Wisata Bali

Garuda Wisnu Kencana GWK Jadwal Dan Tiket Masuk 2020

Garuda Wisnu Kencana GWK

Hi sobat travela kali ini kita akan membahas Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana GWK Bali yang merupakan salah satu dari segudang objek wisata yang terdapat di pulau dewata ini.

Segudang objek wisata di bali dapat ditemui mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata edukasi hingga wisata budaya bali yang telah mendunia dan tak akan pernah ada habisnya.

Tiket-Masuk-GWK

Garuda Wisnu Kencana GWK

Terdapat manifestasi ribuan karya seni pemahat maestro bali yang terkenal akan anda temui di setiap sudut hingga penjuru pulau bali / pulau para dewata.

Darah seni, religi dan budaya sudah mengalir sejak lama disetiap darah dan nadi orang Bali. Membentuk perpaduan budaya dan seni serta ke-indahan nan menakjubkan yang dapat kita lihati juga nikmati hingga hari ini.

Semua anugrah seni dan budaya pulau Bali terjaga rapih dalam tatanan kehidupan masyarakat Bali.

Namun ada satu tempat yang menampilkan sebuah maha karya seni patung terbesar yang digadangkan tingginya melebihi patung Liberty di Amerika Serikat.

Yaitu sebuah patung ikon Dewa Wisnu mengendarai Burung Garuda. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park atau yang kerap disingkat dengan GWK Bali.

GWK Bali

Menyaksikan Kemegahan Patung Garuda Wisnu Kencana GWK Bali di ketinggian 263 meter di atas permukaan laut.

Tiket Masuk GWK Bali

Mulai dari gerbang masuk kawasan taman budaya GWK Culture Park ini, travela sudah disuguhkan keindahan taman dan bagunan serta permainan lampu taman yang exotic.

Halaman parkir yang luas serta loket tiket yang rapih serta bersih sudah tertata dengan sangat baik dan profesional oleh pengembang kawasan GWK Bali.

Halaman Parkir Gwk Bali
Halaman Parkir

Para pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk untuk menikmati segala keindahan wisata di Garuda Wisnu Kencana GWK.

Harga Publish Tiket GWK jika anda beli langsung di GWK adalah :

Pada Weekday (Senin-Jumat) orang dewasa dikenakan biaya sebesar Rp. 125.000 per orang sedangkan anak-anak sebesar Rp. 100.000 per anak.

Sedangkan Weekend (Sabtu & Minggu) harga tiket bisa sama atau mungkin bisa lebih mahal.

Untuk anak di bawah 3 tahun atau Infant tidak dikenakan biaya masuk.

Tiket GWK Bali ini update pada tanggal 01 April 2019. Harga tiket bisa berubah kapan saja.

Loket Tiket Masuk

Harga Online Gotravela

Tiket Only

Domestic/local market

DewasaIDR. 70.000
AnakIDR. 55.000

Overseas/Foreign

AdultIDR. 95.000
ChildsIDR. 80.000
Tiket + Lunch Beranda Taman Budaya GWK
Domestic
(Dewasa)
IDR. 150.000
Overseas
(Adult)
IDR. 200.000
Domestic
(Anak)
IDR. 130.000
Overseas
(Childs)
IDR. 170.000
  • Harga tiket GWK diatas berlaku hanya saat anda beli online di gotravela indonesia.
  • Harga tiket GWK diatas berlaku flat rate (satu harga mau weekday/weekend).
  • Harga tiket Garuda Wisnu Kencana di update per tanggal 01 April 2019 hingga 31 Maret 2020.
  • Anak-anak di bawah 2 tahun gratis
  • Book & confirm please WhatsApp ke gotravela cs 081999 565 666
  • Pemesanan dengan mengisi form book GWK Garuda Wisnu Kencana lalu kirim via whatsapp. Bookingan ini paling lambat 1 x 24 jam kami akan segera menjawab jika slow respond.
How-to-Order-Gotravela

Bagi sobat travela yang berlibur bersama keluarga atau group-size dan gak mau repot cari makan siang saat berada di GWK bisa memilih 2 resto berkelas di kawasan GWK ini.

Yaitu Beranda GWK dan Jendela Bali Resto. Tentunya dengan menu halal, Indonesia & international yang disajikan.

Untuk Jendela Bali Resto sobat bisa re-consult atau menghubungi kami kembali untuk harga dan menu.

Tempat wisata ini dibuka mulai dari pukul 08:00 hingga 22:00. Selama di lokasi area taman budaya GWK, kamu bisa menikmati berbagai macam acara kebudayaan yang di adakan, dan tentunya menyaksikan kemegahan patung Garuda Wisnu Kencana GWK.

Daya Tarik GWK Cultural Park

Garuda Wisnu Kencana GWK merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di Bali. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam ataupun luar negeri setiap harinya.

Sebagai taman budaya, Garuda Wisnu Kencana GWK memiliki berbagai macam atraksi menarik, mulai dari menikmati sunset, nonton tari ramayana, hiburan theater budaya dari pagi sampai sore dan tentu saja patung Garuda Wisnu Kencana yang megah. 

Banyak wisatawan mengatakan, GWK Garuda Wisnu Kencana, salah satu objek wisata terbaik di Bali yang harus dikunjungi.

Penasaran? Yuk simak ulasan Garuda Wisnu Kencana berikut ini.

Lokasi GWK Bali

GWK Cultural Park Bali beralamat di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Jika dari bandara Ngurah Rai mengendarai sepeda motor (sewa motor di bali), kamu harus menempuh waktu perjalanan sekitar 15 sampai 20 menit jika lalu lintas lancar.

Jika tidak tahu lokasinya, kamu juga bisa menggunakan google map atau Sewa Mobil di Bali dan supir serta meminta sang supir mengantarkan langsung ke lokasi.

Untuk group size baca juga

Pilihan sewa mobil lebih praktis karena biasanya taman budaya ini selalu ramai oleh pengunjung dan harus mencari lokasi parkir yang jauh dari loket masuk.

Jika menyewa mobil dan supir, ketika sampai di sana anda langsung diturunkan di depan loket. Hingga tidak perlu susah-susah mencari dan memarkir mobil anda.

Atraksi & Pertunjukan

Pasti terbesit dibenak, apa sih yang bisa ditemui disana?

2 Hal yang kamu bisa temui dan nikmati di taman budaya GWK ini, yaitu menikmati pertunjukan budaya & atraksinya. Dan yang kedua menikmati patung terbaru tertinggi di dunia untuk hunting ‘Istagrammable’ spots mu.Alfonso giostanov
Pertunjukan budaya

Walaupun memiliki menu utama patung raksasa Garuda Wisnu, di kawasan GWK kamu juga bisa menikmati berbagai pertunjukan pentas budaya di berbagai fasilitas seperti:

  • Tari Barong & Keris di Amphitheatre
  • Tari Bali di Amphitheatre
  • Instrumen Rindik di Jendela Bali
  • Ballet Garuda Wisnu di Amphitheatre
  • Tari Bali Barong, Kera, Rangda di Amphitheatre
  • Parade Budaya Bali di Street Theatre Lotus Pond
  • Tari Joged Bumbung di Street Theatre
  • Dan pementasan musik akustik oleh Trio Acoustic
Pertunjukan Budaya GWK
Tari Bali Barong di GWK
Hunting Istagrammable spots di GWK

GWK juga menjadi salah satu tempat di mana wisatawan dapat menyaksikan pementasan tari kecak di pulau dewata selain tari kecak di uluwatu.

Pementasan tari Kecak dibuka dengan parade Penari Kecak di Street Theatre Lotus Pond,  lalu dilanjutkan dengan pementasan Tari Kecak di Amphitheater.

Selain pementasan budaya, di sini juga menjadi tempat menikmati sunset yang indah.

Garuda Wisnu Kencana
GWK BALI EGG of Garuda

Sejarah Patung GWK Bali

Taman budaya GWK memiliki berbagai macam daya tarik, namun yang menjadi sajian utamanya adalah patung Garuda Wisnu.

Patung ini sangat megah dan tinggi dan cocok menjadi tempat berfoto ria. Untuk mengetahui lebih banyak tentang patung ini, yuk simak fakta-fakta tentang patung GWK.

Tinggi patung
Tinggi Garuda Wisnu Kencana GWK

Patung ini dibangun dan diukir olah maestro I Nyoman Nuarta dan direncanakan akan memiliki tinggi 120 meter dan lebar 60 meter yang membuatnya lebih tinggi dari patung Liberty di Amerika.

Tentu ketika patung ini selesai, rakyat Bali khususnya dan Indonesia umumnya akan sangat bangga dengan kemegahan patung ini.

Pembangunan sejak tahun 1992

Penggagasan pembangunan patung Garuda Wisnu dimulai sejak tahun 1990, dan dimulai pada tahun 1992 oleh Yayasan Garuda Wisnu Kencana GWK.  Namun, pada tahun 1997, pembangunan mengalami kendala akibat krisis moneter.

pembangunan patung GWK Bali

Jadi lebih kurang pembangunan patung ini memakan waktu 28 tahun. Berkat kerja keras pihak yang terlibat, patung ini selesai pada tahun 2018 tepatnya tanggal 26 September.

Diresmikan oleh President Republik Indonesia yang ke-7 Bapak Joko Widodo di kawasan GWK Cultural Park.

Garuda Wisnu dimulai sejak tahun 1990

Tujuan pembangunan patung raksasa ini bukan untuk keagamaan Hindu, namun untuk memberikan Indonesia ikon baru, yaitu sebuah sebuah landmark yang terkenal hingga ke mancanegara.

Selain itu, dipahat dengan seni patung Bali, GWK secara tidak langsung akan mempromosikan budaya Bali.

Dua tahun untuk mencari lokasi

Dengan besar dan tinggi itu, tentu dibutuhkan lokasi yang pas, terlebih lagi patung ini akan menjadi landmark kebanggaan Bali.

Setelah konsep patung selesai, dibutuhkan waktu lebih kurang 2 tahun untuk mencari lokasi yang pas.

Lokasi GWK Cultural Park saat ini sebelumnya adalah sebuah tempat tambang batu kapur liar yang sudah ditinggalkan dalam keadaan yang kurang baik dan tidak ada tanaman yang mampu hidup dikarenakan oleh minimnya top soil.

Tahun 1990, pengembangan dilakukan dengan melibatkan Menpar (kementerian pariwisata) saat itu bapak Joop Ave (alm) Kabinet Pembangunan VI.

Serta Gubernur bali Ida Bagus Oka (alm) untuk memulai proyek garuda wisnu kencana dan pada tahun 1993 President Ke-2 RI Suharto memberi restu kepada seniman Nyoman Nuarta untuk membuat patung GWK tersebut.

Dibeli oleh PT Alam Sutera Reality Indonesia

Setelah selesai menemukan lokasi, pembangunan pun dimulai. Namun, pada tahun 2013, kepemilikan dari GWK mengalami perubahan.

Pembelian oleh PT Alam Sutera Reality Indonesia

PT Alam Sutera Realty Indonesia yang merupakan perusahaan pengembang property ternama di Indonesia yang membeli kepemilikan dari GWK Bali.

Ditargetkan selesai pada bulan Agustus 2018

Patung Garuda Wisnu Kencana GWK yang telah dibuat sejak tahun 1992 direncanakan kan selesai pada bulan Agustus atau September 2018.

Namun, menurut I Nyoman Nuarta, sang pemahat, ia optimis patung akan GWK selesai sebelum tanggal 17 Agustus sebagai hadiah yang manis dan membanggakan dalam menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Pembangunan cepat ini didorong pemerintah yang ingin menjadikan GWK sebagai tempat pertemuan IMF-Bank Dunia pada Oktober nanti.

Terdiri dari 754 modul

Dengan ukuran yang sangat besar, patung Garuda Wisnu dibangun dengan menggabungkan modul-modul yang membentuk patung terdiri dari 754 modul. Sampai tanggal 19 Mei 2018, modul yang sudah terpasang mencapai 510 modul.

Patung Garuda Wisnu Kencana

Pada tanggal 13 Mei 2018, kepala patung GWK telah dipasang menggunakan Crane. Kepala yang dipasang ini memiliki berat 4 ton.

Lalu pada tanggal 20-nya, mahkota Wisnu akan dipasang dalam sebuah acara pasupati agung GWK. Kira-kira sampai saat ini modul yang terpasang baru 70%.

Rangka baja yang menopang modul yang banyak itu telah rampung sejak Februari 2018.

Kemudian dari bulan Mei sampai bulan Juli 2018 dilakukan pemasangan modul setiap harinya, jika cuaca memungkinkan.

Jadi jika kamu berkunjung ke taman budaya GWK, kamu akan melihat proses pemasangan modul patung Garuda Wisnu, tentu dari jarak aman.

Memiliki warna kehijauan
Patung Dewa Wisnu Memiliki warna kehijauan

Selama pembangunannya, patung Garuda Wisnu Kencana GWK tampak berwarna hijau. Banyak yang mengira kalau warna tersebut karena dicat.

Namun ternyata warna hijau itu adalah hasil korosi lompengan modul yang terbuat dari tembaga dan kuningan.

Acara Peresmian dan Pembukaan

Dengan target selesai bulan Agustus 2018 namun akhirnya peresmian jatuh di bulan September 2018. Acara pembukaan sekaligus peresmian patung Garuda Wisnu Kencana GWK telah dipersiapkan dengan matang serta spectacular event.

Acara peresmian GWK Bali

Menurut I Nyoman Nuarta, dalam acara pembukaan itu akan ada pementasan tarian, dan pawai yang akan digelar dari sore hingga malam.

Selain itu akan ada video mapping bagaimana proses pembangunan patung dan penyalaan lighting yang spesial.

Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh Presiden RI Bapak Jokowi.

Itulah informasi lengkap daya tarik GWK Bali yang bisa kamu nikmati.

Demikian halaman site ini kami buat semoga informasi ini bermanfaat bagi travela yang hendak mengunjungi Garuda Wisnu Kencana GWK Bali.

Selain bisa menyaksikan pertunjukan budaya, sobat traveler juga bisa spot wisata di sekitar Garuda Wisnu yang sudah rampung ini.

Salam Pariwisata

Alfonso giostanov 0853333 99175 | Garuda Wisnu Kencana GWK Bali.