lombok

Gunung Rinjani Lombok | Pendakian, Sejarah Taman Nasional Rinjani

Gunung Rinjani Lombok

Keindahan Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani Lombok merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Panorama gunung Rinjani begitu eksotis dengan banyaknya garis kontur yang ada di gunung tersebut mulai dari hutan lebat, semak belukar, hingga padang savana yang luas.

Belum lagi dengan kawah segara anak yang sudah terkenal akan keindahannya. Banyak pendaki lokal maupun mancanegara menjadikan Rinjani sebagai target utama dan impian dalam pendakian mereka. Bukan karena keindahannya saja namun tantangan yang harus dihadapi dalam 10 jam perjalalanan pendakian menuju puncak dengan berbagai kondisi lintasan di gunung terindah di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat ini.

kawah-danau-segara-anak

Gunung Rinjani masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang memiliki luas lebih dari 75.000 hektar. Gunung Rinjani berada di bagian utara pulau lombok. Sehingga selama proses pendakian akan dipantau langsung melalui pos-pos yang telah disediakan.

Banyak keindahan lain yang bisa ditemui di jalur pendakian Gunung Rinjani. Misalnya ada keindahan bunga edelweis, keindahan samudra di atas awan, keindahan pasir dan tebing berbisik, dan masih banyak lagi yang akan menemani perjalanan menuju ke puncak sehingga membuat perjalanan yang melelahkan terbayar tuntas. Bahkan keindahan gunung ini banyak pembuat produksi film menjadikannya sebagai latar belakang.

Sejarah Taman Nasional Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung yang masih aktif dan menjadi gunung aktif terbesar kedua di Indonesia. Tingginya gunung Rinjani membuat dominasi pemandangan pulau Lombok khususnya pada bagian utara terlihat dengan jelas.

Menurut sejarah kawasan ini tercatat 2 kejadian penting yaitu;

  • 17 Maret 1941 menurut Surat Keputusan SK No. 15 Staatblad Nomor 77. Pemerintah Belanda saat itu menyatakan status kawasan ini sebagai daerah Suaka Margasatwa Rinjani Wilayan Sunda Kecil.
  • 24 Maret 1990 Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 448/Kpts-II/1990 pada acara Pekan Konservasi Alam Nasional III di Mataram, NTB. Menyatakan bahwa status kawasan yang sebelumnya Suaka Margasatwa berubah menjadi Taman Nasional Gunung Rinjani dengan luas 40.000 ha menurut site resmi Balai TNGR. Ekosistem di Taman Nasional Gunung Rinjani adalah ekosistem hutan primer 40%, savana 40%, daerah tandus 10% serta semak belukar, hutan tanaman dan hutan sekunder 10%.

Bagi para pendaki ada baiknya untuk datang kesini pada bulan juli sampai agustus karena merupakan waktu yang tepat dengan udara yang sejuk akan anda temui disini. Pada bulan tersebut juga kondisi tumbuhan yang ada di gunung Rinjani begitu hijau dan tampak lebih eksotis.

Kawah Rinjani

Gunung Rinjani mempunyai kawah yang besar dengan diameter kurang lebih 10 km. Kawah Rinjani juga dipenuhi dengan air sehingga membentuk sebuah danau atau segara yang dinamakan segara anak.

Tiket Objek Wisata Lombok

Mitos berdasarkan masayarakat lokal

“jikalau kita melihat dan mengamati danau segara anak dan terlihat sangat luas dari ketinggian maka umur kita akan panjang (berumur panjang), tapi jika kita memandang Danau Segara Anak terlihat sempit, itu artinya umur kita tinggal sebentar”.

Di kawah ini juga terdapat gunung kecil yang menambah keindahan segara anak. Airnya pun jernih dan hangat dengan banyak ikan di dalamnya. Kedalaman segara anakan diperkirakan lebih dari 200 meter sehingga membuat warna biru gelap bagian atasnya.

Jalur Pendakian

Bagi yang ingin mendaki gunung Rinjani disediakan 2 jalur yang relatif mudah. Meskipun banyak jalur lain yang bisa ditempuh akan tetapi dua jalur inilah yang paling disarankan karena jalur lain mempunyai medan yang lebih ekstrem.

Dua jalur tersebut adalah jalur sembalun dan jalur senaru. Jalur sembalun merupakan jalur yang paling mudah dengan bidang yang cukup datar dan tidak terlalu miring, adapun jalur senaru memiliki medan dan kemiringan yang lebih akan tetapi mampu memangkas perjalanan sejauh 1 km.

Kedua jalur ini memiliki masing-masing 3 pos untuk memantau kondisi para pendaki. Di pos-pos ini para pendaki bisa beristirahat dan mendirikan tenda untuk beristirahat.

Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mendaki

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di Indonesia sehingga memerlukan persiapan yang matang sebelum mendakinya. Dibutuhkan waktu 4-5 hari untuk mendaki gunung ini sehingga perlu persiapan fisik dan mental.

Hindari perjalanan malam hari karena medan akan sulit dilalui apalagi udara di gunung Rinjani mencapai 5 derajat celcius. Jika tidak mengetahui medan yang akan dihadapi ada baiknya untuk menyewa porter atau guide untuk memandu perjalanan sehingga waktu yang ditempuh lebih efisien.

Pastikan nama terdaftar pada pos informasi sebelum memulai perjalanan mendaki sehingga keamanan saat mendaki bisa dijaga dengan maksimal.

Mengingat Rinjani memiliki jalur tempuh yang panjang dan daya jelajah yang tinggi maka pastikan kondisi saat akan mendaki benar-benar dalam kondisi fit.

Adapun bagi yang suka memancing jangan lupa untuk membawa alat pancing karena ketika berada di segara anak ada cukup banyak ikan mujair yang siap dipancing dan rasakan sensasi memancing dengan pemandangan alam rinjani yang indah.

Kenapa Layak Disebut Gunung Bintang 5

Ada banyak faktor yang membuat gunung Rinjani mendapatkan predikat sebagai gunung bintang 5.

1.  Adalah banyaknya keindahan alam yang mengiringi langkah ketika mendaki puncak Rinjani. Mulai dari danau segara anak, goa susu dan goa payung mas, savana sembalun, sampai beberapa air terjun.

Bisa dibayangkan dalam sekali perjalanan mendapatkan bonus yang banyak sekali bukan? Selain mendapatkan puncak sejati Rinjani masih banyak keindahan yang disajikan.

Tidak sampai disana pendaki juga disuguhkan sebuah pemandangan yang tidak akan pernah bisa dilupakannya seumur hidup karena keindahan panorama matahari tenggelam di gunung Rinjani menjadi yang terindah diantara wisata lainnya.

2. Jalur yang digunakan untuk mendaki benar-benar dapat menghibur dan menyegarkan mata. Bagaimana tidak selain melewati savana luas di sembalun, gugusan tebing, hutan, dan samudra awan akan ikut menyertai perjalanan pendakian sehingga mata tak akan pernah lepas dari keindahan yang ditawarkan.

Rinjani-Lombok-Gunung-Bintang-5

3. Gunung Rinjani terpilih menjadi gunung dengan pengelolaan terbaik di dunia sehingga semua fasilitas dan keamanan pendaki menjadi prioritas utama.

4. Kearifan lokal baik budaya maupun agama yang saling bersinergi menjunjungi tinggi asa kebudayaan sehingga melengkapi keindahan gunung Rinjani.

5. Letak geografis dari gunung Rinjani yang menjadi persinggungan garis batas wallace dimana flora dan fauna khas Asia dan Australia bertemu. Dengan demikian eksotisme flora dan fauna yang ada selama dalam perjalanan ikut mengiringi langkah pendakian. Lantas gunung mana lagi yang bisa mempunyai keindahan dan keelokan seperti Rinjani?

Keindahan Puncak dan Danau Segara Anak

Apalagi yang bisa dikatakan akan keindahan puncak Rinjani yang begitu indah. Dari sini tampak seluruh gugusan wilayah pulau Lombok bahkan sampai dengan puncak gunung Agung yang ada di Bali. Tak akan ada kata yang bisa menggambarkan keindahannya selain luar biasa.

Di mulai dari keindahan kaldera kawah Rinjani yang menggangga sebesar 10 km dengan kawah indah segara anak beserta gunung kecilnya. Jauh memandang masih ada lautan yang memisahkan pulau Bali dengan pulau Lombok. Hingga sampai di puncak gunung Agung yang menggaung.

Tak sedikit para pendaki yang tertegun lama hingga meneteskan air mata ingin meluapkan segala emosinya untuk perjuangan menggapai keindahan Sang Pencipta. Puas dengan panorama yang berada di puncak Rinjani tibalah waktunya turun untuk beristirahat sejenak sembari menikmati keindahan segara anak.

Untuk sampai ke segara anak membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus turun dari ketinggian 3.726 mdpl ke 1.700 mdpl dengan jalur turun yang cukup berbahaya karena kemiringannya.

Saat sampai ke segara anakan pasti akan dibuat takjub kembali dengan keindahan danau surga ini. Berada diantara gunung-gunung dan tebing yang berdiri kokoh, air segara anakan menyimpan pantulan yang mendalam dan menampakkan eksotisme kegagahan Rinjani.

Apalagi jika berada pada saat matahari tenggelam maka semburat warna orange akan menghiasi warna tebing dan warna air di segara anakan.

Tak akan ada kata yang bisa melukiskannya sehingga sebagai pendaki sejati wajib rasanya untuk hadir di gunung ini untuk bersama menikmati keindahan segara anakan dan puncak Rinjani.

 

Cheers – gotraveladmin +6281999 565 666 | Gunung Rinjani Lombok
5/5 (1 Review)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.