Indonesia Blog

Tips Traveling Perjalanan Juah | Panduan Terbaik Sebelum Berwisata

Tips traveling perjalanan jauh

Tips Traveling Perjalanan Juah

Tips Traveling Perjalanan juah dalam negeri, Sebelumnya mari dapatkan info singkat negeri kita Indonesia. Indonesia adalah negara yang sangat populer di Asia Tenggara, Negara kepulauan dengan jumlah pulau lebih dari 17.000 pulau. Indonesia juga Negara keempat yang jemlah penduduknya paling banyak di dunia, dan memiliki populasi terbesar Pemeluk Agama Islam di dunia.

Indonesia

Negara yang terpotong dengan garis khatulistiwa dan berada di kedua samudra terbesar India dan samudra Pacific. Indonesia bagai hamparan permadani indah dengan keindahan alam yang luar biasa. Dari kekayaan alam bawah laut sampai gugusan pegunungan, Indonesia adalah gudangnya. tentunya jika suka pantai? Indonesia memiliki deretan pantai yang tak akan habis Anda jelajahi dengan garis pantai terpanjang di dunia lebih dari 100.000 kilo meter.

Tips Traveling Perjalanan Juah

Dan sekitar 3000 pulau di indonesia belum memiliki nama dari total pulau di indonesia ± 17.000 lebih pulau. Jika suka gunung? Indonesia memiliki daftar pegunungan yang menunggu untuk segera di eksplor dari 127 gunung berapi.

Maka dari itu berlibur atau ber-wisata meng-eksplor negeri sendiri adalah hal yang terbaik, sebab negeri kita Indonesia yang kaya akan keindahan, sumber daya alam dan landscape sejarahnya yang agung dan tak di ragukan lagi seperti kejayaan Majapahit dan lainnya. Ayo sobat ku… traveler indonesia kita jelajahi negeri tercinta ini, agar kita lebih memahami dan cinta akan negeri kita sendiri.

Inilah destinasi wisata yang populer, sedang masih banyak lagi destinasi wisata negeri kita yang belum terekspose dan tereksplor.

 

Destinasi Wisata di Indonesia:
  • Pantai Sumurtiga – Sabang
  • Candi Muaro Jambi – Jambi
  • Danau Toba – Sumatera Utara
  • Ngarai Sianok – Bukittinggi
  • Anambas – Kepulauan Riau
  • Sungai Kampar – Riau
  • Fort Marlborough – Bengkulu
  • Taman Nasional Way Kambas – Lampung
  • Pulau Peucang – Banten
  • Kepulauan Seribu – DKI Jakarta
  • Kawah Putih – Bandung, Jawa Barat
  • Kepulauan Karimun Jawa – Jepara, Jawa Tengah
  • Pantai Siung – Gunungkidul, Yogyakarta
  • Taman Nasional Bromo Tengger Semeru – Jawa Timur
  • Kawah Ijen – Banyuwangi, Jawa Timur
  • Pulau Derawan – Kalimantan Timur
  • Bali
  • Pura Luhur Uluwatu – Bali
  • Pulau Lombok
  • Gili Trawangan – Nusa Tenggara Barat
  • Gunung Rinjani – Lombok, NTB
  • Taman Nasional Gunung Kelimutu – Flores, NTT
  • Pantai Losari – Makassar, Sulawesi Selatan
  • Wakatobi – Sulawesi Tenggara
  • Taman Nasional Kepualauan Togean – Sulawesi Tengah
  • Taman Laut Bunaken – Manado, Sulawesi Utara
  • Halmahera – Maluku Utara
  • Raja Ampat – Papua Barat
  • Danau Sentani – Papua

Panduan Terbaik Sebelum Berwisata

Gotravela Indonesia akan menjelaskan bagaimana Tips Traveling Perjalanan Juah dan mempersiapkan segala hal sebelum dan saat mengunjungi destinasi wisata yang berada di Indonesia.

Tips Traveling Perjalanan Juah dan panduan yang perlu di perhatikan sebelum berlibur. Traveler Setuju gak, jika liburan selalu bisa menjadi kata yang paling membuat orang merasa “senang” walau hanya dengan membayangkannya saja. Namun, liburan pun bisa saja menjadi hal yang “tidak menyenangkan”, terutama saat liburan tidak terencana dengan baik.

Tips Traveling Perjalanan Juah

Sebelum melakukan perjalanan ke sebuah destinasi wisata di Indonesia, usahakan lakukan hal mendasar ini “kenali dan riset tujuan wisata anda”. Mulailah dengan riset tentang daerah atau tujuan yang akan anda kunjungi, bisa melalui Peta manual atau GPS jika memiliki peta itu akan lebih baik atau juga bisa discuss dengan teman yang pernah mengunjungi tempat wisata tersebut. Juga dalam Tips Traveling Perjalanan juah ini bisa mecari info di Wikipedia, Wikitravel atau Social media informasi lokasi, sejarah, jalan dan keadaan di tempat wisata tersebut.

Tips Traveling Perjalanan Juah Dalam Negeri

1. Kumpulkan Informasi

Anda harus mengumpulkan informasi mengenai tempat tujuan sebanyak-banyaknya. Apakah daerahnya adalah perbukitanm gunung, atau pantai. Jangan sampai salah kostum atau keliru dengan cuaca saat berwisata, rencanakan dengan tepat, waktu dan tujuan perjalanan anda yang hendak dicapai.

2. Ke-Arifan Lokal

Mengapa tidak mengenali kebiasaan atau budaya di tempat yang akan anda kunjungi? Karena akan membantu sekali beradaptasi dan berinteraksi dengan masyarakat lokal tentu-nya. Dengan berinteraksi baik tentunya akan mempermudah anda dalam menjalin komunikasi anda dengan mereka, bukan?.

3. Pastikan budget perjalanan 

Ini dia hal pertama yang paling krusial yang  harus ditimbang, dihitung, dan dipersiapkan sebelum Anda berlibur. Bijaksanalah dalam mengatur anggaran Anda selama berlibur. Pastikan budget yang Anda punya mampu membiayai dari pre-holiday sampai ke post-holiday.

Uang Rupiah Tips traveling

Jangan pernah berlibur dengan budget yang terlalu ketat, karena Anda tidak akan pernah tahu kemungkinan-kemungkinan apa yang akan terjadi saat anda berlibur atau biaya tak terduga.

4. Buatlah itinerary (jadwal perjalanan)

Mulai membuat program itinerary anda, tempat-tempat mana saja yang akan Anda kunjungi, jangan sampai ada tempat bagus yang terlewat atau terlalu banyak menghabiskan waktu di satu tempat sehingga Anda tidak sempat mengeksplor daerah tersebut.

5. Perhatikan cuaca di lokasi wisata

Anda bisa mengira-kira berapa banyak pakaian atau peralatan yang harus dipersiapkan dan dibawa. Meski BMG kita tak bisa memberi garansi cuaca di Indonesia, setidaknya anda mendapatkan ancar-ancar cuaca dalam Tips Traveling Perjalanan juah ini.

6. Buat daftar dokumen penting

Apa yang wajib dibawa. Misalnya KTP, nomor telepon penting, ATM dan dokumen yang di anggap penting lainnya.

7. Buatlah reservasi

Resevasi hotel, kendaraan, penyebrangan, aktivitas wisata, bus antar daerah, objek wisata, transportasi rent car, sewa motor, kereta atau penerbangan sebelumnya. Selain mungkin lebih murah juga menghindari kehabisan tiket.

8. Cash & Kartu Kredit

Periksa kembali kartu kredit Anda dan Uang cash anda, bila memungkinkan minta kenaikan kredit atau buat kartu kredit baru yang bisa diterima di banyak tempat. Periksa validitasnya. Membawa ATM dianggap lebih aman daripada membawa uang kontan yang berlebihan. Juga periksa tanggal berlaku surat izin mengemudi Anda. Memperpanjang SIM hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja. Jadi, bila perlu sisihkan waktu untuk memperpanjangnya (jika anda bepergian menggukan kendaraan pribadi).

9. Pastikan Barang Bawaan

Memastikan kelengkapan bawaan, dalam melakukan perjalanan jauh pastinya anda harus membawa banyak barang dan perlengkapan seperti pakaian, makanan, dan obat-obatan dan lain-lain. Nah, Tips Traveling Perjalanan juah inipun untuk memastikan semua barang-barang tersebut sudah terkemas dengan baik di dalam tas yang akan dibawa selama bepergian. Buat catatan barang-barang apa saja yang akan Anda bawa? hal ini berguna bagi anda yang melakukan perjalanan jauh bersama anak-anak atau bayi.

Saran: Jangan membawa terlalu banyak barang bawaan saat Anda berlibur, hal ini dapat menyebabkan liburan Anda menjadi tidak leluasa, terutama barang berharga. Jika bawaan Anda terlalu berlebihan, dikhawatirkan malah akan menjadi repot mengurusi barang bawaan ketimbang menikmati perjalanan liburan.

10. Cek Persiapan Transportasi 

Persiapkan transportasi dengan matang. Jika Anda menggunakan mobil pribadi maka jangan lupa mengecek semua bagian mobil.

11. Minum Air Yang Banyak

Saya ingat dulu nenek saya selalu menganjuri kami tuk minum air yang banyak saat tamasya. Untuk itu dalam Tips Traveling Perjalan jauh ini, saya sarankan selalu siapkan botol air mineral dan minumlah sesering mungkin saat dalam perjalanan. Sangat baik untuk kesehatan untuk memperbanyak konsumsi air mineral minimal dilakukan 2 hari sebelum melakukan perjalanan jauh.

Tips traveling perjalanan jauh

Juga minum jahe hangat, sebab kandungan jahe sangat baik untuk lambung, mecegah masuk angin dan mengurangi iritasi pada dinding usus. Mabuk perjalanan berhubungan erat dengan lambung, bukan karena pusing.

12. Jaga Pola Makan

Kurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam sebelum bepergian, karena kandungan garam mampu menyimpan kadar air dalam tubuh. Jika perjalanan panjang dan anda terlalu banyak duduk maka kaki akan membengak karena banyaknya kandungan air yang diakibatkan garam tersebut. Andapun akan lebih sering bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil.

13. Vitamin dan Suplemen

Makanlah secara teratur vitamin karena lamanya perjalanan dan cuaca dapat mempengaruhi kondisi kesehatan anda.

14. Istirahat yang Cukup

Usahakan untuk tidur minimal 6 jam sebelum berangkat. Bahkan juga sangat disarankan untuk tidur minimal 6 jam setelah sampai ditujuan. Jika memungkinkan bangunlah di pagi hari. Sinar matahari pagi akan sangat membantu menghilangkan rasa letih perjalanan.

15. Banyak Gerak 

Banyak bergerak saat menunggu keberangkatan baik di stasiun, terminal atau di ruang tunggu. Usahakan untuk berjalan santai dan banyak bergerak di sekitar tempat tunggu. Hal ini akan membantu melemaskan otot-otot anda.

Banyak Gerak tips traveling

16. Suntik Vaksin 

Jika Anda berencana mengunjungi daerah yang mengharuskan di suntik vaksin atau minum obat tertentu. Contohnya, minum pil kina sebelum pergi ke Papua untuk mencegah Anda terserang malaria misalnya. Lebih baik mencegah dan berhati-hati daripada anda jatuh sakit selama berlibur atau saat kembali ke rumah.

17. Doa Sebelum Berpergian

Dan satu hal yang tidak boleh dilupakan Berdoalah senantiasa menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebelum perjalanan, maupun saat dalam perjalanan.

Menurut beberapa penelitian, kunci utama dalam perjalanan yang sukses adalah ketenangan.

Demikian Informasi Tips Traveling Perjalanan Jauh Dalam Negeri diatas kami persembahkan bagi traveler, semoga informasi tersebut memberi manfaat yang baik bagi traveler sekalian.

Saat ini anda berada di website wisata yang tepat, Selam meng-eksplor halaman demi halaman kami dan Salam pariwisata bagi semua traveler indonesia tercinta – hormat saya dari pulau bali, grace.

Appreciate kami jika Gotraveler tinggalkan dan jejak disini 

Tips Traveling Perjalanan Juah | Panduan Terbaik Sebelum Berwisata
5 (100%) 2 votes
Cheers – Grace gotravela +6282144448095 Sewa Mobil dan Wisata Indonesia
.