BaliNusa lembonganNusa Penida

Bali 3 Nusa Keindahan Alam Nusa Penida, Ceningan dan Lembongan

Bali 3 Nusa

Bali 3 Nusa

“Bali 3 Nusa Keindahan Alam Nusa Penida, Ceningan dan Lembongan”

Nusa Penida adalah pulau yang masih tersembunyi dan perawan. Pulau ini lebih besar dari Nusa Lembongan yang sudah lebih awal dikenal. Infrastruktur di penida masih dalam tahap berkembangkan.

Nusa Penida yang hampir 75% nya di kelilingi benteng tebing pantai nan indah tentunya menjadi tak akan bisa dilewati untuk dikunjungi sebagai tujuan beach dan snorkeling anda. Selfie dan post di instagram akan keindahan tebing tinggi pesisir pantai bak benteng utara film game of throne yang luar biasa dan belum tersentuh modernisasi.

bali 3 nusa
The Blue Lagoon Cliff Jump in Nusa Ceningan

Bali 3 Nusa adalah 3 buah pulau kecil di sebelah tenggara pulau Bali Indonesia (baca: tentang bali) yang mana merupakan kabupaten Klungkung salah satu dari 8 kabupaten yang ada di provinsi bali.

Bali 3 Nusa yang mencakup pulau kecil nusa penida, nusa ceningan dan nusa lembongan ini terpisah oleh Selat Badung dengan mother of island atau pulau besar Bali.

Struktur tanah di 3 nusa kecil ini berbukit dengan ketinggian maksimum 524 meter, tanah kapur dan karang serta lebih kering dari pulau terdekatnya yaitu Bali (anda bisa baca juga tentang bali).

Pustaka halaman ini!!

 

Topografi Bali 3 Nusa

Secara umum kondisi Topografi Bali 3 Nusa tergolong landai sampai berbukit. Desa – desa pesisir di sepanjang pantai bagian utara berupa lahan datar dengan kemiringan 0 – 3 % dari ketinggian lahan 0 – 268 m dpl. Semangkin ke selatan kemiringan lerengnya semangkin bergelombang.

topologi bali 3 nusaDemikian juga pulau lembongan bagian utara merupakan lahan datar dengan kemiringan 0- 3% dan dibagian Selatan kemiringannya 3-8 %. Sedangkan Pulau Ceningan mempunyai kemiringan lereng bervariasi antara 8-15% dan 15-30% dengan kondisi tanah bergelombang dan berbukit.

Infrastruktur wisata dan pengembangan akses ke lokasi destinasi wisata sudah mulai tumbuh di bali 3 nusa ini. Keramahan local akan anda temui di setiap sudut bali 3 nusa ini, memiliki populasi 46,749 Jiwa (8.543 KK) pada sensus 2010, meliputi 202,8 km2 sudah mulai banyak perubahan sejak 10 tahun belakangan ini.

Secara administratif, kecamatan di kabupaten klungkung ini terdiri dari 4 kecamatan besar (Kecamatan Klungkung, Kecamatan Banjarangkan, Kecamatan Dawan dan Kecamatan Nusa Penida). Kecamatan Nusa Penida terdiri dari tiga kepulauan yaitu pulau Nusa Penida, Pulau Lembongan dan Pulau Ceningan, terdiri dari 16 Desa Dinas, Pulau Nusa Penida bisa ditempuh dari empat lokasi dermaga yaitu;

  • Lewat Benoa dengan menumpang Cruises Quicksilver/Bounty ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan,
  • Llewat Sanur dengan menumpang perahu atau fast boat dengan jarak tempuh kurang lebih 40 menit.
  • Lewat Kusamba dengan menumpang Jukung jerak tempuh +1,5 jam perjalanan
  • lewat Padangbai dengan menumpang Kapal Boat yang jarak tempuh + 1 jam perjalanan

 

Mata pencaharian penduduk lokal 3 nusa

Mata pencaharian penduduk adalah pertanian dan sektor perikanan merupakan mata pencaharian utama oleh 6,68% tersebar pada desa-desa pesisir yaitu Suana, Batununggul, Kutampi Kaler, Ped dan Desa Toyapakeh.

Petani rumput laut

Di Pulau Lembongan 16,80% penduduk bergerak dibidang perikanan dan Ceningan 12,88% mengingat kondisi dan topografi daerah maka yang cocok dikembangkan adalah Sektor Pertanian dan Sektor Pariwisata.

Sobat traveler mari kita awali bali 3 nusa ini mulai dari;

 

Nusa Lembongan

Nusa Lembongan adalah sebuah pulau kecil terletak di tenggara pulau bali dan berdekatan dengan Nusa Ceningan dimana penghubung 2 pulau ini di jembatani oleh jembatan yang terkenal dengan sebutan “Jembatan Kuning” (yellow bridge).

Lokasi lembongan di kordinat 8 ° 40. 906′S 115 ° 27. 067′E bagian dari kelompok tiga pulau yang berada dalam distrik Nusa Penida dan merupakan bagian dari Kepulauan Nusa Tenggara.

Pulau lembongan yang memiliki panjang 4,6 km dan lebar 1-1,5 km ini berada kira-kira 11 km di sebelah barat laut nusa penida – bali 3 nusa. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, Indonesia.

bali 3 nusa lembongan

Geography Lembongan

Nusa lembongan dan pulau bali dipisahkan sepanjang 12 km oleh lautan selat bali. Dengan jumlah penduduk lokal sekitar 5000 jiwa lebih mendiami luas kawasan 8 kilometer persegi ini.

Nusa Lembongan ini dikelilingi oleh terumbu karang dan pantai berpasir putih serta tebing-tebing kapur dan karang yang menjulang tinggi. Nusa Lembongan dipisahkan dari Nusa Ceningan oleh kanal Muara dangkal yang sulit dilalui boat ketika laut surut. Jembatan gantung yellow bridge lah satu satunya yang menghubungkan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan yang menjadi jalur lalu lintas hanya bagi pejalan kaki dan sepeda motor saja.

Nusa Lembongan terbagi menjadi dua desa besar yakni “Desa Lembongan dan Desa Jungubatu”. Desa Lembongan membawahi 6 dusun dan 12 banjar adat, yang wilayahnya berada di dua pulau yakni sebagian besar Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Keenam dusun yang menyokong Desa Lembongan yaitu; Dusun Kawan, Kaja, Kelod, Kangin, Ceningan Kawan dan Ceningan Kangin (dua dusun terakhir terletak di Nusa Ceningan).

Ada tiga desa utama di lembongan ini. Sementara Jungut Batu dan Teluk jamur adalah pusat industri berbasis wisata dan kegiatan wisata. Sementara banyak penduduk lokal tinggal di Desa Lembongan yang berada di tengah pulau.

 

Transportasi di Lembongan

Transportasi di pulau ini tidak terlalu memadahi. Mulai dari unit mobil dan van yang sangat sedikit dan tidak ada nya kendaraan besar seperti bus atau lainnya. Selain lebar jalan yang kecil dan kondisi jalan yang yang 30% tanah dan bebatuan di nusa lembongan ini untuk sumber utama transportasi adalah dengan sepeda motor/skuter dan trail maka dari itu unit sepeda motor matic banyak yang disewakan dan jasa penyewaan motor disini.

Ada beberapa sarana transportasi yang dapat sobat travela temui di nusa lembongan ini, mulai dari; Sarafi car sarani transportasi ini sangat famous di kalangan wisata di pulau ini layaknya mobil cab terbuka. Ada juga buggy car tapi jenis ini sangat mahal untuk di hire atau rental. Biaya rental buggy car bisa mencapai Rp. 800.000 – 1jt per harinya, banyak juga akomodasi hotel/villa menyiapkan jenis buggy ini untuk operasional mereka.

Transportasi di lembongan
Safari car & Buggy car lembongan

Transportasi dari dan ke Nusa Lembongan dengan Pulau Bali ditempuh melalui jalur laut yakni; dari dan ke Bali timur melalui jalur Pelabuhan Tri Buwana – Bias Munjul Ceningan kangin, dari dan ke Bali Barat melalui jalur Pelabuhan Sanur Denpasar – Pelabuhan Tanjung Sanghyang Lembongan.

Lama perjalanan dari pelabuhan sanur menuju Tanjung Sanghyang Lembongan sekitar 1 – 1,5 jam menggunakan jukung (jangolan) dan sekitar 30 menit dan jika menggunakan speed boat seperti Dcamel atau Tanis.

 

Ekonomi Lokal

Mata pencaharian utama masyarakat lembongan adalah sebagai petani rumput laut sebagian lagi bekerja di sektor pariwisata dan sektor penunjang pariwisata. Tapi semenjak pariwisata berkembang pesat di lembongan produksi rumput laut berkurang draktis. Banyak petani rumput laut yang beralih profesi menjadi nelayan penunjang pariwisata seperti mangrove tour yang mengantar wisatawan menyusuri hutan bakau.

Faktor utama berkurang produksi rumput laut dikarenakan tercemarnya rumput laut oleh tetesan bahan bakar dan oil kapal/fast boat yang hilir-mudik datang dan pergi ataupun yang aktivitas wisata.

Konservasi laut dianggap sangat penting untuk mempertahankan tingkat masa depan pariwisata di pulau lembongan dan pada bulan Februari 2009. LSM lokal dari Nusa Lembongan dan difasilitasi oleh The Nature Conservancy Coral Triangle Center membuka pusat pemperdaya masyarakat disini.

Perairan sekitar Nusa Lembongan dan Nusa Penida memiliki setidaknya 247 spesies karang dan 562 spesies ikan karang. Maka banyak inisiatif konservasi lainnya bergerak termasuk program pelestarian Kura-kura Ridley Zaitun di Sunset beach yang berada di pesisir barat daya lembongan.

 

Destinasi Wisata di Nusa Lembongan

Luas nusa lembongan (salah satu dari bali 3 nusa) ini sekitar 8km² dan merupakan satu dari 2 pulau tetangga, yang lainnya adalah Nusa Penida yang lebih besar dan Nusa kecil Ceningan kecil (tercakup dalam artikel ini).

Banyaknya destinasi wisata di sekitar pulau ini dan menjadi spot bagus untuk menyelam dan snorkeling. Dengan berlimpahnya kekayaan biota kehidupan laut dan terumbu karang yang hidup terjaga secara alami. Ombak pantai yang sangat cocok bagi surfing dan beberapa garis pantai berpasir putih yang masih tak terjamah membuat nusa lembongan menjadi destinasi yang tidak boleh anda lewatkan juga.

Desa Lembongan banyak mempunyai tempat-tempat menarik untuk dikunjungi wisatawan seperti pantai berpasir putih yang sangat menarik, goa alam dan buatan yang unik, tebing laut yang menantang, rawa-rawa bakau yang penuh misteri yang menarik minat pengunjung untuk datang dan banyak lagi yang menarik di Desa Lembongan.

Pantai-pantai yang menarik dan terkenal di Desa Lembongan antara lain; Pantai Tanjung Sanghyang, Dream Beach, Selagimpak, Selambung, Sunset Beach, Pemalikan, Lebaoh (pantai pusat rumput laut) dll. Tempat-tempat lain yang ramai dikunjungi wisatawan antara lain; Rumah Bawah Tanah (Underground House) Gala-gala, Goa Sarang Walet Batu Melawang, Art Shop Center Buanyaran, Rawa-rawa Pegadungan, Tempat Romantis Kolong Pandan Sunset Park dll.

 

Yuk dapatkan penawaran lembongan terbaik kami

 

 

Nusa penida

nusa penida map by gotravela

Kondisi Geografis Nusa Penida

Perbukitan dan kapur karang merupakan kondisi tanah di pulau ini, salah satunya gunung bukit tertinggi bernama Gunung Mundi yang terletak di Kecamatan Nusa Penida. Sumber air adalah “mata air” dan sungai hanya terdapat di wilayah daratan Kabupaten Klungkung yang mengalir sepanjang tahun.

Sedangkan di Kecamatan Nusa Penida sama sekali tidak ada sungai. Sumber air di Kecamatan Nusa Penida adalah “mata air” dan “air hujan” yang ditampung dalam cubang oleh penduduk setempat. Kabupaten Klungkung termasuk beriklim tropis. Bulan-bulan basah dan bulan-bulan kering antara Kecamatan Nusa Penida dan Kabupaten Klungkung daratan sangat berbeda.

 

Pelabuhan Nusa Penida

Nusa penida sekurangnya yang diketahui ada 4 dermaga/pelabuhan berbeda-beda untuk setiap perusahaan kapal cepat atau fast boat dari sanur menuju nusa penida berlabu di dermaga yang berbeda-beda. 4 pelabuhan di nusa penida tersebut:

Pelabuhan Toya Pakeh (Crown Fast Boat Cruises)
Dermaga Seblanga br. Nyuh (Maruti Express Boat)
Dermaga Br. Nyuh (Prasi Sentana/Angle billabong, Dwi Manunggal)
Dermaga Sampalan & Mentigi (Mola-mola, Idola dan Caspla fast boat)

 

Destinasi Wisata Nusa Penida

Pusat destinasi wisata di pulau nusa penida ini berada di Nusa Penida bagian barat seperti Klingking beach dan Broken beach yang terkenal itu. Demikian di bawah ini saya jabarkan destinasi wisata yang ada di Nusa penida.

Half day Tour Nusa Penida
Klingking Beach Nusa Penida
Sebelah Selatan Pulau Nusa Penida
Sebelah Barat Pulau Nusa Penida
Sebelah Timur Pulau Nusa Penida

 

Bali 3 Nusa Keindahan Alam Nusa Penida, Ceningan dan Lembongan
Tinggalin Jejak