Rekomendasi Tempat Wisata Salatiga

wisata salatiga dan sekitarnya

Hai sobat travela! Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai rekomendasi tempat wisata Salatiga. Berikut daftar tempat wisata Salatiga dan sekitarnya.

rekomendasi tempat wisata salatiga
Photo by @wisatasemarang

Salatiga punya beberapa pilihan tempat wisata. Ada banyak tempat wisata menarik di sini.
Salatiga adalah kota yang masuk Kabupaten Semarang. Letaknya berbatasan dengan Jawa Tengah.

Adapun tempat wisata yang tersedia mulai dari wisata alam, wisata keluarga hingga spot menarik untuk berfoto.

Daftar Tempat Wisata Salatiga

1. Pohon Pengantin

Didengar dari namanya, tempat wisata ini sangat unik ya. Tapi pohon pengantin yang berada di Salatiga ini punya spot menarik untuk berfoto lho. Lokasinya berada di area persawahan Pulutan, Sidorejo, Salatiga.

Bentuk pohon di sini meliuk-liuk dan berdiri sendiri di tengah sawah. Pohon ini mirip bonsai dengan ukuran besar.

Ketika datang di sore hari, pemandangan sunset sungguh indah. Kamu bisa melihat pemandangan yang cantik siluet pohon berpadu dengan langit berwarna jingga.

Kamu juga bisa melihat gunung yang gagah. Warga membangun jembatan di area persawahan agar lebih mudah mengakses pohon ini. Selain itu juga bertujuan agar pengunjung tidak merusak sawah milih warga.

Warga sekitar menganggap bahwa pohon pengantin ini sakral. Ada mitor yang beredar mengenai pohon ini. Konon, pohon ini adalah jelmaan dari pasangan kekasih yang tidak dapat restu orang tua.

Masyarakat percaya bahwa pasangan kekasih yang datang ke sini hubungan asmara mereka akan awet. Bahkan bisa langgeng sampai ke jenjang pernikahan.

2. Desa Wisata Tingkir Lor

Ada desa wisata Tingkir Lor di Salatiga. Tepatnya berada di Jalan Kyai Hasyim, Tingkir Lor, Tingkir, Kota Salatiga. Ada beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan oleh pengunjung.

Kamu bisa melihat pertunjukan kesenian tradisional di sini. Lalu, ada pula produk lokal di tempat wisata. Kamu bisa belanja produk lokal sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan.

Di sini kamu bisa beli tempe coklat. Makanan khas ini sangat terkenal di Salatiga. Yuk cobain.

Selain coklat tempe, akhir-akhir ini sedang booming bolen tempe. Harga 1 paket 5 bolen harganya Rp.12.000. Ada rasa original dan cokelat.

Proses pembuatan bolen tempe tidak begitu rumit. Rasa bolen ini terbilang unik. Cita rasa tempe tidak begitu kuat karena dibuat selai. Tapi tetap masih terasa rasa tempenya.

Pengunjung yang berwisata ke desa ini bisa belajar cara membuat coklat tempe dan bolen tempe. Wah, dapat ilmu yang berharga nih. Banyak pula kunjungan anak sekolah. Mereka sangat antusias belajar membuatt makanan khas Desa Tingkir.

3. Kolam Renang Kalitaman

Jika ingin pergi ke wisata air, kamu bisa ke Kolam Renang Kalitaman Salatiga. Sumber mata air kolam renang ini dari sumber air alami. Air kolam sangat jernih.

Suasananya sangat asri. Di sekitar kolam renang banyak tumbuh pepohonan. Kolam renang ini berada di Jalan Kalitaman Nomor 3, RW.Kalitaman, Salatiga, Sidorejo, Kota Salatiga.

Kolam renang ini biasa digunakan untuk perlombaan berenang. Meliputi perlombaan Porseni, Popda hingga Salatiga Cup.

Tempat ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas penunjang. Ada loker tempat penyimpanan barang, toilet, kamar ganti dan area parkir. Di sini ada juga warung makan yang menyediakan aneka hidangan. Ada bakso, mi ayam, tahu campur dan masih banyak lagi.

Yuk baca juga

4. Kopeng Treetop Adventure Park

Wisata Salatiga dan sekitarnya ialah Kopeng Treetop Adventure Park. Bagi kamu yang suka wisata outdoor di alam, wisata ini sangat cocok.

Di sini kamu bisa berkemah dengan fasilitas penunjang lengkap. Memang lokasinya tidak di Salatiga, tapi cukup dekat. Jarak dari Kota Salatiga sekitar 15 sampai 17 menit. Lama perjalanan sekitar 30 menit.

Tempat wisata Kopeng Treetop ini menawarkan penginapan ala camping. Tapi fasilitas layaknya hotel. Ada tipe camp yang bisa kamu pilih. Yakni Family Camp, Star Camp, dan Glam Camp.

Tapi bagi yang tidak ingin menginap, silahkan saja datang untuk menikmati rumah pohon. Lokasi wisata ini ada di Jalan Raya Kopeng, Selo Ngisor, Batur, Getasan, Kabupaten Semarang.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Salatiga. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.