FloresIndonesia info

Pulau Padar Labuan Bajo | Eksotisme Surga Di Taman Nasional Komodo

Pulau-Padar-Island

Pulau Padar Labuan Bajo

Pulau padar labuan bajo memang menjadi salah satu pulau terbaik di Indonesia dengan pemandangan alamnya yang begitu memukau.

Bercerita tentang keindahan Pulau Flores memang tiada habisnya. Pulau ini menjadi salah satu tujuan wisata terbaik saat sailing komodo tour dengan pemandangan alamnya yang begitu memukau.

Salah satu keindahan Flores Komodo adalah Pulau Padar Labuan Bajo.

Pulau ini merupakan salah satu pulau terbaik di jajaran Kawasan Taman Nasional Komodo yang semakin hari semakin populer.

Pulau-Padar-Island

Lokasi Padar Island

Pulau Padar merupakan pulau terbesar nomor 3 di Kawasan Taman Nasional Komodo. Dibandingkan dengan Pulau Rinca, Pulau Padar memang lebih terlambat dikenal masyarakat. Namun, tetap saja pulau ini menjadi pulau yang sangat eksotis yang ada di Indonesia.

Padar Island google map

Topography Padar Island

Kordinat lokasi di Cor 8.654°S 119.574°E Pulau ini dikelola di bawah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Topografi pulau ini terjal dengan gunung-gunung vulkanik dalam laut yang curam dan bukit-bukit yang berhadapan dengan teluk laut yang dalam. Padar memiliki iklim kering dengan semak-semak dan pepohonan padang rumput yang menutupi pulau, menciptakan kondisi bukit sabana yang indah.

Topografi-pulau-padar-NTT

Pulau Padar Labuan bajo memiliki empat teluk yang dalam dan pasir pantai dalam berbagai warna, kebanyakan adalah pasir pantai berwarna putih. Selain itu pun ada pasir pantai memiliki pasir abu-abu dan merah muda. Laut di sekitar pulau ini memiliki beberapa tempat yang populer untuk scuba diving dan snorkeling jadi jangan lewatkan saat travela berada di pulau ini.

Kepopuleran dari Pulau Padar sendiri terjadi berkat kecanggihan komunikasi. Banyak orang yang memberikan tag Pulau Padar sehingga pulau ini banyak dilihat oleh masyarakat luas, dan tentu saja membuat banyak orang tertarik untuk mengunjungi pulau ini.

Padar-island-view

Pulau dengan pemandangan yang sangat menakjubkan ini terletak tidak jauh dari Pulau Rinca. Pulau Padar dan Pulau Rinca hanya dipisahkan dengan Selat Lintah. Selat Lintah sendiri memiliki arus yang sangat kencang. Oleh karena itu, travela harus pergi menggunakan sewa kapal atau speed boat untuk bisa mencapai Pulau Padar dari Labuan Bajo.

Baca juga penawaran kami:

Sewa kapal bajo for Padar Tour

Sewa kapal Mata Komodo

Lokasi dari Pulau Padar juga bisa travela tempuh dari Labuan Bajo. Anda akan menempuh waktu kurang lebih 3 jam dari Labuan Bajo menuju tempat ini. Namun perjalanan yang paling sering dilakukan adalah menggunakan perahu boat karena lebih cepat dan lebih nyaman.

Menuju Pulau Padar Island

Menghabiskan waktu di Pulau Padar tidak akan memuaskan jika Cuma sebentar saja. Travela harus mempersiapkan 3 hingga 4 hari untuk bisa puas berwisata di Pulau Padar. Untuk melakukan kunjungan wisata ke Pulau ini, anda harus mempersiapkan tenaga dan persiapan fisik yang ekstra.

Beruntung sekali karena meskipun berlokasi di Taman Nasional Pulau Komodo, namun pulau ini tidak dihuni oleh Komodo. Jadi, travela bisa melakukan perjalanan tanpa perlu was-was. Daya tarik yang bisa anda lihat di pulai ini adalah pemandangan landscape perbukitan yang hijau mempesona.

Sekali lagi tips dan trip menuju Pulau Padar yang indah ini tidak hanya memerlukan fisik yang kuat saja, namun anda juga harus mempersiapkan mental anda dengan sebaik-baiknya. Mengapa demikian? Anda nantinya harus menuju puncak Pulau Padar dengan perjalanan yang tidak sebentar. Trekking yang menanjak dengan tingkat kemiringan 45 derajat nantinya akan anda lalui.

Trekking Padar Tour

Tangga Trekking Padar Island

Tidak ada tangga dengan tali pengaman yang bisa digunakan untuk menuju puncak bukit Gili Padar yang berada di Pulau Padar. Itulah mengapa travela harus sangat berhati-hati ketika melakukan trekking di jalur ini. Apalagi jalannya cukup licin, berbatu bahkan berdebu. Jika anda salah dalam memilih sepatu yang digunakan, kemungkinan terpeleset pun akan menjadi semakin besar.

 

Tips

Berikut tips yang bisa anda jalankan ketika berwisata ke Pulau Padar.

1. Jangan gunakan high heel

Pakailah sepatu anti selip karena jalan menuju puncak sangat licin dengan tanjakan yang sangat ekstrem.

2. Berangkatlah pada pagi hari

Waktu terbaik untuk trip ke bukit Pulau Padar adalah di pagi hari, siang hari, dan sore hari menjelang sunset.

Menuju puncak bukit Gili Padar

Jika anda pergi di pagi hari, anda akan mendapatkan foto dengan latar belakang laut yang biru. Jika travela datang di sore hari, anda bisa berfoto dengan latar belakang sunset di Pulau Padar yang mengagumkan.

3. Bawalah hiking stick

Ini akan sangat membantu kestabilan anda dalam menuju bukit pulau padar labuan bajo.

4. Bawa payung atau topi

Panas matahari akan sangat menyengat. Jadi, jangan lupa bawa payung dan topi. Sunblock juga wajib di-bawa kecuali anda ingin kulit anda gosong terpanggang sinar matahari.

5. Ikut open trip saja

Berkunjung ke Pulau Padar membutuhkan biaya yang mahal karena tidak ada public boat. Oleh karena itu, disarankan bagi travela untuk mengikuti paket tour atau open trip dengan tujuan Pulau Padar.

Meskipun banyak perjuangan yang harus dilakukan untuk menuju Pulau Padar Island, namun nyatanya wisatawan tidak sedikitpun merasa lelah atau pun merasa tidak ingin kesana lagi. Banyak tepat hits yang bisa dikunjungi di pulau hari.

Contohnya saja sunset yang orange dan cantik yang tidak bisa ditemukan di pulau lain, bisa sekalian berkunjung melihat Komodo si hewan purba yang langka, dan melihat pemandangan eksotik laut Flores yang indah mempesona.

Pulau-Padar-komodo-Island

 FAQ 

Pertanyaan Umum Seputar Pulau Padar yang Paling Sering Ditanyakan

1. Biaya Ke Pulau Padar
Berapa Biaya yang Diperlukan Untuk Berlibur di Pulau Padar?

Banyak orang yang beranggapan bahwa liburan di Pulau Padar itu mahal. Namun, semua itu hanya mitos saja. Soal biaya transportasi, Anda dbisa menari maskapai penerbangan Garuda Indonesia menuju Labuan Bajo. Harga tiketnya mulai dari 1,4 juta dan Anda bisa mencari promonya. Waktu tempuhnya pun cepat cuma 2 jam saja dari jakarta.

Untuk biaya penginapan, harganya bervariasi mulai dari 200 ribu per malam dapat travela temui di seputaran labuan bajo. Untuk menghemat biaya, Anda bisa memilih biaya penginapan yang cukup murah. Untuk menuju pulau Padar sendiri Anda memerlukan boat atau kapal untuk menyeberang.

Harga Speed boat paling murah sekitar 1,5 juta sehari untuk max 10 orang penumpang jika season di low season atau musim sepi. Kalau Anda pergi dengan rombongan, harganya bakalan jauh lebih irit.

2. Cara ke pulau padar
Penerbangan apa saja yang bisa digunakan menuju Pulau Padar?

Penerbangan menuju pulau Padar bisa dilakukan melalui beberapa rute. Untuk rute Jakarta ke Labuan bajo Kabupaten Manggarai Barat, Anda bisa menggunakan penerbangan Garuda Indonesia, Batik Airlines, Nam Air hingga Citilink.

Namun jika Anda ingin langsung terbang ke Labuan Bajo, Anda bisa memulai perjalanan dari Denpasar menggunakan Nam Air, Garuda Indonesia, dan Wings Air. Semoga kedepannya perusahaan penerbangan local maupun luar negeri mangkin banyak meramaikan rute ke Indonesia timur ini.

3. Jumlah anak tangga di pulau padar
Berapa jumlah anak tangga yang ada di Pulau Padar?

Untuk menikmati keindahan Pulau Padar, Anda wajib untuk melakukan trekking. Nah, tidak semua orang siap untuk melakukan trekking karena anak tangga yang harus dilalui memang lumayan banyak.

Kurang diketahui pasti jumlahnya berapa, yang jelas jumlah anak tangga untuk menuju puncak Pulau ini lebih dari 300 anak tangga. Wah, terdengar lumayan banyak memang. Namun semua itu akan terbayarkan ketika Anda melihat pemandangan Pulau Padar yang benar-benar menakjubkan dari atas puncak.

4. Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika berlibur di Pulau Padar?

Udara di Pulau Padar memang terkenal panas. Jadi, Anda tidak boleh mengabaikan beberapa keperluan yang memang benar-benar harus Anda bawa selama melakukan trekking.

 

a.       Pastikan bawa air minum secukupnya. Anda tidak akan menemukan orang-orang yang berjualan air minum di Pulau ini. Kalau tidak membawa air cukup, bisa-bisa Anda mengalami dehidrasi sebelum mencapai puncak

b.      Bawa masker dan penutup kepala. Masker bisa melindungi wajah Anda dari teriknya matahari yang bersinar. Begitu pula penutup kepala, Anda bakal merasa pusing kepanasan kalau tidak menggunakan tutup kepala sama sekali

c.       Pakailah alas kaki yang nyaman. Jangan sampai Anda salah kostum ketika melakukan trekking. Salah kostum hanya akan membuat Anda merasa tidak nyaman selama melakukan perjalanan. Jika Anda menggunakan baju panjang dan kerudung, pilihlah bahan yang adem digunakan.

d.      Bawa kamera untuk mengabadikan moment. Sayang sekali kalau sudah bersusah payah sampai puncak, namun kamu tidak bisa mengabadikan keindahan momentnya. Pastikan baterai kamera cukup agar Anda tidak kecewa.

 

5. Foto pulau padar
Bagaimana cara mendapatkan foto yang indah di Pulau Padar?

Untuk mendapatkan foto indah, Anda bisa mengambil gambar dari Puncak Padar di sore hari. Pemandangan matahari terbenam di puncak Pulau Padar adalah salah satu hal yang paling mengagumkan. Ini akan menjadi moment yang tidak pernah terlupakan dalam kehidupan Anda.

Bentangan bukit nan luas dan pemandangan hijau nan sejuk membuat Anda akan semakin bentah. Kilauan siluet matahari terbenam pun semakin membuat keindahan pulau Padar menjadi lebih berarti. Jika Anda berhasil mencapai Puncak Pulau Padar menjelang matahari terbenam, anda akan benar-benar mendapatkan best golden foto.

Banyak hal yang bisa travela lakukan untuk menghabiskan liburan agar menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya dengan mengunjungi Pulau Padar yang berada di Flores Nusa Tenggara Timur. Jalan menuju Puncak Pulau Padar sendiri cukup sulit namun tidak ada yang mengeluh sedikitpun.

Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa di Pulau Padar ini. Ikutilah open trip dengan tujuan Pulau Padar agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Persiapkan fisik dan mental dan jangan lupa abadikan setiap moment anda di sana. Sudah pasti, travela akan ketagihan dan ingin lagi dan lagi untuk mengunjungi pulau yang sangat keren ini.

Selamat berlibur di Pulau Padar. Semoga liburan Anda mengesankan. Jangan lupa, abadikan setiap moment Anda ketika menyusuri Pulau ini.

 

Salam Pariwisata – Gotravela
Pulau Padar Labuan Bajo| Eksotisme Surga Di Taman Nasional Komodo
5/5 (3 Reviews)