7 Wisata Air Terjun

Wisata Air Terjun Bali | 7 Air Terjun Tersembunyi Di Pulau Bali

Wisata Air Terjun Bali | 7 Air Terjun Tersembunyi Di Pulau Bali
5 (100%) 1 vote

Wisata Air Terjun Bali

Tapi tahukah anda bahwa pulau bali rumah bagi banyak wisata air terjun bali yang indah? Selain bali kaya akan wisata bangunan bersejarah, budaya dan pantainya yang indah. Pulau bali juga menyimpan keindahan Alam yang akan di bahas dalam 7 Wisata Air Terjun bali yang tersimpan indah dan rapi dalam dekapan Alam Sang Dewata.

Didalam thread ini kami coba menuangkan dalam 7 Wisata Air terjun bali terindah dan tersembunyi di Pulau Bali menurut versi GotravelaIndonesia.com.

Wisata Air Terjun Bali Yang Tersembunyi

Tentunya sudah umum bagi Wisatawan Asing maupun Domestik jika menyebut Air Terjun di Bali pasti jawabannya “Air Terjun Git-Git”, Bukan?. Wisata Air terjun Bali Gitgit adalah salah satu tujuan wisata terkenal di Bali yang terletak di desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, dan sekitar 10 Km dari kota Singaraja atau sekitar 70 Km dari Denpasar. Terletak di dataran tinggi sekitar 300 meter di atas permukaan laut.

Dan ternyata salah besar jika di bali hanya ada Air terjun git git saja, kami mencoba menelusuri dan menginformasikan 7 Wisata Air terjun bali terindah dan tersembunyi di pulau bali. Sekiranya akan menjadi rekomendasi alternative bagi Wisatawan Petualang dan Pemburu Air Terjun.

Mari kita mulai dari yang terdekat dengan Kuta – Denpasar, tapi sebelumnya silahkan baca tips di bawa ini.

Tips saat mengunjungi Air Terjun di Bali

  • Bawalah tripod! Tidak peduli apa jenis kamera yang Anda memiliki, dengan tripod tentu anda ingin mendapatkan hasil gambar yang maksimal dan dipasang pada sesuatu yang kokoh, untuk alasan yang saya akan menjelaskan di bawah ini.
  • Anda tidak perlu digital SLR Super mewah, tetapi Anda ingin sesuatu hasil yang memungkinkan Anda untuk bermain-main sedikit dengan paparan. Menggunakan aperture prioritas atau manual eksposur, menggunakan f-stop benar-benar tinggi, seperti f16 atau lebih tinggi, dan itu akan membuat rana kamera Anda untuk mengungkapkan lebih banyak images. Tip lain adalah untuk menjaga sensitivitas ISO Anda serendah kamera Anda memungkinkan, seperti sekitar 100. Karena pemaparan panjang ini, spons dengan berpegangan tangan pada kamera Anda hanya akan tidak stabil. Maka rekomendasi untuk menggunakan tripod.
  • Berpakaian dengan tepat dan santai! Seperti hendak memasuki hutan (sebab air terjun pasti ada didalam hutan), ingat bawa minyak telon dan angina tau anti serangga sebab akan banyak serangga atau nyamuk (bawa juga autan) bawa juga pakaian renang dang anti siapa tau sekali-kali anda ingin berenang di Air terjun.
  • Pastikan mengabarkan keluarga atau sahabat tahu kemana anda pergi, entah dengan cara post/eksis di facebook, instagram dll nya.
  • Pastikan anda datang di cuaca yang tepat jangan kunjungi Air Terjun pas saat musim penghujan sebab di khawatirkan terjadi banjir bah.

1. Air Terjun Tegenungan

Wisata air terjun bali Tegenungan adalah salah satu air terjun terindah yang tersembunyi di desa Ubud, lokasi persis berada di Desa Tegenungan Kemenuh, daerah Sukawati, kabupaten Gianyar. Untuk menuju air terjun ini ditempuh jarak sekitar 16 km dari kota Dempasar atau butuh 30 menit ditempuh dengan kendaraan pribadi.

 Wisata Air Terjun Bali

Air terjun ini tidak terlalu tinggi dengan ketinggiannya hanya sekitar 15 meter, sehingga nyaman dan aman buat anda suka tantangan melompat (Cliff Jump) tepat ke dasar air terjun, tapi tetap harus memperhitungkan keselamatan dan tentunya dilakukan hanya yang sudah ahli. Wisata Air terjun Bali Tegenungan unik karena sekitarnya air terjun tumbuh tubuhan hijau subur, begitupun dengan aliran sungainya, air-nya yang deras, sempurna untuk berenang dan menikmati tubing/berseluncur air tawar.

Terdapat Pura Suci didekat permandinya, Pura tersebut sangat populer di kalangan penduduk setempat yang mencari ketenangan dan bermeditasi.

2. Air Terjun Nungnung

 Wisata Air Terjun Bali
Wisata Air Terjun Nungnung, eet bukan mbak nunung ya?? **itu mah artis opera van java hehe.. husstt lanjut. Ok, Air terjun Nungnung ini merupakan salah satu air terjun yang terindah dan tersembunyi di Utara Kabupaten Badung arah Sangeh (Hutan Kera). Jaraknya sekitar 50 kilometer dan dibutuhkan satu jam untuk mencapai lokasi dengan kendaraan pribadi dari Denpasar atau Kuta.

Anda harus menuruni 500 an anak tangga untuk mencapai air terjun sebab lokasi Air terjun nungnung terletak di bagian bawah jurang. Bukan hal yang mudah bukan? Anda harus siapkan mental dan fisik untuk berburu salah satu Wisata Air terjun Bali tersembunyi ini, tapi jangan khawatir semua akan terbayar tuntas setelah anda sampai ke spot lokasi Air terjun ini, Anda akan disambut rhyme Alunan alam mendengarkan dan menyaksikan ribuan liter air jatuh dari ketinggian 50 meter mengalir ke kolam, anda pun disambut dengan pemandangan yang menakjubkan air terjun dan pematang sawah di sekitar kawasan.

3. Air Terjun Dusun Kuning

Air Terjun Dusun Kuning terletak di Desa Taman Bali – Bangli. Untuk menuju kesana bisa dilakukan dengan berbagai sarana transportasi, Waktu tempuh dari Kota Denpasar dibutuhkan satu jam perjalanan menuju lokasi, mengarahkan kendaraan anda menuju ke kota Bangli baik lewat Sukawati/Gianyar maupun melewati Jalan by pass baru Ida Bagus Mantra.

Sekitar 3 km lagi dari pusat Kota bangli menuju Kawasan Wisata Taman Bali dan disanalah lokasi dimana anda akan lebih mudah dijumpai Air terjun ini anda tinggal menanyakan kepada penduduk lokal setempat atau mengikuti arah petunjuk plang nama ke Air Terjun tersebut.

Dari Lokasi parkiran anda harus berjalan kaki menuruni  lokasi air terjun yang jaraknya kira-kira 300 meter untuk sampai ke spot air terjun tersebut. Namun anda tidak akan merasa capek sebab selama menelusuri jalan kecil tersebut anda akan di suguhi pemandangan perkebunan cengkih dan hijau asri alam pulau bali.

Lokasi wisata air terjun ini memang tidak banyak pengunjungnya, ke alamian dan daya tarik Wisata Air Terjun Bali Dusun Kuning ini tidak dapat diabadikan, mungkin karena lokasi yang memang cukup tersembunyi membuatnya menjadi kurang dikenal oleh para wisatawan dari luar atau dalam negeri.

Selain itu serunya di tempat ini anda pun akan menjumpai begitu banyak kera disini. Alangkah baiknya jika Anda berwisata ke sini sambil membawa cemilan atau kacang ya traveler!! untuk memberi makan kepada kera-kera tersebut.

Inilah  Air terjun Ke-tiga dari 7 wisata air terjun bali – untuk info dan booking anda bisa hub kami.

4. Air Terjun Melanting

Wisata Air Terjun Bali

Wisata air terjung bali melanting anda dibawa berjalan ke tepi barat kaldera Bedugul, Desa Kecil Munduk memiliki serangkaian jalur hutan yang mengarah ke salah satu — air terjun yang tersembunyi. Uniknya air terjun ini berada ditengah-tengah kebun kopi dan kebun cengkeh sehingga bakal menyajikan keeksotisan dan keindahannya tersendiri bagi anda pecinta pemburu Air Terjun bali. Dari kejauhan sebelum mencapai lokasi air terjun suara kicauan burung dan suara gemuruh air terjun sudah terdengar dengan jelasnya dan membuat langkah anda dipercepat serasa hati tak sabar segera melihat keindahannya.

Berada di Kecamatan Banjar, Air Terjun Melanting bisa dijumpai ketika Anda bertandang ke Desa Munduk – Kabupaten Buleleng. Dibutuhkan sekitar 2,5 jam karena melalui jarak 70 km dari denpasar dan sekitar 42 km dari Kota Singaraja dengan kendaraan pribadi menuju arah bedugul.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter lebih, Air Terjun Melanting termasuk berketinggian rendah, apalagi kalau Anda membandingkannya dengan Air Terjun Gitgit yang tingginya mencapai  48 meter. Namun, justru karena itulah Anda bisa berendam dan mandi dengan aman di tempat ini.

5. Air Terjun Aling – Aling

Air terjun Aling-aling, hanya 11km dari kota Singaraja dan sekitar 80km dari Denpasar, cara sederhana untuk mencapai Air terjun ini anda cukup mencari arah ke Desa Panji atau ke desa Sambangan sebab dari sana lah anda akan menemukan petunjuk arah ke Wisata Air terjun bali ini atau anda cukup bertanya arah kepada penduduk lokal setempat, mereka akan menjawab dan member arah yang tepat dengan keramahan local setempat.

Wisata Air Terjun Bali

Air terjun ini unik dengan alasan yang khusus – Air terjun setinggi 35 meter ini terbagi menjadi dua di puncaknya, dua aliran air nya jatuh pada kecepatan yang berbeda. Dimana disekelilinginya terdapat tebing-tebing tinggi dengan pepohonan khas tropis yang rimbun. Di bawah air terjun ini terdapat cekungan kolam yang cukup dalam sekitar 4 meter dan yang paling menarik dari Air terjun Bali Aling-aling adalah – Kamu bisa bermain perosotan dari ketinggian 12 meter! Tenang saja, kolam di bawah air terjun cukup dalam kok, jadi Kamu akan aman. Selain itu juga ada guide yang memandumu untuk melakukan cara meluncur dengan aman.

Namun saya tidak merekomendasikan travelers yang tidak bisa berenang dan cliff jump untuk mencoba sensai disini karena pusaran air yang cukup berbahaya serta batuan cadas disekitarnya.

Inilah  Air terjun Ke-lima dari 7 wisata air terjun di bali – untuk info & booking anda bisa hub kami.

6. Air Terjun Jembong

Air terjun Jembong terletak di Desa Ambengan berjarak 6 km dari Kota Singaraja dengan hamparan sawah dengan sistem terasering yang begitu indah, air terjun dan kolam alami kekayaan alam yang dimiliki Desa Ambengan.  Desa ini memiliki air terjun bali yang begitu indah yang disebut dengan Air Terjun Jembong.

Air terjun ini terletak di antara kebun coklat penduduk dan beberapa  pohon tropis yang dapat ditemukan disekelilingnya. Untuk mencapai air terjun ini diperlukan usaha yang sedikit mengeluarkan keringat karena untuk mencapainya para wisatawan dipaksa untuk melewati jalan berbatu diantara kebun coklat.

Wisata air terjun Bali Jembong Secara lokal, dikenal sebagai salah satu air terjun terbaik di Bali. Berbeda dengan air terjun lain yang berada di Pulau Bali yang pada umumnya terletak di tebing tinggi dengan aliran air jatuh secara tegak.  Air terjun ini berada di dataran tanah yang miring dengan kemiringan lebih dari 75 derajat.

Anda dapat menikmati aliran air jernih yang mengalir di Air Terjun Bali Jembong ini karena di bawah Air Terjun  Jembong terdapat kolam alami dengan kedalaman sekitar satu meter, sehingga membuatnya ideal untuk berendam dan menikmati hutan hijau yang indah disekelilingnya. Bagus juga untuk penyembuhan spiritual bagi yang mempercayainya.

7. Air Terjun Bali Sekumpul

Air terjun sekumpul  Inilah  Air terjun terakhir yang kami direkomendasikan ke anda dari 7 wisata air terjun di bali, untuk anda yang benar-benar petualang, inilah Air terjun yang kami pilih sebagai Air terjun tereksotik se Bali ya.. Air Terjun Sekumpul yang juga biasa di sebut Air terjun Gerombong.

Bukan karena air terjun ini sepenuhnya tidak di ketahui tapi lebih karena aksesnya yang cukup sulit dan menantang telah menjadikan air terjun ini tersembunyi dari banyak pengunjung yang ingin menikmati keindahannya.  Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 m dan terdiri beberapa air terjun setidaknya ada tujuh air terjun yang letaknya terpisah-pisah dan berdekatan.

Berjarak sekitar 76 km dari Denpasar atau 20 km dari kota Singaraja (1 jam waktu tempuh).  Ada dua rute untuk menuju kesana.  Yang pertama arahkan kendaraan anda terus ke Singaraja dengan melewati Kawasan Wisata Bedegul.  Setelah sampai kota Singaraja ambil arah ke Kecamatan Sawan lalu ke Desa Sekumpul, disana anda tinggal mengikuti petunjuk arah ke lokasi wisata air terjun bali ini.

Setelah tiba di parkiran, perjalan  dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan yang sudah di paving, menuruni ratusan anak tangga, dan menyeberangi sungai.

Memang kondisi jalan paving ini cukup curam dan di beberapa tempat sangat licin karena berlumut dan lembab.  Selanjutnya setelah jalan paving habis, jalan berganti menjadi jalan tanah yang sempit (jalan setapak) hingga tiba di lokasi air terjun.  Bila ingin lebih mendekati ke dasar air terjun harus menuruni ratusan anak tangga yang cukup curam di beberapa tempat dan menyebrangi sungai yang lumayan dalam (sepaha orang dewasa).

Wisata Air Terjun Bali

Demikian Ulasan kami tentang 7 Wisata Air Terjun bali yang tersembunyi di Pulau Bali, semoga bermanfaat dan jangan lupa ya traveler jika ingin berkunjung di salah satu pilihan 7 Wisata Air terjun bali diatas anda dapat menghubungi kami dan ingat jaga selalu alam Indonesia tercinta ini.

Jika traveler menginginkan Paket wisata & penawaran promo lainnya

Semoga Halaman ini, dapat membantu anda menentukan pilihan paket wisata anda selama di Bali. Jika ada pertanyaan ataupun saran. jangan sungkan menuliskan di kolom komentar dibawah ini atau menghubungi kami.

“Jika ada pertanyaan ataupun masukan. jangan sungkan menuliskan di kolom komentar dibawah ini atau menghubungi kami.”

 

Salam Pariwisata – Alfonso Giostanov
Gotravela Indonesia Holiday
Referensi blog: PegiWisata.wordpress.com. gotravela.blogspot.com. www.baliyuk.com