Home » Bali » Wisata Bali » Air Terjun Yeh Mampeh

Air Terjun Yeh Mampeh

yeh mampeh waterfall

Air Terjun Yeh Mampeh disebut juga Air Terjun Les merupakan wisata alam indah di Bali. Tepatnya di Buleleng. Kamu dapat menikmati keindahan alami yang memberikan petualangan seru di Yeh Mampeh Waterfall ini.

Photo by @teguhds29

Air Terjun Yeh Mampeh punya filosofi nama. Yeh Mampeh memiliki arti terbang. Air terjun ini dinamakan Yeh Mampeh karena punya ketinggian 30 meter. Ketika airnya jatuh seolah-olah terbang. Inilah alasan mengapa dinamakan demikian.

Ada tiga tingkatan air terjun. Masing-masing memiliki tingkatan berbeda. Yang paling bawah ketinggiannya 30 meter. Inilah yang sering dijadikan tempat wisata.

Sementara 2 tingkatan lainnya berada di atas. Masih jarang orang yang menjamah kedua air terjun di atasnya. Sebab, medannya terlalu sulit.

Rekomendasi transportasi untuk menuju air terjun adalah sewa mobil Bali di Gotravela. Dapatkan promo ? menarik!

Google-sewa-mobil-murah-bali

Daya Tarik Air Terjun Yeh Mampeh

Air terjun ini punya banyak daya tarik yang mampu memikat para wisatawan. Diantaranya adalah:

1. Sumber Mata Air Suci

Terdapat mata air yang dianggap suci oleh masyarakat setempat. Nama mata air ini adalah Toya Anakan. Masyarakat yang beragama hindu meyakini bahwa mata air ini sakral dan suci. Air dari sumber mata air ini digunakan untuk upacara keagamaan Yadnya.

Upacara ini merupakan upacara pengorbanan sebagai ucapan terima kasih dan rasa cinta terhadap Tuhan. Sebelum mengambil air untuk upacara, dilakukan ritual terlebih dahulu dengan memberikan beragam sesajen.

2. Keindahan Alam Memukau

Setiap pengunjung yang datang ke air terjun ini akan takjub dengan keindahannya yang masih sangat alami. Suasana yang menenangkan bisa didapatkan di sini. Rasanya benar-benar seperti menyatu dengan alam. Berlibur di sini akan merasakan ketenangan sehingga terlepas dari rasa stress.

Lokasi Air Terjun

Yeh Mampeh Waterfall berlokasi di Desa Les, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali. Jaraknya sekitar 38 km dari Kota Singaraja. Sedangkan dari Kota Denpasar berjarak 95 km.

Rute Menuju Lokasi

Jika berangkat dari Kota Singaraja, kamu harus pergi menuju Pantai Tulamben. Lurus terus sampai bertemu dengan pertigaan Desa Les. Ambil kanan, lurus terus sampai tiba di tempat parkir air terjun. Kamu perlu berjalan sejauh 500 meter dari tempat parkir.

Kemudian, rute kedua berangkat dari Kota Denpasar. Pergilah menuju ke arah wisata Ubud. Selanjutnya, lurus menuju arah Singaraja.

Ketika sampai di pertigaan, ambil kiri lalu lurus terus hingga bertemu pertigaan. Setelah itu, ambil kanan hingga bertemu Desa Les Belok. Setelah itu, belok kanan lagi sampai bertemu dengan tempat parkir wisata.

Kegiatan Menarik di Wisata Air Terjun

Pengunjung bisa melakukan beberapa kegiatan menarik di Air Terjun Yeh Mampeh. Diantaranya:

1. Trekking

Dari tempat parkir, setiap pengunjung harus menyusuri jalan setapak sejauh 500 meter. Perjalanan ini lumayan menantang karena melewati medan yang lumayan sulit. Namun, sepanjang perjalanan bisa menikmati keindahan alam yang asri.

Pesona pedesaan Les dengan pepohonan yang rindang dan udaranya yang segar menemani perjalanan kamu. Meski terasa lelah, tapi sangat mengasyikkan. Rasa lelah ini akan terbayarkan begitu sampai di lokasi air terjun.

Yuk Baca Juga

2. Bermain Air

Sesampainya di Yeh Mampeh Waterfall, pengunjung dapat bermain air sepuasnya. Airnya sangat jernih dan menyegarkan. Kamu bisa berenang, atau hanya sekedar bermain air di area air terjun. Namun tetap hati-hati saat bermain di area ini. Batu-batu yang licin bisa saja membuatmu tergelincir.

3. Berfoto

Alamnya yang indah membuat siapa saja ingin mengabadikan momen liburan di sini. Banyak wisatawan yang berfoto dengan latar air terjun mengalir. Benar-benar indah!

Wisata alam Air Terjun Yeh Mampeh bisa jadi rekomendasi buat kamu yang pengen cari tempat healing menenangkan. Yuk agendakan liburan ke Bali!

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.