Cara Aman Melihat Ikan Mola-Mola di Nusa Penida

Melihat Ikan Mola-Mola

Kali ini Gotravela Indonesia bakal berbagai tips ke Sobat Travela tentang cara aman melihat ikan mola-mola di Nusa Penida. Ya, Sobat Travela pasti sudah tak asing lagi bukan dengan Nusa Penida. Pulau yang berada di tenggara Pulau utama Bali itu merupakan surga wisata bahari. Dikenal memiliki banyak kekayaan biota laut, Nusa Penida tak ayal menjadi favorit bagi para penyuka wisata sekaligus olahraga bawah air. Satu pemandangan bawah laut Nusa Penida yang menarik dilihat adalah ikan Mola-mola.

Mola-mola ikan aneh

Namun, sebelum jauh membahas soal cara aman melihat ikan mola-mola di Nusa Penida, yuks kenalan dulu dengan ikan ini. Merujuk pada situs kkp.go.id, ikan mola-mola memiliki bentuk seperti batu dengan warna abu-abu. Badannya bulat dan teksturnya kasar. Ikan ini juga tak memiliki sirip ekor, sedang sirip di badannya tidak menyamping kanan dan kiri, tetapi ke atas (punggung) dan ke bawah (dari perut).

Akibat bentuk tubuhnya yang bulat dan tambun itu, ikan mola-mola lambat berenang dan sulit melawan arus. Wal hasil, ikan mola-mola termasuk ikan yang ‘pasrah’ ke mana arus air akan membawanya. Lucunya lagi, ikan mola-mola juga alergi dingin. Untuk menjaga tubuhnya tidak kedinginan, mola-mola akan naik ke permukaan laut yang tak terlalu dalam dan berjemur sembari tiduran. Gara-gara kebiasaan inilah, ikan mola-mola juga disebut sunfish atau ikan matahari.

Ikan Mola-mola di Nusa Penida

Beruntungnya Indonesia termasuk wilayah yang dihampiri penampakan ikan mola-mola, yaitu di Nusa Penida. Penampakan ikan mola-mola di Nusa Penida biasanya terjadi pada bulan Juli-September. Oleh karena sosoknya yang langka dan aneh, ikan mola-mola banyak menjadi perburuan penyelam dan fotografer. Agar ikan purba yang masih eksis itu tetap bisa berenang bebas dan wisatawan di Nusa Penida juga menikmati langsung keunikannya, berikut adalah cara aman melihat ikan mola-mola di Nusa Penida sebagaimana dijelaskan Ketua UPTD KKP Bali, Nengah Bagus Sugiarta seperti dikutip dari travel.kompas (11/8/2022).

Cara aman melihat ikan mola-mola di Nusa Penida

Pertama, jarak melihat ikan mola-mola dengan Sobat Travela saat menyelam di perairan dangkal setidaknya 5 meter. Kedua, Sobat Travela tak diperkenankan menyentuh ikan mola-mola. Ketiga, Sobat Travela tidak boleh menghalangi arah renang ikan mola-mola. Lalu, berikutnya tidak diperbolehkan memotret dengan sinar. Larangan berikutnya adalah tidak boleh mengganggu proses ikan mola-mola saat membersihkan diri, tidak boleh berenang di bawah ikan mola-mola dan harus berenang perlahaan jika berada di dekat ikan tersebut.

Nah, demikian beberapa cara aman melihat ikan mola-mola di Nusa Penida ya Sobat Travela. Buat Sobat Travela yang ingin wisata ke Nusa Penida dan melihat ikan mola-mola, tentu bisa langsung menghubungi Gotravela Indonesia ya. (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.