Bali

Pulau Serangan Bali | Surga Masa Depan Pariwisata Bali

Pulau serangan bali

Pulau Serangan Bali

Pulau serangan bali, surga masa depan pariwisata. 

Bali tentu saja memang sudah sangat terkenal dengan berbagai objek wisata yang di milikinya. Bahkan, Bali menjadi salah satu destinasi wisata menarik bagi para wisatawan asing dari berbagai negara.

Nah, salah satu objek wisata yang menarik perhatian di Bali ini adalah pulau serangan bali yang menyimpan begitu banyak pesona sehingga pantas untuk menjadi idola pariwisata masa depan.

Pulau serangan bali

Pulau Serangan yang kelak akan menjadi surga pariwisata masa depan merupakan salah satu pulau menarik di Bali yang perlu sobat travela coba.

Masterplan pulau ini akan berdiri beberapa hotel berbintang kelas mewah dan activitas standard international yang akan dibangun di luas wilayahnya 523 hektar, dengan lahan 48 hektar milik Desa Adat Serangan dan sisanya milik Manejemen Bali Turtle Island Development (BTID) kira-kira seluas 476 hektar.

Tidak perlu menunggu masa depan, saat inipun di serangan juga ada banyak sekali aktivitas asyik yang bisa anda lakukan baik bersama teman atau pun keluarga.

Pulau Serangan Bali

Selain itu, pulau ini juga menyimpan sejarah yang cukup kental sehingga sangat pas untuk menambah wawasan. Kalau berbicara objek foto-foto selfie pun, pulau ini juga merupakan spot sangat cocok terlebih disaat sunrise ataupun sunset. Tentunya pulau ini pas untuk moment lokasi pre-wedding atau foto keluarga.

Sampai di sini pasti penasaran kan dengan pulau Serangan Bali?.. Tentu saja demikian karena memang masih banyak informasi penting yang perlu Anda ketahui tentang pulau ini. Di dalamnya, banyak spot menarik yang bisa Anda kunjungi.

Nah, untuk beberapa pembahasan lebih lanjut tentang objek wisata di Pulau Serangan Bali, simak ulasannya berikut ini.

 

Apa Saja Yang Bisa Di Temukan Di Sana?

Pulau Serangan menjadi sangatlah terkenal tentu saja mengingat ada banyaknya hal menarik yang bisa di temui di sana. Bahkan, jika biasanya pulau terkenal dengan wisata laut, ternyata tempat ini menyimpan beberapa situs bersejarah. Lalu apa saja yang bisa di temukan di sana?, berikut pembahasannya.

1. Kampung Nelayan

Sejak zaman kerajaan-kerajaan masih berdiri di Indonesia, di wilayah serangan ini sudah ada banyak sekali nelayan. Bahkan, pekerjaan tersebut hampir menjadi mayoritas. Tentunya, hingga saat ini keturunan nelayan pun masih banyak yang melaut.

Kampung Nelayan pulau serangan

Oleh karena itu tidak heran jika ketika Anda berkunjung bisa menemukan yang namanya kampung nelayan.

2. Masjid Assyuhada

Mesjid Assyuhada

Kampung nelayan yang di maksud di atas merupakan kampung etnis Bugis yang berasal dari Makassar. Nah, kampung ini memiliki sebuah icon berupa masjid dengan nama Masjid Assyuhada. Bangunan masjid ini sudah di bangung sejak tahun 1700an Masehi atau abad ke-16 oleh penggagasnya Syeikh Haji Mu’min yang merupakan ulama terpandang dari ujung pandang.

Selain menurut cerita masyarakat setempat, pembangunan masjid tersebut merupakan hadiah Raja Badung atas sukses memenangkan perang melawan penjajahan bersama Syeikh Haji Mu’min. Nah, salah satu yang cukup menarik di masjid ini adalah adanya makam beliau dan alqur’an yang masih serba kuno.

Pulau serangan bali tentunya dikenal sebagai salah satu pusat kebudayaan Muslim yang ada di pulau dewata, dengan banyak di temui literatur sejarah Islam masuk di pulau Serangan ini.

Ketika berwisata ke Bali, tidak ada salahnya untuk menelusuri kisah atau tapak tilas pusat kebudayaan Islam yang ada di pulau serangan bali.

3. Wisata Bahari

Beberapa wisata bahari di Bali tentu saja memang sangat terkenal akan beragam keindahannya. Termasuk di pulau Sarangan ini, wisata baharinya juga masih sangat menarik sehingga Anda sangat perlu untuk mencobanya. Bahkan, banyak sekali pemandu wisata yang tak pernah ketinggalan mengarahkan para wisatawan untuk menikmati keindahan pantai ini.

4. Turte park Serangan

Selain beberapa tempat di atas, di Pulau Serangan bali ini Anda bisa juga menikmati keindahan yang serba penyu. Di turtle park serangan, bisa di temukan bergama penyu yang menarik. Proses bagaimana penyu bertelur dan menetas bisa Anda lihat di sini.

Penyu Consevasi Serangan

Nah, perlu Anda ketahui bahwasanya selain turtle park di sini juga ada yang di sebut dengan konservasi Penyu menuju lokasi hanya 15 menit dari daerah Kuta dan Sanur.

Konservasi penyu ini didirikan oleh Bali Turtle Island Development Corporation, PT. BTID (Bali Turtle Island Development) korporasi adalah sebuah perusahaan di bawah rezim president Soeharto dulunya yang merencanakan untuk menjadi kawasan lapangan golf, kompleks resor, laguna buatan, olahraga air dan fitur rekreasi serta fasilitas pariwisata pendukung lainnya. Sayang saja pembangunan reklamasi itu mangkrak hingga saat ini.

Sobat travela bisa baca juga:

5. Pura Sakenan

Masih berkaitan dengan sejarah, pura yang satu ini sudah di bangun sejak sangat lama tepatnya adalah sejak abad ke-10 Masehi. Hingga saat ini pura kuno tersebut masih tetap digunakan untuk beribadah umat hindu bali.

Pura Sakenan Serangan Bali

Pura Sakenan merupakan salah satu pura utama yang sangat penting terletak tepatnya wilayah selatan pulau bali, tepatnya di barat laut pantai serangan bali. Pura ini memiliki hubungan erat dengan sang Buddha yang disemayami di melinggih Bhatara Ida Sakya Muni.

Pura sakenan bali

Berbalut nilai sejarah yang kental menurut kisah lontar Dwi jendra Tattwa menurutnya nama “Sakenan” berasal dari kata sakya yang berarti “langsung menyatukan pikiran“.  Sedangkan menurut sejarah Siwa Buddha arti kata Sakya berasal dari kata Sakyamuni, yaitu nama asli dari Sang Sidharta Gautama.

Inti makna dari lontar tersebut adalah sebuah kekaguman dan keindahan tepi barat laut serangan dengan alam lautnya yang tenang bagi Danghyang Niratha ketika pertama kali melihatnya. Karena kekagumannya itulah beliau membangun tempat pemujaan sejati yang diberi nama “Pura Sakenan“.

Perahu kandas di Serangan bali

 

Aktivitas Menarik Yang Bisa Di Lakukan Di Pulau Sarangan Bali

Namanya juga kawasan wisata, tentu saja yang di cari adalah spot-spot menarik yang ada. Selain itu, sebelum berkunjung pastinya Anda akan bertanya-tanya apa saja aktivitas menarik yang bisa di lakukan selama di pulau ini. Nah, jika Anda penasaran dengan hal tersebut, informasinya ada di bawah ini.

1. Piknik bersama keluarga

Di sebuah pulau, tentu saja tidak heran jika salah satu aktivitas yang paling banyak di lakukan adalah piknik. Nah, di pulau sarangan ini pun Anda bisa melakukannya. Bahkan, lokasi pulau sarangan sangat cocok untuk di gunakan piknik bersama keluarga. Yang menarik lagi, di sini masih banyak lahan kosoong yang di kelilingi spot-spot menakjubkan.

2. Memancing

Tidak hanya piknik, di pulau ini Anda pun bisa memancing. Oleh karena itu, jika Anda salah satu orang yang gemar memancing tentu saja akan cocok jika datang ke lokasi tersebut. Sejauh ini sudah banyak sekali yang melakukan pemancingan di sana. Selain itu, tidak jarang pula wisatawan asyik dengan perburuan belut laut mereka.

nelayan pulau serangan

 

3. Camping atau berkemah

Camping di kawasan yang menarik tentu saja adalah pilihan yang sangat bagus, terutama bagi mereka yang suka dengan wisata alam serba mengagumkan. Nah, di pulau ini juga Anda bisa berkemah dengan teman maupun keluarga. Namun, pastikan untuk menggunakan tenda tropis dan berhat-hati saat menyalakan api unggun di sini mengingat ada banyak dahan dan daun kering.

4. Kuliner makanan laut

Tempat ini selain sering dijadikan tempat untuk memancing dan belajar mengendarai mobil, pulau serangan bali juga menyajikan kuliner olahan laut yang memikat selera. Mulai dari Ikan bakar segar, cumi hingga kerang dan udang saus balado disajikan disini. Anda harus juga mencoba urap rumput lautnya yang segar. Sangat mudah di jumpai disepanjang jalan menuju desa adat selalu ada sajian ikan bakar yang dijajakan.

5. Main layangan

Anda suka bermain layangan untuk menghibur diri. Nah, di Pulau Serangan Bali, Anda bisa melakukannya dengan bebas. Entah itu ketika piknik, atau ketika Anda sedang camping beberapa waktu di sana, sela-selanya bisa Anda isi dengan bermain layangan. Terlebih lagi mengingat angin di sini sangatlah kencang.

6. Bersepeda di medan yang menarik

Bagi Anda yang suka bersepeda, cocok juga berkunjung ke pulau Serangan karena Anda bisa puas dengan hobby Anda selama di sana. Di sini rute dan kondisi jalan ntuk bersepeda masih cukup sepi sehingga sangat cocok. Selain itu, jalannya juga berkelok-kelok membuat permainan Anda pun semakin asyik lagi. Bahkan bisa di katakan cukup menantang.

7. Surfing

Surfing serangan island

Di Bali, salah satu spot surfing yang cukup terkenal adalah di pulau ini. Jadi, Anda bisa melakukannya selama berada di pulau Serangan sekaligus menikmati beberapa spot menarik lainnya. Selain sekedar untuk bermain, di sini juga tersedia surfing course di mana anak-anak belatih surfing di pantai dengan ombak yang kecil.

8. Water sport

Salah satu kawasan yang terkenal dengan water sport sejauh ini mungkin adalah Tanjung Benoa. Anda pun mungkin sudah sering bermain di sana. Akan tetapi, sesekali Anda harus mencobanya di water sport di Pulau Serangan Bali.

Water sport Serangan island

Water sport Gold Island Serangan

Memang water sport di pulau ini tidak seramai Tanjung Benoa yang merupakan central wisata bahari water spot di bali, mainstream watersport di bali. Water sport di pulau serangan tidak sebanyak dan selengkap di tanjung benoa, vendors yang menyediakan jasa olah raga air ini pun hanya beberapa saja. Salah satunya water sport Gold Island Serangan.

Water sport Gold Island Serangan Bali

Mulai dari banana boat, jetski, canoeing, dan parasailing adventure dapat anda temui disini, kalau untuk lokasi dan keasyikannya tentu saja tidak kalah dengan yang di tanjung benoa.

9. Turtle conversation and education center Bali

Perlu Anda ketahui bahwasanya pulau ini sering di sebut dengan Pulau Sarangan Turtle Bali Island. Hal ini tentu sangat wajar mengingat adanya konsevasi penyu di sini. Jika sebelumnya ada yang namanya Turtle Park, di konservasi ini lebih detail lagi. Tepatnya, Anda bisa mempelajari tentang penyu lebih dalam lagi.

 

Lokasi Pulau Sarangan Bali

Kalau untuk lokasi serangan dan pulau bali hanya di lintasi jembatan sepanjang 110 meter, sebenarnya pulau ini cukup mudah di jangkau sehingga Anda pun tidak akan kesulita.

Bahkan bisa di sebut dengan lokasi yang cukup strategis. Jika Anda membawa kendaraan, anda bisa masuk melalui pintu masuk di mana jalan tersebut ada di seberang lotte Mart. Nah, perlu di ketahui lebih lanjut bahwa di Bali lotte mart hanya ada satu tepatnya di jalan By Pass Ngurah Rai.

Jalan Masuk Pulau Serangan

jembatan pulau serangan

Sangat menarik bukan? berwisata di Pulau Serangan Bali. Oleh karena itu, bagi Anda yang kediamannya jauh dari Bali, jika sudah sampai di pulau dewata, pastikan untuk tidak melewatkan kawasan yang satu ini. Apalagi mengingat lokasinya yang mudah di jangkau, tentu akan sangat di sayangkan jika Anda tidak mampir ke sana.

“Yuk.. berwisata ke pulau serangan bali!!”

 

Salam – Alfonso giostanov +62 85 3333 99 175 | Pulau Serangan Bali.
Pulau Serangan Bali | Surga Masa Depan Pariwisata Bali
5 (100%) 1 vote