Nusa Penida

Kelingking Beach Surga Yang Tersembunyi Di Nusa Penida

Klingking beach

Kelingking Beach

Terletak di Pulau Nusa Penida Barat, Kelingking Beach merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang mendapat perhatian para turis, baik lokal maupun mancanegara. Wajar saja, pantai ini memang memiliki pemandangan luar biasa indah.

Kelingking Beach surga yang tersembunyi di 3 nusa baligotravela

Bukan hanya menyuguhkan kawasan pantai berpasir putih yang menggoda, tapi juga samudera luas yang bisa dilihat dari area atas tebing.

Kelingking Beach Surga Yang Tersembunyi

Warna laut yang biru mempesona, ombak besar menderu-deru kejauhan di pantai berbentuk jari kelingking (yang menjadi asal mula pengambilan namanya), hal tersebut akan menambah eksotisme di tempat ini.

Kelingking Beach Bali Penida

Half day Tour Nusa Penida

Tidak heran, apabila pernah berkunjung kesini maka dipastikan akan ketagihan. Meskipun secara umum, akses jalan di Kelingking Beach terbilang masih sangat kurang memadai untuk sebuah destinasi di Pulau Terkenal, Bali.

 

Rute dan Lokasi

Nusa Penida sendiri adalah satu dari beberapa gugusan pulau kecil yang masih termasuk bagian Provinsi Bali. Bagian dari Bali 3 Nusa letak nusa penida ada di bagian Tenggara Pulau Bali dan dari segi adminstratif ada di Kabupaten Klungkung.

Lokasi tepatnya jika dilihat secara astronomis keletakannya diantara 08º 40’ Lintang selatan sampai 08º 50’ Lintang Selatan dan 115 º 29’ Bujur Timur sampai 115º 38’ Bujur Timur, kabupaten Klungkung – Bali 80771. Atau bisa langsung lihat panduan Google Maps di bawah ini:

Rute untuk menuju Nusa Penida sebenarnya tidak begitu sulit. Anda bisa menggunakan kapal feri dari pelabuhan timur padang bai, dari pelabuhan kusamba klungkung atau dari Pantai Sanur.

Normalnya akan membutuhkan waktu tempuh 30-45 menit untuk sampai pulau tersebut dengan fast boat dari pantai sanur.

Sedangkan budget yang harus dikeluarkan mulai dari Rp. 90.000 saja persekali jalan, travela bisa cek di link fast boat sanur ke nusa penida. Untuk jarak dari Pelabuhan Nusa Penida barat Toyapakeh/Banjar Nyuh ke Kelingking Beach hanya 25 km atau sekitar 45 menit – 1 jam.

 

Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Apabila Anda memiliki rencana untuk berkunjung ke surga tersembunyi di Pulau Nusa Penida ini, maka sebaiknya datanglah di pagi hari sekitar pukul 7. Karena di jam tersebut masih sepi dari pengunjung dan Anda bisa menikmati keindahan pantai ini tanpa terlalu banyak gangguan.

Karena meskipun selama 24 jam, namun kegiatan kunjungan wisatawan di tempat ini terbilang cukup padat. Terutama pada musim libur panjang.

Kelingking Beach

kelingking beach nusa penida

 

Yang perlu di persiapkan saat datang ke kelingking beach
  1. Kondisi tubuh anda harus fit, karena selama perjalanan anda akan menemukan medan jalan yang sulit dan masih alami dan tidak mulus.
  2. Sunblock jika anda tiba di lokasi siang hari jam 11 wita ke atas tentunya matahari akan sangat terik dan membuat kulit anda kering. Travela disarankan membawa skin lotion/sunblock.
  3. Botol Air mineral yang cukup, hal ini untuk mengurangi dehidrasi apalagi saat berkunjung di bulan-bulan July hingga September musim panas.
  4. Jika anda menggunakan sewa motor di nusa penida, harap untuk hati-hati dalam perjalanan menuju kelingking beach terlebih di musim penghujan (jalan licin dengan kerikil kapur tanah). Pastikan juga bensin/petrol kendaraan anda saat eksplor nusa penida.
  5. Dikarenakan mengendarai sepda motor di penida bebas helm, pastikan anda menggunakan topi serta kaca mata untuk menghindari panasnya matahari.
  6. Jangan lupa menggunakan masker penutup, untuk mengatasi debu jalan yang mengganggu pernafasan saat menuju tempat destinasi.
  7. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan foto-foto anda saat berada di surga yang tersembunyi di Nusa Penida.

 

Foto point in Kelingking Beach

Top of Kelingking Beach

 

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Kelingking Beach

Umumnya banyak orang yang memiliki stigma bahwa pantai tetaplah pantai dimana hanya tentang air dan ombak. Namun, hal tersebut harus Anda buang jauh-jauh dari pikiran ketika berkunjung ke Kelingking beach.

Karena tempat ini menawarkan beragam pemandangan menarik yang bisa membuat Anda tidak mau pulang. Berikut di bawah ini adalah beberapa aktivitas seru yang hanya ada di Pantai Kelingking, Bali :

 

1. Pantai Terletak di Bawah Tebing

Jika selama ini Anda sudah biasa menyaksikan pemandangan pantai yang berada di dataran luas. Berbeda dengan Kelingking, dimana pantainya terletak di bawah tebing terjal. Meskipun ada sebuah tangga curam untuk turun ke bawah.

Jika travela suka ber-adventure atau kondisi tubuh fit dan biasa naik turun gunung saran kami ada baiknya untuk turun ke bibir pantai putih di kelingking beach ini (Pastinya akan sangat menguras tenaga dan capek untuk turun dan naik ke pantai kelingking penida).

Tapi sangat tidak disarankan kepada wisatawan lainnya untuk turun karena sangat berbahaya. Sehingga disini, pengunjung tidak bisa bermain air namun masih bisa menikmati keindahan pantai tak tersentuh ini dari atas bukit saja.

Pasir putih kelingking beach

Pantai kelingking Terletak di Bawah Tebing

 

2. Kepala Dinosaurus

Salah satu hal menakjubkan yang ada di Pantai Kelingking adalah pemandangan berupa karang dengan bentuk kepala dinosaurus (T-Rex). Tentunya sangat unik sekali melihatnya di tengah samudra lepas.

Dimana deburan ombak besar disekitarnya menjadi pelengkap keindahan. Anda yang memiliki hobi potografi, maka tidak boleh melewatkan Kelingking beach ini pada kunjungan ke Nusa Penida.

Kelingking Beach Bali

 

3. Pantai Bentuk Jari Kelingking

Seperti namanya, pantai kecil ini memang memiliki bentuk tidak biasa karena menyerupai jari kelingking manusia. Selain itu, gradasi lautnya yang sangat memukau juga menjadi pelengkap keindahan pantai ini.

Walauupun tidak bisa menceburkan diri di dalam airnya yang menakjubkan. Wisatawan dijamin tidak akan pernah kecewa, karena ada banyak spot foto yang bisa dieksplore di tempat ini.

 

4. Kelingking Swing & Kelingking Love

Di Kelingking Beach ini ada terdapat spot yang instagramable yaitu “Love Tree” namun sayang sejak bulan mei 2018 pohon tersebut telah rusak, mungkin sudah terlalu tua dan banyak pengunjung yang mengabadikan memanjat pohon tersebut hingga sekarang kita hanya bisa melihat sisa batang rapuhnya saja.

Love tree dan Love Kelingking

Sebagai penggantinya dibuatlah “Love Kelingking” dan “kelingking swing”. Tentunya spot instagramable baru ini tidak kalah menarik.

kelingking swing

 

5. Titanic shipwreck kelingking

Lokasi ini ada di dekat pintu masuk kelingking beach. Jadi saat travela masuk dari loket tiket kelingking beach anda langsung laju lurus saja, jangan belok ke kanan dulu.

Puaskan dulu tuk berfoto di Titanic shipwreck kelingking ini lalu setelah itu bisa mengeksplor lokasi kelingking lainnya.

Klingking beach
will you marry me?
Titanic shipwreck kelingking
Titanic shipwreck on kelingking beach
ibu dan anak kera di kelingking beach
Ibu dan anak kera di kelingking beach

 

Tiket Masuk Kelingking Beach

Biaya tiket masuk ke kelingking beach ini sebenarnya gratis saat dahulu sebelum kelingking beach mulai terkenal saat ini, desa adat dan pemda setempat memungut tiket masuk kelingking beach untuk menjaga keamanan, kebersihan dan asri lokasi destinasi ini.

Yaa… saya rasa worth it lah antara biaya tiket masuk dengan keindahan alam yang kan kita nikmati.

Untuk harga tiket masuk di nusa penida anda bisa lihat di tiket masuk objek wisata klungkung & nusa

Kelingking beach Tiket Masuk Rp. 5.000 per orang
Tiket Masuk Kelingking Beach
Tiket Masuk Kelingking Beach 2018 – 2019

 

Nah, itulah spot Kelingking Beach Surga Yang Tersembunyi Di Nusa Penida yang kami angkat dalam halaman ini. Buat kamu yang ingin berkunjung ke Bali, jangan lupa mampir sejenak ke Nusa Penida Barat ya. Banyak momen special yang akan kamu dapatkan di sana.

 

Salam pariwisata – Alfonso giostanov +62 85 3333 99 175 | Kelingking Beach.

 

 

Kelingking Beach Surga Yang Tersembunyi Di Nusa Penida
5 (100%) 3 votes