Wisata Indonesia Timur

99 Destinasi Wisata Indonesia Timur Paling Popular

Inilah daftar 99 destinasi wisata Indonesia timur paling hits tak kalah dengan luar negeri.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan ribuan  destinasi wisata yang menakjubkan, baik wisata alam ataupun wisata budayanya. Negara ini seolah tak ada habisnya jika anda ingin menjelajahi satu persatu.

Kekayaan tempat wisata yang selama ini banyak dieksplorasi masih terpusat di wilayah Indonesia bagian barat. Sementara itu, destinasi wisata Indonesia timur yang tidak kalah bagus masih belum banyak dijamah.

Sebelum anda berkeliling dunia untuk menjelajahi lokasi wisata, ada baiknya menelusuri satu persatu destinasi wisata di negeri sendiri.

Gotravela-Indonesia-Map

Destinasi Wisata Indonesia Timur

Bali Island,
Bali Island is the most well-known tourist destinations in Indonesia. There are so many popular beaches there such as Sanur, Kuta, and Tanah Lot. Apart From them, there are still so many beautiful places that could be explored in East Indonesia especially on Bali Island such as Padang-Padang beach, Batu Bolong beach, Nyang-Nyang beach, Suluban beach, Pura Peti Tenget, Pura Pucak Tedung and many more.

 

 

Tegenungan-waterfall-Bali

Destinasi Wisata Pulau Bali

Selama ini, kita mengenal bahwa pusat industri pariwisata Indonesia adalah pulau Bali. Pantai Kuta, Sanur, Tanah lot, Kintamani memang sudah terkenal sejak lama.

Namun tahukah anda, masih banyak destinasi wisata Indonesia timur di pulau Bali yang memiliki panorama alam tak kalah menakjubkan. Berikut ini diantaranya :

  1. Pantai Padang-padang

    Terletak di ujung paling barat dari Semenanjung Uluwatu, Pantai Padang-padang menjadi destinasi wisata Indonesia timur hits karena dijadikan lokasi shooting film Hollywood “Eat, Pray and Love”.

  2. Pantai Batu Bolong

    Objek wisata alam ini terletak di Canggu Kuta Utara Badung. Barisan pasir hitam di pantai ini tak mengalahkan panorama matahari tenggelam yang begitu menawan. Terlalu indah untuk dilewatkan.

  3. Pantai Nyang-Nyang

    Sering disebut-sebut sebagai surga tersembunyi. Pantai Nyang-nyang menawan dengan pantainya yang putih, bersih dan panjang.

  4. Pantai Suluban

    Pesona air laut berwarna biru jernih memang menjadi sajian utama pantai Suluban Uluwatu. Sejauh apapun anda memandang, yang nampak hanyalah keindahan.

  5. Pura Peti Tenget

    Berdiri dengan megah dan eksotis, Pura Petitenget seakan membius wisatawan dengan auranya. Pura yang terletak di Seminyak ini adalah tempat sembahyang bagi pemeluk agama Hindu setempat.

  6. Pura Pucak Tedung

    Pura dengan cerita bersejarah ini berlokasi di Kabupaten Badung. Pura ini berdiri di ketinggian 730 meter dari permukaan laut. Tempat ini juga menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia timur paling hits.

  7. Kaldera Gunung Batur

    Menjadi salah satu gunung berapi aktif di Bali, Kaldera gunung Batur bahkan mampu masuk dan diperhitungkan dalam Global Geopark Network UNESCO.

  8. Bukit Demulih

    Bukit yang terletak di kabupaten Bangli Bali ini merupakan bukit cantik dengan air terjun dan goa di bawahnya.

  9. Air Terjun Juwuk Manis

    Destinasi wisata Indonesia timur alam yang satu ini memang sudah menjadi primadona sejak beberapa saat yang lalu. Dikelilingi pepohonan seperti kopi, durian, cengkeh dan pisang, air terjun ini semakin menampakkan keasriannya.

  10. Pantai Labuan Amuk

    Pantai ini adalah keindahan yang tersembunyi di Bali bagian Timur. Pemandangan bawah lautnya benar-benar sempurna tanpa kerusakan sedikitpun.

  11. Air Panas Penelokan

    Pemandian ini hampir setiap hari ramai dikunjungi oleh wisatawan. Terletak di Bangli Bali, pemandian air panas ini cocok bagi anda yang ingin relaksasi.

  12. Air Terjun Tukad Cepung

    Air terjun yang satu ini benar-benar unik. Terletak di dalam sebuah goa, pemandangannya sangat indah dan membius mata.

  13. Bukit Jambul

    Bukit ini merupakan bukit peristirahatan setelah menuju ke Pura Besakih. Lokasinya sangat mudah ditemukan dengan pemandangan indah yang akan menghilangkan lelah selama perjalanan.

 

Bali 3 Nusa

3 Nusa,
Even though Nusa Penida is still part of Bali province, but it seems like Nusa Penida has its own tourist destinations. Many people are visiting Bali, but it does not mean that they will visit Nusa Penida too. If you are planning on visiting Bali, don’t forget to come to Nusa Penida too and enjoy its astonishing natural beauty. You will never regret for your decision to come here again and again.

 

Destinasi Wisata Paling Hits di Nusa Penida

Meskipun masih menjadi bagian dari provinsi Bali, Nusa Penida seolah memiliki destinasi wisata terpisah. Banyak yang berkunjung ke Bali, namun belum tentu datang ke Nusa Penida. Bagi anda yang berencana liburan ke Bali, cobalah untuk menengok indahnya panorama alam di Nusa Penida. Dijamin tidak akan menyesal. Berikut ini beberapa contoh tujuan wisata Indonesia Timur di Nusa Penida

  1. Pantai Broken

    Pantai ini memiliki nama lain yaitu Pasi Uug. Pantai unik dengan cekungan seperti danau ini mulai tenar di kalangan wisatawan.

  2. Angel Billabong

    Keindahan Angel billabong memang sudah bisa diungkapkan dengan kata-kata. Pantai yang satu ini hampir tidak pernah sepi dari pengunjung dan selalu menjadi hits.

  3. Pohon Cinta

    Destinasi wisata Indonesia Timur unik ini terletak di sekitar pantai Klingking Nusa Penida.

  4. Ayunan Klingking

    Wahana ayunan di pantai Klingking ini memang menjadi tujuan banyak wisatawan.

  5. Pantai Klingking

    Pantai unggulan di Nusa Penida ini memang sangat menakjubkan dengan segala keindahannya.

  6. Tebing Paluang

    Tebing tinggi di ujung laut ini menjadi tempat terhits untuk spot foto. Pemandangannya sangat menakjubkan.

  7. Teluk Crystal

    Teluk ini disebut dengan teluk crystal karena airnya yang sangat jernih dengan ikan yang nampak jelas berenang kesana kemari.

  8. Pantai Atuh

    Destinasi wisata Indonesia Timur ini memiliki pasir bersih dan bebatuan di lepas pantainya.

  9. Pantai Suwehan

    Pantai dengan batu berbentuk tokoh pewayangan ini memang sedang hits belakangan ini.

  10. Bukit Teletubbies Nusa Penida

    Gundukan bukit nan hijau dan segar yang menyejukkan mata memandang bisa anda nikmati di Bukit Teletubbies ini.

  11. Air Terjun Segaring

    Air terjun dengan ratus undak bak mahakarya seni tingkat tinggi, anda tidak akan menyesal meskipun harus lelah berjalan.

  12. Pantai Tembeling

    Destinasi wisata bagian Indonesia Timur ini adalah salah satu pantai tersembunyi yang berlokasi di bawah bukit dengan pemandangan laut luar biasa.

  13. Tebing Banah

    Di sini, anda akan menemukan sebuah tebing berlubang di tengah laut. Tebing ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto andalan saat berkunjung ke Nusa Penida.

The Gili Islands,
Lombok is the second most popular tourist destination in East Indonesia. It is not only popular for native, but it is also popular for tourist from abroad. Lombok has a beautiful natural scenery that could compete with Bali. There are plentiful tourist’s destinations in Lombok such as Seger beach, Gili Meno, Narmada park, Pink beach, Batu Santek waterfall and et cetera.

 

 

Gili trawangan Lombok

Destinasi Wisata di Lombok & Gili's

Lombok merupakan destinasi wisata Indonesia timur kedua yang memiliki nama cukup tenar di mata dunia. Keindahan alamnya juga tak mau kalah oleh pulau Bali. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata terhits dari Lombok. Diantaranya adalah:

  1. Pantai Seger

    Terletak di kabupaten Lombok Tengah, Pantai Seger memiliki pasir putih, lanskap bebatuan yang tenang serta beberapa upacara adat dan festival tahunan.

  2. Gili Meno

    Jika Anda sudah bosan dengan wisata Gili Trawangan, mungkin kini saatnya mencoba Gili Meno. Gili Meno menjadi salah satu dari banyak gili atau pulau kecil di Lombok dengan wisata bahari menakjubkan.

  3. Taman Narmada

    Berlokasi di Kecamatan Narmada Lombok Barat, destinasi wisata Indonesia timur ini didesain unik dengan berundak-undak dan sebuah kolam mungil di tengahnya. Pas sekali untuk Anda yang hobi fotografi.

  4. Pantai Pink

    Nama aslinya adalah pantai Tangsi. Namun karena pasirnya berwarna merah muda, pantai ini lalu menjadi hits dengan nama Pantai Pink.

  5. Air Terjun Batu Santek

    Berlokasi di Desa Pakuan Lombok Barat, air terjun ini masih sangat asri dan alami. Destinasi wisata Indonesia timur ini sedang ramai dikunjungi wisatawan.

  6. Air Terjun Sendang Gile

    Air terjun Sendang Gile terletak di desa Senaru Lombok Utara dan masih berlokasi di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

  7. Pantai Nipah

    Destinasi yang satu ini akan menjadi cerita lain dari keindahan Lombok. Tidak jauh dari pantai Senggigi, keasrian pantai ini mengundang decak kagum.

  8. Pantai Aan

    Pantai dengan pasir putih yang selalu tampil cantik ini mulai ramai dikunjungi wisatawan. Di sini, anda bisa beristirahat dengan tenang sambil menikmati keindahannya.

  9. Pura Suranadi

    Pura yang terletak di Lombok ini mengandung banyak filosofi, nilai spiritual serta membawa ketenangan karena berlokasi di tengah lingkungan desa.

  10. Pura Lingsar

    Destinasi wisata Indonesia timur ini terletak di Lombok Barat dan menjadi tempat ibadah dan perpaduan dua agama.

  11. Gili Nanggu

    Pulau ini adalah gugusan pulau kecil yang dihuni ikan, terumbu karang dan keindahan.

  12. Gili Sundak

    Terletak di Lombok Barat bagian selatan, Gili Sundak adalah tempat wisata yang masih perawan. Banyak turis yang mulai mengincar lokasi ini karena keindahan panoramanya.

  13. Gili Tangkong

    Tidak jauh berbeda dengan gili lainnya, Gili Tangkong pun memiliki keindahan yang tiada banding. Pasir putih nan halus, ombak tenang, udara bersih dan lain sebagainya.

 

Komodo Island

Komodo Island,
Flores Island is located in Nusa Tenggara Province. There are eight regency in Flores. Each of the regency has tourist destination that are worth to visit. Some of the tourist destinations are including Watu Pajung beach is a white sandy beach with several coral reefs around it. Rana Tonjong lake is a lake which is filled with lotus. The view here is so stunning and unforgettable. Canca Rende waterfall is the higest waterfall in Flores. The view here is amazing and stunning.

 

Destinasi Objek Wisata Pulau Flores

Pulau Flores terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Secara administratif, terdapat 8 kabupaten di pulau ini. Setiap kabupaten memiliki destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Berikut ini daftar destinasi wisata Indonesia Timur bagian Pulau Flores.

  1. Pantai Watu Pajung

    Pantai Watu Pajung adalah pantai berpasir putih dengan beberapa batu karang yang berdiri tegak dan anggun di pesisir timur laut Manggarai Timur.

  2. Danau Rana Tonjong

    Lokasinya berada di Pota, Sambirampas, Manggarai Timur. Tonjong berarti lotus atau bunga teratai. Danau ini dinobatkan sebagai danau terbesar urutan kedua dengan dipenuhi teratai setelah salah satu danau di India. Salah satu destinasi wisata Indonesia timur ini memiliki keindahan luar biasa.

  3. Danau Ranamese

    Tempat wisata ini adalah sebuah danau yang dijadikan habitat burung Belibis yang sangat khas dan unik.

  4. Air Terjun Cunca Rede

    Destinasi wisata Indonesia Timur ini merupakan bagian dari konservasi taman wisata Ruteng dan menjadi air terjun tertinggi di Flores.

  5. Air Terjun Radi Ntangis

    Memiliki ketinggian mencapai 50 meter dan bertingkat-tingkat, air terjun ini cukup eksotis dan mempunyai keindahan tersendiri.

  6. Taman Laut Nasional 17 Pulau Riung

    Taman laut 17 Pulau Riung merupakan gugusan pulau kecil dan besar yang memanjang dan membentuk kumpulan yang menakjubkan.

  7. Danau Wawomudha

    Keunikan destinasi wisata Indonesia Timur ini adalah memiliki tiga kawah yang dibentuk dari letusan Gunung Api Inelika.

  8. Ekowisata Lekolodo

    Ekowisata ini merupakan kawasan wisata yang ditujukan untuk wisata ekosistem alam sekitar.

  9. Pulau Kanawa

    Pulau yang terletak di 10 km dari Labuan Bajo ini, merupakan habitat terumbu karnag, bintang laut, coral, kura-kura dan school of fish yang pernah ada.

  10. Pantai Painghaka

    Pantai dengan panjang kurang lebih 1 km ini memiliki pasir putih bersih dan hamparan pohon kelapa di sisinya.

  11. Air Terjun Cunca Wulang

    Destinasi wisata Indonesia timur ini adalah air terjun dengan bebatuan yang menjulang tinggi. Airnya biru segar seperti lautan.

  12. Air Terjun Wek

    Air terjun ini terletak di desa Ulu Wae. Air terjun Wek mulai banyak dikunjungi karena keindahannya.

  13. Bukit Wolobobo

    Di atas bukit ini, anda bisa melihat siluet gunung Inerie yang tertutup awan dan kabut seolah berada di negeri atas awan.

Sulawesi Island,

Sulawesi Island is one of the biggest Islands in Indonesia. It also has a various landscape such as mountains, beaches, plateau, and many more. Even though tourist destinations here are not as popular as other tourist destinations of East Indonesia, but tourist destinations here are decently attractive such as Talise beach, Matano beach, Rumbia hills and many more.

 

Wakatobi Sulawesi

Destinasi Wisata di Sulawesi

Merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia, Sulawesi juga dianugerahi bentang alam yang cukup beragam. Gunung, pantai, dataran tinggi, dataran rendah dan jenis kontur tanah lainnya bisa ditemui di pulau ini.

Meskipun tidak terlalu banyak dikenal di dunia, destinasi wisata Indonesia timur khususnya di Sulawesi juga cukup menarik. Beberapa diantaranya bahkan tidak kalah cantik dari Bali dan Lombok. Berikut ini diantaranya :

  1. Pantai Talise

    Pantai eksotis berwarna jingga di sore hari ini terletak di desa Besusu Bar Palu Timur. Keindahannya semakin mempesona ketika anda mengunjunginya saat matahari hampir tenggelam.

  2. Taman Laut Takabonerate

    Destinasi wisata Indonesia Timur ini merupakan taman laut yang memiliki kawasan atol terbesar dan sebaran terumbu karang terluas hingga mencapai 500 km2.

  3. Danau Matano

    Danau jenis tektonik di Sulawesi Selatan ini menjadi danau terdalam di Asia Tenggara. Kedalamannya ialah mencapai 590 meter.

  4. Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

    Destinasi wisata Indonesia timur ini adalah taman nasional dengan spesies monyet dan kupu-kupu paling melimpah.

  5. Taman Batu Karst Ballocci

    Taman ini adalah taman batu karst yang nampak sangat artistik dan unik. Batu karstnya yang tajam nampak terlihat hidup memenuhi satu kawasan.

  6. Goa Alam Leang Pa'niki

    Destinasi wisata yang satu ini adalah goa dengan sebuah air terjun yang sangat menawan.

  7. Pantai Kaluku

    Pantai ini memiliki spot foto terbaik yang mampu menampilkan panorama pantai, laut dan langit dalam bentuk yang unik.

  8. Danau Tempe

    Destinasi wisata Indonesia Timur yang unik ini adalah danau kedua terbesar di Sulawesi yang terbentuk dari proses geologis.

  9. Goa Weta

    Goa Weta merupakan goa saksi yang dijadikan tempat persembunyian warga sekitar dari kekejaman penjajah belanda.

  10. Air Terjun Ampadoap

    Air terjun yang satu ini memiliki keunikan yaitu ada dua air terjun yang berada saling berhadapan dengan posisi rendah. Airnya mengalir menuju satu titik di tengah-tengah.

  11. Pantai Nambo

    Destinasi wisata Indonesia timur  ini merupakan pantai favorit dengan hamparan pasir putih yang bersih.

  12. Pantai Karampuang

    Anda bisa menikmati air laut dangkal bersih dan jernih dari geladak kayu di pantai yang berlokasi di kabupaten Mamuju Sulawesi Barat ini. Panoramanya sangat indah dan tak kalah dari pantai Bali.

  13. Bukit Rumbia

    Berlokasi di desa Rumbia Jeneponto Bantaeng, bukit Rumbia akan membawa anda melayang di atas air terjun setinggi hampir 40 meter.

 

Ambon

Ambon,
Ambon is one of tourist destinations of East Indonesia that got a full potential. Marine tourism and cultural attraction become the most well-known tourist destinations here. Some of the tourist’s destinations such as Namalatu beach, Santai beach, Batu Layar, Nusa Pombo, Pasir Panjang beach, Ora beach, Lelisa beach and many more.

  • Transportation
  • Tourist attraction

 

Destinasi Wisata Paling Top di Ambon

Ambon adalah salah satu destinasi wisata Indonesia timur yang cukup potensial. Wisata bahari dan wisata budaya mendominasi kota yang terletak di provinsi Maluku ini. Berikut ini adalah ringkasannya :

  1. Pantai Namalatu

    Pantai dengan jajaran batu karang berwarna coklat ini terletak di desa Batulahat.

  2. Pantai Santai

    Pantai yang benar-benar tepat untuk bersantai dengan pasir putih, ombak tenang dan suasana damai.

  3. Tanjung Nusaniwe

    Destinasi wisata Indonesia timur ini merupakan tempat yang paling tepat untuk menikmati matahari tenggelam yang bulat sempurna.

  4. Pantai dan Goa Bawah Laut Desa Hukurila

    Disini, anda dapat menikmati sebuah pantai dengan kekayaan alam goa bawah laut dan berbagai terumbu karang serta ikan.

  5. Batu Layar

    Ini adalah sebuah desa yang memiliki keunikan tersendiri yaitu banyak batu berbentuk layar berukuran besar.

  6. Nusa Pombo

    Destinasi wisata Indonesia Timur Nusa Pombo adalah pulau cantik yang menawan dengan pantai berpasir putih, pepohonan berjajar rapi dan air laut yang tenang.

  7. Pantai Pasir Panjang

    Pantai ini adalah pantai dengan garis pantai yang panjang dan lurus. Pasirnya putih bersih, pepohonan di tepi pantai berbaris rapi dan menyenangkan untuk dilihat.

  8. Pemandian Air Panas Hatuasa

    Air di tempat ini memiliki suhu sekitar 50 hingga 70 derajat celcius. Lokasinya ada di Tulehu Ambon.

  9. Kolam Pemandian Wailatu

    Destinasi wisata Indonesia timur ini adalah kolam pemandian yang di dalamnya ada belut raksasa. Pemandian ini berlokasi di kecamatan Salahutu Maluku Tengah.

  10. Ora Beach

    Ora beach terletak di pulau Seram Maluku Tengah. Disini, anda akan menikmati pemandangan air laut yang sangat jernih. Saking jernihnya, perahu-perahu nampak seolah melayang di atas laut.

  11. Pantai Sopapei

    Pantai ini adalah pantai yang sangat tepat jika anda ingin menikmati air laut surut panjang.

  12. Pantai Lelisa

    Pantai lelisa adalah pantai yang keindahannya tak kalah dengan pantai populer lainnya. Pasirnya putih dengan laut biru mempesona.

  13. Pemandian Air Panas Negeri Tulehu

    Destinasi wisata Indonesia Timur ini merupakan pemandian air panas yang dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Raja Ampat Islands,

Papua is the largest island in Indonesia. This province has the highest mountain in Indonesia which is called Puncak Jaya Wijaya where there is laid an eternal snow. Furthermore, this island got a numerous natural beauty. Here are some of tourist destinations that are worth to visit such as Tigi lake, Habema lake, Bosnik beach, Raja Ampat Island and many more.

 

 

Pianemo Raja ampat

 

 

Daftar Tempat Wisata Ngehits di Papua

Papua merupakan provinsi paling luas yang ada di Indonesia. Provinsi ini memiliki gunung tertinggi di Indonesia dengan puncak yang selalu tertutup es bernama puncak Jaya Wijaya. Meskipun belum optimal dalam pengelolaan destinasi wisata, tidak bisa dipungkiri kekayaan alam Papua yang begitu melimpah. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata Indonesia timur yang cukup hits di Papua.

  1. Danau Tigi

    Danau Tigi adalah salah satu danau yang terletak di dataran tinggi sehingga menjadikan suhu di lokasi ini menjadi sangat dingin.

  2. Danau Habema

    Danau Habema berada pada ketinggian 3224 mdpl dan merupakan danau tertinggi di Indonesia. Di destinasi wisata Indonesia Timur ini, anda bisa menemukan berbagai spesies burung lokal di sekitar danau yang hampir selalu ditutupi kabut.

  3. Pantai Bosnik

    Wisata pantai ini berada di Biak Timur, tepatnya di Desa Woniki. Area pantainya masih sangat bersih dengan garis pantai berwarna hijau kebiruan.

  4. Kepulauan Raja Ampat

    Terdapat 4 pulau kecil yang letaknya saling berdekatan. Pulau-pulau karang ini tersusun begitu rapi seperti membentuk sebuah lukisan.

  5. Gua Lokale

    Goa Lokale adalah gua misterius yang belum ditemukan ujungnya. Namun, destinasi wisata Indonesia Timur ini sungguh penuh pesona dan terletak di Kabupaten Jayawijaya Papua.

  6. Lembah Baliem

    Lembah yang terletak di ketinggian 1600 mdpl ini memiliki pemandangan sekeliling yang indah yaitu pegunungan.

  7. Taman Nasional Lorentz

    Destinasi wisata Indonesia timur  ini adalah taman nasional terbesar di Asia Tenggara dengan tumbuhan dan hewan asli yang masih belum banyak diklasifikasikan.

  8. Danau Paniai

    Danau yang terletak di kabupaten Panial ini mempunyai panorama alam yang alami dan diobatkan sebagai danau terindah di dunia. Danau Painiai terawat dengan sangat baik meskipun banyak penduduk yang tinggal di sekitarnya.

  9. Taman Nasional Wasur

    Taman Wasur merupakan destinasi wisata Indonesia timur berupa kawasan sabana basah terbesar di Papua.

  10. Air Terjun Biweha

    Air terjun setinggi 40 meter ini juga akan memanjakan anda dengan pemandangan pepohonan besar berusia puluhan tahun.

Kalimantan-Dayak

Kalimantan,
Kalimantan is a tourist destination with a lot of potential. Some of the tourist destinations are including danau Sentarum National Park located in the danau sentarum lake. Here you could watch plentiful unique and distinctive flora and fauna. Melanggar waterfall is a waterfall that has a unique and interesting formation. Pasir Panjang beach is a beach that is located in Singkawang. It is white sandy beach with quiet waves

  • Transportation
  • Tourist attraction

 

Destinasi Wisata Menarik di Kalimantan

Destinasi wisata Indonesia timur di pulau Kalimantan termasuk salah satu yang belum banyak dikelola. Meski demikian, banyak juga wisatawan yang sudah mengeksplorasi tempat ini. Berikut adalah beberapa yang terhits belakangan ini, yaitu :

1. Taman Nasional Tanjung Puting

Lokasinya berada di Teluk Pulai, Kumai, West Kotawaringin Regency yang adalah sebuah taman nasional yang terletak di semenanjung barat daya provinsi Kalimantan Tengah. Taman nasional yang satu ini cukup populer sebagai lokasi konservasi orang utan primata endemik. Salah satu camp di taman nasional ini adalah Camp Leakey.

2. Taman Nasional Danau Sentarum

Lokasinya berada di sekitar Danau Sentarum. Taman nasional ini memiliki flora dan fauna yang unik.

3. Taman Nasional Gunung Palung

Destinasi wisata Indonesia Timur ini merupakan area taman nasional dengan luas mencapai 100 ribu hektar dan ribuan flora dan fauna.

4. Air terjun Melanggar

Asal air terjun Melanggar adalah patahan dari sungai Landak yang membentuk sebuah air terjun. Bentuknya sangat unik dan menarik.

5. Air Terjun Banangar

Air terjun ini merupakan air terjun terbesar di kabupaten Landak dengan tinggi mencapai 60 meter.

6. Gua Sanjan

Berlokasi di sekitar air terjun Mananggar, gua Sanjan memiliki beberapa air terjun kecil yang mengalir dari aliran sungai kecil di atasnya.

7. Pantai Pasir Panjang

Destinasi wisata Indonesia timur ini terletak di kota Singkawang dan memiliki sebuah pantai panjang dengan pasir putih dan ombak yang tenang.

8. Danau Labuan Cermin

Danau ini berlokasi di kecamatan Biduk-biduk Berau Kalimantan Timur. Air danaunya sangat jernih sehingga anda bahkan bisa melihat ke dasar danau. Itulah mengapa penduduk setempat menyebutnya dengan istilah danau cermin.

9. Pulau Kakaban

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Maldives, anda bisa menikmati panorama yang tak kalah cantiknya di Kalimantan Timur. Terdapat pondok-pondok kayu berdiri kokoh di tepi pantai yang berair dangkal dan berwarna biru muda. Lokasinya berada

10. Danau Malawen

Tempat ini merupakan danau terindah di Kabupaten Barito Selatan karena di sekelilingnya penuh ditumbuhi tanaman anggrek.

11. Danau Sanggu

Destinasi wisata Indonesia timur ini merupakan danau yang terkenal akan wisata air hitam dan tanaman anggrek

12. Danau Seran

Danau ini adalah danau yang sebelumnya merupakan daerah bekas tambang. Daerah ini disulap menjadi cantik dan menarik.

Conclusion

Itulah 99 destinasi wisata Indonesia Timur yang mungkin belum pernah anda kunjungi namun sudah menjadi hits di mata wisatawan. Jika anda berkesempatan untuk mendatangi salah satu tempat di atas, pastikan tidak lupa untuk mengabadikan keindahannya.

Pada kesimpulannya, di manapun kita berpijak di Bumi Nusantara, selalu ada keindahan dari panorama alam sekitar. Hal ini patut kita syukuri dan wajib untuk dijaga kelestariannya dari kerusakan.

We love what we do, need inspiration..? Check out what our clients are saying