Keindahan Pantai Ngrenehan

wisata pantai ngrenehan

Keindahan Pantai Ngrenehan sungguh menakjubkan. Wisata Pantai Ngrenehan di Gunung Kidul ini punya beragam daya tarik. Mulai dari keindahan alamnya, hingga wisata kuliner yang lezat dan murah.

keindahan pantai ngrenehan
Photo by @alfymgl

Gunung Kidul terkenal punya pesona pantai yang sangat indah. Salah satu pantai yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Ngrenehan. Berada di Kelurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari.

Selain Pantai Ngrenehan, ada sejumlah pantai indah lain. Seperti Pantai Ngobaran, Pantai Widodaren hingga Pantai Nguyahan. Kamu bisa sewa mobil Jogja di Gotravela untuk keliling Jogja.

google-sewa-mobil-jogja

Selain menikmati pesona keindahan alam Pantai Ngrenehan, ada beragam kegiatan yang bisa kamu lakukan. Seperti bermain air, hingga foto-foto.

Kuliner di Pantai Ngrenehan

Ketika sampai di pantai, sebagian pengunjung pasti akan berkeliling pantai. Jalan-jalan di sekitar pantai tentu menguras tenaga. Untuk melepas lelah, kamu bisa menikmati wisata kuliner di sekitar pantai.

Pantai Ngrenehan adalah pantai nelayan. Dari pantai ini nelayan biasa berangkat mencari ikan. Jadi tidak sulit menemukan ikan laut ataupun jenis seafood lainnya.

Ada belasan warung makan di sekitar pantai. Harga menu makanan dibandrol dengan harga murah. Kamu bisa menikmati olahan seafood segar. Tentu rasanya lebih lezat karena dari hasil tangkapan nelayan langsung.

Menurut salah satu penjual makanan di sana, tempat wisata ini mulai ramai pengunjung 5 tahun terakhir. Karena pengunjung semakin banyak, penjual makanan pun semakin banyak.

Adapun jenis menu makanan yang bisa kamu temukan seperti kerang, ikan laut, hingga cumi. Kamu bisa pesan seafood dimasak goreng, bakar atau sup.

Harga menu seafood bervariasi. Tergantung jenis ikan yang dimasak. Untuk jenis ikan kue, harga 1 kg Rp. 100.000. Ini sudah dalam kondisi matang. Salah satu menu favorit pengunjung adalah menu ikan cabai hijau.

Ada menu yang lebih murah, yakni ikan campur. Harga per kilo Rp. 50.000. Kalau harga lobster tergantung musim. Saat panen harga per 1 kg Rp. 250.000. Tapi jika tidak musim panen, harga lobster Rp.400.000 per 1 kg.

Kendala Pelaku Wisata

Wisata Pantai Ngrenehan Gunung Kidul tak pernah sepi pengunjung. Tapi satu kendala yang dihadapi adalah akses jalan ke pantai sempit.

Pada tahun 2017 lalu, pemerintah sudah membuka jalan baru menuju kawasan Pantai Ngrenehan. Tapi pembangunan sempat terhenti di tahun 2020 akibat pandemi.

Kondisi jalan sempit membuat bus besar tidak bisa lewat jalan ini. Selain itu, sinyal di area pantai juga sulit.

Tidak ada sinyal di area wisata juga menjadi kendala para pedagang. Jika ada pelanggan yang memesan menu makanan, tentu akan terhambat.

Daya Tarik Wisata

Meski tidak begitu terkenal, ternyata pantai ini punya daya tarik istimewa. Berikut keindahan Pantai Ngrenehan.

1. Spot Foto Indah

Liburan tak lengkap tanpa berfoto. Apalagi di tempat yang punya pemandangan indah. Di Pantai Ngrenehan kamu bisa berfoto dengan background yang indah.

2. Panorama Teluk yang Cekung

Pantai ini sebenarnya berada pada lekukan cekung. Di sekitar pantai juga dikelilingi oleh perbukitan dan karang-karang. Hal ini membuat panorama wisata pantai ini begitu indah.

3. Bukit Karang

Di Pantai Ngrenehan ada bukit karang yang menarik. Bukit ini juga unik karena dipenuhi oleh cangkang dan kerang khas laut.

Dapatkan juga penawaran terbaik kami:

4. Renang di Pantai

Ombak di Pantai Ngrenehan tidak besar. Hal ini membuat pengunjung bisa renang di sekitar pantai. Keadaan ombak tidak besar karena pantai dikelilingi cekungan perbukitan mirip teluk.

5. Wisata Budaya

Selain menikmati keindahan Pantai Ngrenehan, kamuu bisa juga melihat upacara adat. Upacara tradisional dilakukan saat bulan purnama. Selain itu juga saat perayaan Hari Raya Nyepi.

Yuk baca juga

Salah satu kelebihan Pantai Ngrenehan ini adalah kondisi ombak yang tenang. Jadi berwisata di sini akan lebih nyaman. Selain itu, harga kuliner seafood lebih murah dibandingkan daerah lain. Wah, pecinta olahan seafood wajib coba nih.

Share with care
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments