Megahnya Stonehenge Merapi Jogja

Stonehenge Merapi Jogja

Jika berkunjung ke Jogja ada baiknya mempersiapkan list destinasi wisata yang akan Anda kunjungi salah satunya adalah Stonehenge Merapi Jogja. Objek wisata yang satu ini sangat mirip dengan Stonehenge yang ada di Inggris loh! Seperti apa? Yuk kita baca selengkapnya

Stonehenge Jogja
Photo by libur mulu

Apasih Itu Stonehenge?

Stonehege Merapi Jogja adalah susunan batu yang sengaja dibuat sedemikian rupa menyerupai stonehenge di Inggris. Susunan batu yang mempunyai nilai sejarah dan peninggalan warisan budaya khususnya di Kota Yogyakarta.

Stonehenge menjadi menarik karena termasuk dalam salah satu keajaiban dunia. Sampai saat ini, stonhenge masih menjadi daya tarik peneliti arkeolog dan masih menjadi objek riset kebudayaan untuk menelusuri histori nilai budaya tak benda.

Bentuk dan susunan Stonehenge Merapi Jogja mirip dengan yang asli. Hamparan rumput berwarna hijau membuat keindahannya terkesan lebih natural.

Gunung Merapi masih dinyatakan aktif. Namun keindahan alam yang terdapat di sekitar Gunung Merapi tetap menjadi daya tarik untuk Anda kunjungi. Walaupun Stonehenge Merapi terbilang sebagai destinasi wisata alam yang masih baru, tetapi perjalanan menuju Stonehenge Merapi Jogja pengunjung akan merasakan suasana lereng gunung merapi yang memesona.

Dari suhu udara, pemandangan gunung merapi yang berdiri kokoh di sebelah utara dan jalan menanjak sepanjang jalan kaliurang. Maka dari itu, pengunjung akan mendapatkan pengalaman dari pesona alam yang terdapat di sekitar Gunung Merapi.

Tips Berfoto Untuk Anda

Dari segala sisi, wisata Stonehenge Merapi mempunyai banyak angle menarik untuk dijadikan spot foto. Hal ini karena bangunan Stonehenge Merapi memberi pengalaman yang unik dan berbeda dari destinasi wisata lain di Yogyakarta.

Spot foto yang dapat menjadi andalan pengunjung adalah dengan latar belakang susunan batu menyerupai Stonehenge di Inggris. Langit luas berwarna biru dengan gaya duduk di sekitar batu, latar rumput hijau dengan gaya high angle, bergaya piknik dengan bekal yang Anda gelar di atas tikar dan foto lanskap dari kejauhan sehingga terlihat susunan batu yang melingkar.

Sedangkan style untuk foto pre-wedding dapat menggunakan tema foto ala zaman perunggu dan neolitikum. Namun jika Anda padu padankan dengan style modern, spot foto di Stonehenge Merapi Jogja juga masih sesuai.

Photo by widyalokawisata

Cek juga nanti guys :

Lokasi Stonehenge Merapi Jogja

Stonehenge Merapi Jogja berlokasi di desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju lokasi, pengunjung Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau menggunakan jasa rental mobil di Jogja. Anda akan melewati rute sebagai berikut :

Yogyakarta kota ke arah utara menuju JL. Kaliurang, sampai persimpangan arah pertigaan dengan tanda kaliadem/cangkringan mengikuti jalan ke kanan. Lalu akan menemui pertigaan lagi menuju Golf merapi atau The Lost World Castle, di sekitar golf merapi Stonehenge Merapi Jogja terletak di lokasi yang berdekatan.

Jam Kunjung Wisata

Destinasi wisata ini dibuka untuk umum. Anda dapat mengunjunginya setiap hari dari pukul 07:00 – 18:00 WIB.

Fasilitas wisata di Stonehenge Merapi

Tidak perlu khawatir jika berkunjung ke Stonehenge Merapi Jogja karena terlah tersedia fasilitas berupa toilet dan tempat parkir. Tidak hanya spot foto yang menarik, tetapi keamanan dan kenyamanan pengunjung juga terjamin. Perlengkapan anda dipastikan akan aman selama mengunjungi tempat tersebut.

Tiket masuk

Per tanggal 2021, tiket masuk Stonehenge Merapi Jogja sebagai berikut;

Per orang                                 : Rp10.000,00

Parkir Motor                              : Rp2.000,00

Parkir Mobil                              : Rp5.000,00

Untuk Foto Pre Wedding           : Rp150.000,00

Baca juga :

Wisata yang satu ini memang pantas untuk dicoba. Selain dapat menikmati keindahan alam, tentunya juga dapat untuk relaksasi. Alam baik untuk menenangkan hati dan pikiran kita. So, banyak yang akan Anda dapat dari berwisata di Stonehenge Merapi Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *