Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta

Taman-Pintar-Jogjakarta-Indonesia

Taman pintar Yogyakarta merupakan sarana liburan yang juga sekaligus menawarkan media edukasi yang ada di kota Yogyakarta. Jika Anda mengunjungi kota gudeg ini, pastikan untuk tidak lupa mampir ke Taman Pintar Jogja yang menarik ini. Jadi, selain mengunjungi Candi Borobudur, anak juga bisa diajak ke sini.

Taman pintar ini sengaja dibangun untuk memberikan dua fungsi sekaligus, terutama untuk anak-anak. Mereka bisa liburan dengan bermain dan bersenang-senang, namun tidak lupa juga memenuhi kebutuhan akan ilmu dan pengetahuan. Penasaran? Yuk, intip keseruan di Taman Pintar ini!

Taman Pintar Yogyakarta

Taman pintar Yogyakarta dibangun pada tahun 2006 dan diresmikan pada tahun 2007. Wahana permainan ini diresmikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono X. Selain itu, turut hadir pula Menteri Riset dan Tekhnologi, Kusmayanto Kadiman, P.h.D dan menteri Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA.

Taman Pintar Yogyakarta

Ide awal pembangunan taman bermain dan belajar ini terispirasi dari Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta serta Jatim Park di Jawa Timur. Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta belum memiliki wahana permainan yang juga merupakan wahana edukasi. Itulah sebabnya tercetus untuk membangun Taman Pintar ini.

Walikota Yogyakarta Herry Zudianto SE, Akt, MM merupakan penggagas awal dibangunnya taman edukasi ini. Beliau merupakan orang tertarik untuk mengedukasi masyarakat tentang kemajuan teknologi dan inovasinya.

Taman yang dibangun di atas tanah seluas 12.000 meter persegi ini, akan menjadi media pembelajaran di mana masyarakat bisa mencoba dan menyaksikan kemajuan teknologi secara langsung.

Visi-Misi dan Tujuan Taman Pintar Yogyakarta

Taman ini memberikan penawaran menarik melalui model-model pembelajaran dengan mengkolaborasikan pendidikan dan media permainan. Hal ini bertujuan untuk menarik minat dan rasa penasaran seorang anak terhadap sebuah media pembelajaran.

Karena konsep awalnya memang menyeimbangkan antara permainan dan belajar, jadi anak akan mendapatkan dua hal sekaligus yakni kesenangan sekaligus ilmu pengetahuan. Taman Pintar Yogyakarta tidak hanya untuk anak-anak usia dini atau sekolah dasar saja.

Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Namun, siswa sekolah menengah juga akan memiliki kesempatan untuk belajar di taman ini. Mereka bisa memperdalam materi pembelajaran melalui praktek langsung pada media pembelajaran yang disediakan. Harapannya, anak akan lebih bisa memahami dan mengaplikasikan ilmu yang dipelajari di sekolah.

Visi pembangunan taman pintar ini adalah untuk menjadi sebuah wahana yang mengekspresikan, mengapresiasikan dan mengkreasi ilmu sains dalam suasana seru dan menyenangkan.

Sementara itu, misinya adalah untuk menyediakan alat peraga dan media pembelajaran bagi anak-anak terutama dalam bidang sains dan teknologi. Dengan demikian, anak tercipta generasi yang berkualitas sebagai sumber daya manusia yang ahli di bidang sains dan teknologi.

Ragam Wahana di Wisata Taman Pintar Jogja

Ada 9 wahana di dalam area wisata Taman Pintar Jogjakarta yang setiap wahananya mengusung tema dan tujuan yang berbeda-beda.

Taman Pintar Jogjakarta

Berikut ini adalah macam-macam wahana yang bisa Anda temui, yaitu :

1. Wahana Bahari

Wahana Bahari adalah sejenis petualangan singkat dengan menaiki kapal mini. Petualangan ini akan mengajak anak-anak berputar-putar mengelilingi Taman Pintar dari aliran sungai. Anak akan merasakan sensasi naik kapal laut dan hal ini akan menjadi pengalaman menarik terlebih bagi mereka yang belum pernah melakukan sebelumnya.

2. Science Theater

Gedung teater terletak di wilayah bagian barat Taman Pintar. Di sini, anak-anak akan diajak untuk menyaksikan berbagai macam pertunjukan atau demonstrasi sains. Terkadang di teater ini juga diputar film-film sains yang menarik. Gedung teater ini berkapasitas 50 hingga 60 orang.

3. Playground

Sesuai namanya, tempat ini adalah area paling disukai oleh anak kecil yaitu area bermain anak. Banyak sekali jenis mainan yang mengandung unsur sains di Taman Pintar Yogyakarta. Bukan sekedar mainan biasa, namun setiap mainan di tempat liburan ini akan disisipi ilmu dan pengetahuan yang bisa dipelajari. Diantaranya adalah :

1) Pipa bercerita

Permainan ini akan mengajarkan bagaimana bunyi dapat merambat. Anak-anak dapat bercerita melalui ujung pipa yang tersedia dan didengarkan oleh anak lain di ujung pipa satunya.

2) Permainan putaran

Permainan ini akan mengajarkan tentang sistem rotasi dan gerak berputar. Anak-anak akan belajar bagaimana cara membuat dan menghentikan putaran sebuah benda berbentuk lingkaran.

3) Dinding berdendang

Wahana di Taman Pintar Yogyakarta ini akan mengajarkan pada anak-anak bagaimana sebuah nada dapat tercipta. Bagaimana hubungan yang terbentuk antara tinggi rendah nada dengan luas permukaan gendang.

4) Jungkat jungkit

Permainan ini memang umum terdapat di berbagai wahana permainan. Permainan jungkat jungkit merupakan sebuah permainan yang akan mengajarkan tentang keseimbangan. Anak akan belajar dan mencari tahu bagaimana cara kerja keseimbangan itu sendiri.

5) Katrol

Di sini, akan ada 4 katrol dasar yang biasanya digunakan untuk mengangkat beban. Katrol-katrol ini akan membantu anak-anak mempelajari tentang hukum newton.

6) Terowongan Pohon

Permainan ini dibuat di atas pohon dengan mengombinasikan rumah pohon dan terowongan dengan tujuan melatih ketangkasan anak.

7) Air Menari

Air menari merupakan air yang memancar dari dalam tanah dan menjadi tempat bermain favorit anak-anak.

8) Koridor Air

Koridor air adalah kreasi tampilan air terhadap sebuah objek bening.

9) Pembangkit Listrik Tenaga Matahari

Pembangkit ini memanfaatkan tenaga matahari untuk membangkitkan tenaga listrik.

10) Sepeda Spektrum Warna

Sepeda spektrum warna ini akan menunjukkan bahwa warna putih didapatkan dari putaran cepat dari kumpulan warna pelangi.

4. Zona Perpustakaan

Zona ini seperti perpustakaan pada umumnya yaitu surganya buku. Perpustakannya didesain dengan luas, nyaman dan unik. Namun, di perpustakaan Taman Pintar Yogyakarta akan ada pertunjukan panggung boneka yang cukup menarik.

5. Kampung Kerajinan

Dalam wahana Kampung kerajinan, Anda akan diajak menyelami berbagai macam kerajinan khas Indonesia. Ada empat macam wahana kerajinan yang disediakan yaitu kreasi batik, kreasi gerabah, lukis gerabah dan lukis kaos.

6. Gedung PAUD

Di wahana PAUD ini, anak akan dikenalkan pada berbagai macam ilmu pengetahuan dan sains dalam bentuk permainan menyenangkan. Di sini, anak bisa bermain lego, belajar komputer, bermain alat musik dan lain sebagainya.

7. Planetarium

Di sini, anak akan disuguhkan pertunjukan benda-benda langit dengan menggunakan proyektor digital. Mereka akan melihat bagaimana pergerakan, tata letak dan struktur lain dari semua benda yang ada di langit.

8. Gedung Kotak

Gedung kotak terbagi menjadi berbagai macam zona di mana setiap zona menjelaskan satu konsep tersendiri. Berikut ini zona-zona yang terdapat di Taman Pintar Yogyakarta :
– Zona teknologi populer
– Zona air untuk kebaikan hidup
– Lorong ilusi
– Zona Tepi TV
– Wahana Jejak nutrisi
– Zona Dino adventure dan teater 4D
– Zona sahabat pemberani KPK
– Zona memorabilia
– Zona Indonesiaku
– Zona Nuklir
– Zona Olahraga
– Zona Galeri Pustaka
– Zona SNI
– Hand on Science
– Zona Menara Eiffel
– Zona KPU
– Zona Panas Bumu Geothermal

9. Gedung Oval

Di sini, anak-anak akan mempelajari berbagai hal seperti :

  1. Generator Van der Graaf
  2. Generator Pedal
  3. Cuaca, iklim dan gempa bumi
  4. Area Dome
  5. Kehidupan Purba
  6. Tata surya

 

Kesimpulan

Cukup menarik bukan? Banyak sekali ilmu dan pengetahuan sains yang bisa anak-anak dapatkan di sini. Mereka tidak akan bosan karena setiap wahana ditampilkan dalam bentuk yang atraktif dan menyenangkan. Pastikan Taman Pintar Yogyakarta jadi tujuan wisata bersama anak-anak ya!

 

Taman Pintar Yogyakarta Wisata Rekreasi Plus Edukasi yang Atraktif