Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang di Nusa Tenggara Timur bisa menjadi opsi alternatif bagi Anda yang berencana pergi ke Labuan Bajo.

Cunca Wulang merupakan nama air terjun yang terletak di ketinggian 200 mdpl dan memiliki arti air terjun dan bulan.

Meski belum ada yang tahu makna dari penamaan tersebut, Cunca Wulang layak Anda pertimbangkan karena menawarkan petualangan menantang nan mengesankan.

Photo by gotravelly

Menjangkau Lokasi Air Terjun Cunca Wulang Dengan Trekking

Wisatawan yang sudah mengunjungi air terjun ini mengatakan bahwa tempat wisata tersebut termasuk ‘surga tersembunyi’. Mengapa? Air terjun ini rupanya berlokasi di tengah hutan, sehingga Anda perlu melakukan perjalanan yang cukup melelahkan buat menjangkaunya.

Kendati begitu, antusiasme wisatawan mengikuti wisata di Air Terjun Cunca Wulang tak lantas surut. Ada sejumlah kemudahan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengakses objek wisata alam ini.

Misalnya menggunakan jasa pemandu profesional yang bakal membimbing wisatawan masuk dan keluar hutan. Selain itu, pengelola tempat sudah menyediakan jalur trekking yang meringankan beban Anda, sebab medan menuju air terjun cukup berat.

Namun, lelah yang Anda rasakan sepanjang perjalanan akan pupus begitu menelusuri hutan. Pemandu biasanya akan menjelaskan tanaman-tanaman yang kalian lewati, termasuk vanili dan cokelat yang ditanam penduduk sekitar. Obrolan seputar pengetahuan ini yang kadang menghapus bosan dan jenuh di jalur trekking.

Kemudian, pemandu yang bertugas mengantarkan Anda ke Air Terjun Cunca Wulang akan meminta wisatawan untuk mematuhi sejumlah aturan. Sebagai contoh, larangan meletakkan tangan di pinggang saat Anda merasa lelah atau minum saat berjalan jauh. Mereka juga akan membagikan cerita seputar filosofi kepercayaan warga lokal.

Photo by jelajahtrip

Baca juga nanti ya guys :

Kedamaian di Tengah Rimbunnya Hutan NTT

Jika lancar, Anda dan wisatawan lain akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 45 kaki dengan jalan kaki. Sejuknya udara dan pemandangan menenangkan siap menyambut setibanya di Air Terjun Cunca Wulang.

Anda yang baru melakukan kunjungan pertama pun pasti bakal tercengang. Sebab, air terjun tersebut memiliki keunikan yang tak akan Anda jumpai di objek wisata lain.

Betapa tidak? Air Terjun Cunca Wulang menyuguhkan air terjun yang dikelilingi tebing yang terdiri atas bebatuan kapur. Sinar matahari yang menyusup masuk lewat celah-celah dedaunan dan ranting pohon pun menciptakan nuansa magis.

Jadi wajar saja kalau banyak wisatawan yang betah berlama-lama di Air Terjun Cunca Wulang untuk menghirup udara sejuk dan merasakan kesegaran airnya.

Anda dapat meloncat dari salah satu tebing batu untuk berenang dan menyusuri perairan di Cunca Wulang. Namun, seperti jalan di trekking, Anda harus memperhatikan arahan dari pemandu, sebab celah yang mengapit air terjun terbilang sempit. Salah perhitungan malah akan mengantarkan Anda pada hal-hal yang tak diharapkan. Jadi, jangan luoa untuk selau berhati-hati ya.

Tips Berkunjung ke Cunca Wulang

Ada baiknya Anda menyiapkan diri sebelum mengunjungi Cunca Wulang. Pastikan kondisi fisik maupun mental sedang prima mengingat Anda bakal melewati medan yang menguras tenaga. Kemudian, bawa pakaian ganti kalau Anda berencana berenang setibanya di air terjun.

Pastikan juga Anda melakukan kunjungan ke Cunca Wulang di musim kemarau. Mendatangi lokasi tersebut selama musim penghujan malah membahayakan, sebab jalur bakal lebih licin sehingga sulit ditapaki. Belum lagi kolam air di bawah Air Terjun Cunca Wulang bakal berubah warna jadi kecokelatan akibat ada lumpur yang masuk ke dasar.

Supaya lebih seru, ajak saudara atau teman yang senang menjelajah alam. Jadi, Anda akan merasakan pengalaman berpetualang di Cunca Wulang yang lebih mengesankan dan tentunya aman.

Baca juga :

Sudah siap untuk berpetualang di sini? Selamat liburan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *