Yogyakarta

Tempat Liburan Anak Di Jogja

Tempat-Liburan-Anak-Di-Jogja

Hati-hati memilih tempat liburan anak di Jogja. Pastikan bahwa Anda mengunjungi object wisata Jogja yang aman untuk anak.

Masih banyak orang tua membuat kesalahan ketika mengajak anak-anak berlibur. Sebagian besar dari mereka membawa anak-anaknya ke tempat-tempat yang dirasa kurang tepat dan kurang mendidik.

Salah satunya adalah mengajak anak ke mall atau pusat perbelanjaan. Liburan di tempat seperti ini kurang cocok. Sebab, ada dampak negatif yang tertanam pada anak yaitu budaya konsumtif.

Untuk itu, lebih baik memilih beberapa tempat liburan anak di Jogja yang memberikan nilai edukatif. Anak bahagia orang tua pun tidak was-was. Justru ada banyak manfaat yang didapatkan karena bukan sekedar senang-senang.

Untuk mencapai lokasi-lokasi wisata tersebut, tak perlu khawatir lagi. Cara aman, nyaman dan hemat ialah memilih sewa mobil Jogja. Gotravela menyediakan beragam jenis unit mobil terawat dalam kondisi mulus.

Tempat Liburan Anak di Jogja

Banyak sekali tempat wisata Jogja yang aman untuk anak sekaligus memberikan nilai edukatif. Ini sangat bagus untuk proses tumbuh kembang dan belajarnya.

Salah satu manfaat liburan ialah sebagai penyeimbang supaya anak tidak stress menghadapi suasana monoton setiap hari. Namun, salahnya memilih tempat wisata hanya akan berakhir pada pendidikan atau pembelajaran yang kurang tepat.

Mengajak anak berjalan-jalan di mall tidak akan merangsang kemampuan motoriknya, bahkan geraknya akan terhambat jika pusat perbelanjaan tersebut dalam kondisi ramai.

Memilih tempat wisata harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak. Anak-anak lebih membutuhkan melihat tanaman hijau dengan warna-warni bunga. Bukannya melihat warna-warni pakaian yang tergantung di rak toko.

Mereka juga lebih membutuhkan berlarian di taman bermain alami dengan suasana menyenangkan dan udara segar. Bukan tempat bermain buatan dengan udara sesak.

Tempat Wisata Jogja Aman dan Edukatif Untuk Anak

Berikut ini adalah beberapa tempat liburan anak di Jogja yang sangat direkomendasikan untuk liburan ke Yogyakarta bersama anak. Diantaranya adalah :

1. Taman Pintar

Object wisata ini terletak tidak jauh dari Malioboro, yaitu tepatnya berada di Jln Panembahan Senopati. Taman ini memang secara khusus diciptakan sebagai sarana belajar untuk anak-anak.

Taman Pintar Jogja Spot Wisata Anak

Di sana, anak-anak akan diberikan ruang untuk bebas berekspresi dan menyalurkan keinginannya melalui permainan. Ada banyak sekali permainan yang mendidik seperti air menari, tapak pintar, dinding berdendang dan lain sebagainya.

Sebagian besar memang wahana buatan. Namun, taman ini tidak meninggalkan kebutuhan anak-anak akan area segar dan hijau.

Pepohonan dan taman-taman bunga masih nampak di area sekitar. Itu semua berfungsi sebagai penyeimbang atmosfer udara di sekitarnya.

2. Kebun Binatang Gembira Loka

Tempat liburan anak di Jogja selanjutnya yang sangat direkomendasikan adalah kebun binatang Gembira Loka. Di sini, anak akan dikenalkan pada binatang-binatang yang mungkin belum pernah dilihat sebelumnya.

Kebun binatang ini cukup lengkap koleksi hewannya, selain itu hewan di sini juga terawat dan bebas dari penyakit. Anak-anak akan lebih nyaman belajar dan mengenal hewan-hewan baru.

Selain melihat-lihat, anak-anak juga berkesempatan untuk menyentuh hewan tertentu secara langsung seperti gajah atau unta. Mereka juga bisa berlatih ketangkasan dengan menangkap ikan di kolam yang disediakan.

Berkunjung ke kebun binatang tidak hanya baik bagi anak, orang tua pun akan ikut merasakan manfaatnya. Anda bisa duduk bersantai di bawah pepohonan sambil menikmati segarnya udara. Kegiatan ini dapat melepas lelah dari aktivitas sehari-hari.

3. Museum Dirgantara

tempat liburan anak di jogja edukatif

Salah satu object wisata Jogja yang aman dan edukatif untuk anak adalah museum Dirgantara. Kita tahu bahwa anak-anak paling heboh jika berurusan dengan pesawat tebang, helikopter dan semacamnya.

Oleh sebab itu, mengajak anak-anak ke museum Dirgantara adalah pilihan yang tepat. Di sini, anak-anak akan dipuaskan dengan pemandangan berbagai macam pesawat terbang.

Sebenarnya, di museum ini, anak-anak tidak hanya disuguhi pemandangan pesawat saja. Mereka juga bisa menikmati benda-benda lain seperti koleksi senjata, perlengkapan tempur dan lain sebagainya.

Di sini, Anda juga bisa bernostalgia dengan melihat foto-foto tokoh kebanggaan TNI beserta patung-patung mereka. Mengajarkan anak-anak tentang sejarah bangsanya lebih penting dari sekedar berjalan-jalan di pusat perbelanjaan.

4. Mengunjungi Situs Budaya

Kebudayaan adalah ciri dan jati diri dari seseorang. Maka dari itu, budaya lama atau kuno tidak seharusnya dilepaskan begitu saja hanya karena budaya baru yang masuk.

Tempat liburan anak di Jogja yang edukatif perihal kebudayaan adalah tempat-tempat seperti candi. Ada banyak candi yang bisa dikunjungi seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur di Magelang dan lain sebagainya.

Candi-candi ini akan menjadi media pembelajaran secara langsung bagi mereka. Mempelajari sejarah kebudayaan seperti halnya mengenal diri kita sebagai manusia Indonesia.

Bagaimana manusia Indonesia dahulu, karakter seperti apa yang dimiliki orang-orang di masa itu dan nilai kemanusiaan yang apa yang mereka tanamkan. Hal seperti inilah yang harus mulai ditanamkan kepada anak-anak supaya mereka tidak melupakan identitasnya sebagai manusia Indonesia.

5. The World Landmarks – Merapi Park Jogjakarta

Tempat liburan terbaik untuk anak yang satu ini menyuguhkan pemandangan menarik dan berbeda dari biasanya. Di sini, anak-anak bisa menikmati replika dari gunung Merapi sebagai ikon dari kota Jogjakarta.

Selain itu, mereka juga bisa belajar mengenal bangunan-bangunan di luar negeri yang cukup terkenal dengan cara melihat tiruannya. Tempat ini merupakan tempat yang paling tepat untuk digunakan sebagai sarana edukasi anak.

6. The Lost World Castle

tempat wisata anak di jogja

The Lost World Castle merupakan salah satu tempat liburan anak di Jogja yang cukup hits belakangan ini. Meskipun terbilang masih baru, tempat ini cukup menyedot perhatian.

Selain karena wahana wisata yang disediakan, tempat ini terletak di kaki gunung Merapi sehingga Anda bisa menyaksikan bagaimana gagahnya pegunungan ini dari dekat.

Ada berbagai macam wahana permainan edukatif yang bisa dinikmati oleh anak. Di sini, anak-anak tidak hanya akan bermain-main saja. Akan tetapi mereka akan tetap diberikan ilmu dan informasi melalui wahana-wahana permainan.

Sebut saja salah satunya adalah bangunan-bangunan unik. Secara tidak langsung, anak akan belajar bangunan apakah itu, dari manakah asalnya dan apa fungsinya. Oleh sebab itu, tempat ini sangat tepat jika dibandingkan dengan wahana permainan lainnya.

7. Grand Puri Waterpark

Hampir semua anak suka berenang dan bermain air. Karenanya, tepat sekali jika Anda membawa mereka untuk liburan di tempat ini. Grand Puri Waterpark adalah tempat liburan anak di Jogja dengan kolam air yang paling besar dan bermacam-macam.

Anak-anak pasti akan merasa antusias untuk menjelajahi setiap kolam bermainnya. Destinasi wisata ini adalah tempat yang tepat untuk melatih kemampuan motorik anak.

Selain itu juga mengajarkan keberanian dalam menghadapi tantangan. Namun juga tetap tidak melupakan sisi kesenangan dan keseruan bermain.

8. Perpustakaan Grhatama Pustaka

Jika perpustakaan di kota Anda terkesan membosankan dan kurang menarik, Anda harus mengunjungi tempat liburan anak yang ada di Jogja ini.

Dijamin, suasana boring dan monoton yang biasanya menyelimuti sebuah perpustakaan, tidak akan ditemui di tempat ini.

Perpustakaan Grhatama Pustaka sudah didesain sedemikian rupa dengan berbagai macam fasilitas tambahan yang menarik. Anda dan anak-anak tidak akan merasa bosan meskipun sudah seharian di sini.

Kesimpulan

Itulah delapan tempat liburan anak di Jogja yang bisa dijadikan referensi. Tak perlu bingung lagi untuk memilih destinasi liburan ke yogyakarta bersama anak. Mengunjungi tempat-tempat di atas tidak hanya baik bagi mood anak. Tapi, juga mampu menghadirkan sisi edukatif yang bermanfaat. Selamat belajar dan bersenang-senang.

If you liked this article, then please subscribe our YouTube Channel for support us in presenting tourist video forward. You can also find us on Instagram or direct to Whats-app me for consult your travel plans.

Admin Gotravela | Tempat Liburan Anak di Jogja