum puas dengan beberapa tempat yang termasuk warisan dunia, Indonesia juga memiliki banyak taman nasional yang tak hanya milik sendiri namun juga dimiliki dunia yakni Taman Nasional Pulau Komodo yang berada di Kab. Manggarai Flores Nusa Tenggara Timur Indonesia.

Tertarik untuk berkunjung ke bagian timur Indonesia ini? Yuk simak ulasannya.

Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur

Kutipan Milik Robert Green Ingersoll yang mengatakan bahwa

In nature there are neither rewards nor punishments, there are consequences

Rasanya kutipan ini sangat pas mengambarkan keadaan Taman Nasional Pulau Komodo ini. Awal tahun lalu taman nasional ini gempar karena adanya rencana akan ditutup. Hal ini terkait adanya pemburuan yang dilakukan manusia pada rusa yang menjadi makanan Komodo, sehingga membuat ukuran komodo mengecil.

Legenda-Sejarah-Komodo-taman-national
Legenda dan Sejarah Pulau Komodo

Tak ayal dengan alasan pelestarian pemerintah daerah setempat membuat Rencana Taman Nasional Komodo di tutup. Hal ini untuk menghindarkan komodo saling memangsa yang membuat populasinya menurun.

Padahal seperti yang kita tahu taman nasional yang dibentuk sejak 1980 ini, bertujuan untuk menyelamatkan reptil berbisa ini dari kepunahan.

Hingga akhirnya munculah kabar bahwa taman nasional pulau komodo ini tidak jadi ditutup karena muncul berbagai penolakan baik dari warga lokal kampung komodo setempat maupun pelaku wisata Indonesia Timur Labuan bajo.

Namun sebelum anda datang kesana tidak ada salahnya untuk mengetahui sejarah Taman Nasional Komodo.

Mengapa pulau di NTT ini disebut pulau Komodo? Singkatnya semua bermula dari tahun 1911 dimana Komodo mulai dikenal di kalangan peneliti. Setelah sebelumnya pada tahun 1910 Letnan Steyn Van Hens Broek berhasil memberikan bukti adanya kadal raksasa ini.

Para peniliti terus melakukan penilitian hingga pada tahun 1912 keberadaan Komodo ditemukaan di pulau bagian timur Indonesia ini.

Pada awalnya binatang ini banyak dibunuh, hingga kemudian pada tahun 1915 pemerintah Belanda melarang aksi pembunuhan hewan ini. Pada tahun 1980 Taman Nasional Komodo dibentuk untuk melindungi habitat aslinya.

UNESCO-world-heritage-center-list

Hingga tahun 1991 Taman nasional ini oleh UNESCO world heritage center list ditetapkan sebagai warisan dunia. Dan tahun 2011 Taman Nasional  Komodo terpilih menjadi tujuh keajiban dunia. Kita patut bangga bukan?

Pariwisata Taman Nasional Komodo

Sudah tahukah anda apa yang menarik dari taman nasional kebanggaan dunia ini? Bukan hanya ditinggali oleh komodo saja. Taman Nasional yang setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan wisatawan ini, memiliki keindahan alam yang tak akan bisa anda tolak.

Taman Nasional Pulau Komodo ini meliputi daerah yang didalamnya dihuni oleh Komodo yaitu Pulau Komodo, Gili Dasami dan Gili Motang bagian selatan Pulau Rinca kecamatan komodo manggarai barat.

Untuk ke lokasi TNK cara yang paling tepat adalah dengan menggunakan Sewa kapal di labuan bajo baik dengan medium boat, phinisi atau open deck menuju lokasi Taman nasional pulau komodo.

Tepatnya anda bisa lihat sailing komodo trip di vlog kami

Labuan Bajo menjadi salah satu tempat yang disinggahi oleh para wisatawan sebelum menuju Taman Nasional Komodo Flores. Di Labuan Bajo, Anda bisa mendapatkan paket tour atau pun open tour yang ditawarkan.

Banyak orang yang beranggapan bahwa wisata alam di Labuan Bajo adalah untuk melihat Komodo saja. Sebenarnya, anggapan ini sangat kurang pas.

Dulu mungkin saja benar, namun seiring dengan perkembangan pariwisata di Labuan Bajo, kini banyak sekali tempat yang menarik hati para wisatawan lokal maupun dunia.

Loh-Buaya-Komodo-national-park
Loh Buaya Komodo Rinca Island

Rinca-Island-port

Terdapat beberapa tempat wisata di Labuan Bajo yang patut untuk menjadi tujuan Anda ketika pergi ke pulau Flores.

1.      Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo yang merupakan salah satu tempat menarik yang bisa Anda kunjungi di Flores. Nama dari Taman Nasional Komodo sendiri sudah mendunia karena ini masuk dalam 7 keajaiban alam di dunia.

Di Pulau Komodo, Anda bisa melihat kehidupan liar dari kadal raksasa, Komodo. Anda akan diajak trekking menyusuri hutan dan mendaki bukit untuk melihat kehidupan liar dari Komodo

2.      Pulau Rinca

Tempat menarik selanjutnya di Labuan Bajo adalah Pulau Rinca. Pulau Rinca akan memberikan pengalaman yang luar biasa untuk lebih dekat dengan Komodo seperti halnya ketika Anda berada di Pulau Komodo.

Rinca Island Gate

Untuk medan dan terjalnya, Pulau Rinca akan memberikan Anda tantangan yang lebih luar biasa. Anda juga bisa memilih short track dimana Anda bisa mencari jalan yang lebih mudah untuk menuju hutan tempat hidup satwa liar Komodo.

3.      Pink Beach

Pantai Pink beach di Labuan Bajo ini sering disebut pantai Merah oleh penduduk setempat. Pemandangan lautnya indah dan tidak membuat Anda bosan. Gradasi warna merah dan pasir putih akan membuat Anda merasa bak di surga. Anda juga bisa melakukan snorkeling untuk melihat koral dan karang laut yang luar biasa.

Pink-Beach-komodo

4.      Manta Point

Manta Point merupakan spot di tengah laut yang akan memberikan Anda sensasi berenang dan snorkeling yang lain daripada yang lain. Anda bisa berenang bersama si ikan pari Manta Ray, bahkan menyentuhnya. Inilah salah satu daya tarik terbesar di Labuan Bajo

5.      Pulau Padar

Pulau Padar terkenal sejak beberapa tahun yang lalu dari ulasan para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Padar-island-view

Keindahan dari bukit dan indahnya sunset serta sunrise menjadi salah satu pemandangan yang menakjubkan. Anda bisa melakukan foto prewedding dengan background yang luar biasa disini.

Taman-Nasional-Pulau-Komodo

Jika anda pergi dengan rombongan besar, sebaiknya anda menyewa kapal phinisi seperti Samara Phinisi 2 atau juga bisa mengikuti program regular Open Deck Labuan bajo.

Perjalanan anda pasti akan lebih menyenangkan jika bersama dengan teman atau group kantor sailing tour ke taman nasional yang terkeren ini.

Sebelum anda datang penting juga untuk mengetahui tentang zonasi yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo. Dengan mengetahui zonasi tersebut anda bisa mengetahui kawasan yang aman dan tidak untuk anda datangi.

Adapun luas zona wisata bahari yang diizinkan  1.548 Ha dan zona daratan yang diizinikan yakni 824 Ha. Untuk mengetahui lebih jelas anda bisa mengunduh peta kawasan Taman Nasional Komodo yang akan sangat membantu anda.

6 Hal Penting Yang Perlu Di Ketahui Saat Mengunjungi TNK

Ini hal yang penting perlu anda ke tahui saar berkunjung ke Taman Nasional Komodo. Karena Komodo adalah binatang yang sangat berbahaya, maka ada baiknya anda tetap waspada meski anda ditemani seorang Ranger (Guide TNK).

Satu hal terpenting adalah untuk tidak meninggalkan sampah anda, kami menyarankan untuk membawa botol minum sendiri agar dapat diisi ulang dan tidak meninggalkan sampah botol plastik.

1. Ikuti Instruksi & Penjelasan Ranger

Ranger adalah pemandu anda saat meng-eksplor di Taman Nasional Pulau Komodo (TNK). Disini fungsi Ranger adalah menjaga dan memberi informasi serta melestarikan kehidupan komodo di beberapa pulau yang tersebar.

Jadi pastikan saat briefing sebelum trekking anda menyimak dengan seksama setiap arahan dan petunjuk Ranger. Hal ini untuk keselamatan anda sendiri, jadi cobalah melepas headphone anda atau stop chating dan bermain handphone saat ranger memberikan pengarahan. Saat dijalan dengarkan apa semua perintah ranger saat anda bertemu dengan Komodo.

2. Berjalan di belakang Ranger

Normalnya seorang Ranger meng-handle maksimal menemani 5 orang pengunjung TNK atau wisatawan.

Ada baiknya anda selalu berada dan berjalan di belakang ranger, sebab jika anda sok-sokan jalan di depan atau mendahului ranger kita kadang tidak tau gerakan agresif Komodo atau binatang berbahaya seperti ular berkamuflase seperti batu karang.

Ingat, di Pulau Komodo terdapat ratusan komodo dan binatang liar lainnya! So.. be a nice please!

Jangan-buat-gerakan-tiba-tiba

3. Jangan buat gerakan tiba-tiba

Saat trekking dan bertemu dengan Komodo besar yang berjalan kearah anda, jangan membuat gerakan tiba-tiba ataupun berteriak histeris! Yang dimaksud gerakan tiba-tiba disini adalah; Loncat-loncatan atau menghindar medadak atau heboh, padahal komodo masih jauh!

Karena dengan gerakan tiba-tiba tersebut komodo akan menganggap anda adalah mangsa yang patut untuk dikejar. Kecepatan lari komodo normalnya dapat mencapai 18-20 kilometer per jam, ikuti saja ritme langkah dan arahan dari ranger anda.

Kamu tidak perlu berteriak histeris atau mendadak nangis karena saat melihat komodo lantas teringat mantan pacar mu.. eh salah coz mantan pacarmu pasti terlihat seperti buaya 🙂 rada mirip sih memang …hahaha

Saran :

Jika anda bersama group family atau bersama anak-anak kecil ada baiknya mengikuti medium/short trek (trekking pendek) saja. Jujur sebenarnya sedikit merepotkan jika membawa anak kecil atau orang tua tuk long trekking yang memakan waktu hingga 3 – 4 Jam. For your info: Tipping untuk ranger komodo biasanya cukup 50.000 per group (5 orang).

Saat memutuskan untuk datang ke taman nasional komodo dan ikuti long trekking, maka jangan kaget atau berteriak histeris saat melihat dan bertemu komodo. Karena kamu disini memang untuk melihat komodo bukan ketemu Gong Yoo (artist korea) atau Manohara Odelia Pinot!

4. Jangan Berlari atau Melambaikan Benda Apapun

Selama dalam rimba Taman Nasional Pulau Komodo, janganlah Anda berlari. Meski ada komodo menghampiri Anda. Cara paling jitu adalah berjalan menyamping menghindar ke sisi lain tanpa menimbulkan gerakan mendadak. Tetap tenang! komodo tidak akan mengejar Anda.

Dilarang melampaikan benda apapun, seperti topi, syal, dan kain. Bahkan jika anda mengenakan jilbab, ada baiknya kain sisa di jepit yang berada di dada atau di pundak anda dengan jarum atau peniti agar tidak melambai-lambai saat tertiup angin. Karena komodo melihat itu sebagai daging yang diayunkan. Ia pun akan berlari cepat menghampiri Anda.

5. Hindari Berkunjung Saat Menstruasi

Wisatawan wanita ada baiknya jika tidak ikut untuk masuk ke Taman Nasional Pulau Komodo bila ia tengah haid atau Menstruasi.

Alasannya, penciuman komodo sangat tajam akan bau amis darah. Bila ada perempuan sedang menstruasi, bukan satu komodo yang akan datang menghampiri. Tapi akan banyak yang menghampiri. Sebab hembusan angin membawa bau darah dan komodo dapat mencium hingga jarak 5 Km.

Namun jika anda anda tetap bersikeras untuk ikut, pastikan untuk melaporkan kondisi kamu kepada Ranger dan tetap berada dekat dengan ranger. Bila ranger mengatakan tidak masalah, biasanya anda akan diminta untuk selalu berada dibelakang ranger. Namun bila ranger mengatakan tidak bisa ikut, ada baiknya anda kembali ke kapal.

Saran ke 2 :

Ada baiknya anda berkunjung Taman nasional pulau komodo saat bulan Juni atau Juli sebab pada masa itu adalah masa kawin komodo dan anda akan menyaksikan bagaimana para komodo jantan memperebutkan komodo betina.

Usia kawin Komodo jantan adalah saat mencapai 9-10 tahun sedangkan betina mencapai usia 6-7 tahun.

6. Hindari kunjungan saat musim hujan

Area trekking Taman nasional komodo melewati hutan lebat dengan dengan tanah merah dan lumpur tentunya saat musim hujan. Karenanya, hindari berkunjung saat musim hujan. Sebab rute pendakian akan sangat becek dan licin. Biasanya berada di bulan November hingga February dilain itu juga bulan February cuaca angin barat kuranag bagus untuk berlayar.

 

Infografik Taman National Komodo

 

Kesimpulan

Labuan Bajo menjadi pintu masuk utama untuk Anda yang akan berkunjung ke Flores dan Taman Nasional Pulau Komodo. Di tempat ini, Anda bisa melihat berbagai macam pemandangan yang indah layaknya di Pulau Komodo. Oleh karena itu, Anda bisa berkeliling terlebih dahulu sebelum menuju ke tempat tujuan utama Anda.

Bandar Udara Internasional Komodo yang bisa Anda injak di Flores barat ada di Labuan Bajo pula. Jadi, tidak mungkin Anda tidak akan mengunjungi Labuan Bajo jika ingin berkunjung ke Flores.

Rencanakan liburan Anda ke Taman Nasional Komodo dan ke beberapa spot wisata lain seperti Kanawa Island, Pulau Kelor atau Goa rangko labuan bajo dengan sewa mobil di labuan bajo bersama kami sekarang juga.

Anda berniat berkunjung dalam waktu dekat tidak ada salahnya anda mengumpulkan banyak informasi dari sekarang. Ada sebuah website rekomendasi yang akan membuat liburan anda mudah dan menyenangkan. Ketik saja pada mesin pencarian Go travela Indonesia.

Anda akan menemukan beragam penawaran menarik untuk mengunjungi situs warisan dunia satu ini. Sudah siap menjelajah?

 

Cheers – Alfonso giostanov +6285333399175 | Taman Nasional Pulau Komodo.