Sulawesi

Mengenal Danau Matano Luwu Timur

Danau Matano Luwu Timur

Mendengar kata Danau Matano Luwu Timur tepatnya di Sorowako mungkin masih ada sebagian orang yang belum mengetahuinya.  Padahal danau yang satu ini ada di Indonesia, di provinsi Sulawesi Selatan.  Apa yang istimewa dengan danau ini? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Danau Matano
Photo by Rimba kita

Danau Matano : Danau Purba Terdalam Di Indonesia

Danau Matano, Sorowako, Luwu Timur mungkin masih terdengar asing bagi Anda.  Namun perlu Anda ketahui bahwa ternyata Danau Matano merupakan danau yang terdalam di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara.

Mengenai kedalaman danau ini sendiri mampu mengalahkan Danau Toba yang ada di Medan. Bahkan Danau Matano ini menjadi danau terdalam ke – 8 yang ada di dunia. Ohya, danau ini juga termasuk danau purba loh.

Indonesia sendiri memiliki cukup banyak danau dimana masing – masing danau tentu memiliki karakter dan keunikan yang berbeda.  Sama halnya dengan Danau Matano ini yang merupakan habitat asli ikan Butini. Bahkan menurut beberapa peneliti yang pernah datang ke danau ini, ikan Butini adalah ikan purba yang hanya ada di Danau Matano ini.

Di danau ini juga terdapat gua tengkorang yang mana menyimpan sebuah cerita yang menarik sehingga menjadi daya tarik wisata tersendiri.  Menurut cerita yang beredar,  gua yang ada disekitar Danau Matano Luwu Timur ini konon merupakan tempat yang biasa dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan mayat.

Di area Danau Matano ini dahulu dihuni oleh suku yang bernama Suku Routa. Suku ini memiliki tradisi ketika ada yang meninggal,  maka mayatnya akan mereka simpan ke dalam sebuah peti kemudian meletakkannya di dalam gua tersebut.

Hal Unik Dari Danau Matano Luwu Timur

Setiap tempat wisata di Indonesia memang menawarkan sisi keunikan dan keindahannya tersendiri.  Sama halnya dengan Danau Matano Luwu Timur ini juga menawarkan sisi unik yang mungkin tidak bisa anda dapatkan di tempat lain.

Di sini anda bisa melakukan banyak sekali aktivitas seperti :

  • Menikmati pemandangan alam yang masih asri dan sejak
  • Berwisata pantai dengan hamparan pasir putih yang memanjakan mata
  • Mandi di kolam Bura – bura
  • Menikmati air terjun Mata Buntu
  • Menikmati kuliner khas Danau Matano yaitu Ikan Butini dengan harga yang sangat murah yaitu kisaran 15 ribu hingga 25 ribu rupiah saja
  • Mengunjungi kuburan tua Suku Matano

Untuk bisa menikmati semua hal yang ada di kawasan Danau Matano ini,  anda tak perlu harus mengeluarkan banyak uang.  Karena pemerintah setempat Danau Matano ini tidak menetapkan biaya apapun. Hal ini karena memang tidak ada biaya tiket masuk sama sekali.

Hanya saja bagi anda yang ingin menyusuri danau,  maka anda bisa memberikan uang solar kepada penyedia perahu dengan nominal yang sudah Anda sepakati bersama. Dengan begitu,  tak perlu mahal untuk menikmati segala keindahan yang ada di Danau Matano ini.

Baca juga nanti nih guys :

Fasilitas yang Tersedia di Danau Matano

Di tempat wisata Danau Matano ini juga sudah terdapat berbagai fasilitas penunjang seperti :

  • Perahu
  • Jet ski
  • Banana boat
  • Toilet umum
  • Restoran
  • Gazebo
  • Bungalow

Dengan sederet fasilitas yang ada tentu saja segala kebutuhan Anda selama berwisata di Danau Matano ini akan terpenuhi.

Lokasi Dan Rute Menuju Danau Matano

Bagi anda yang ingin berencana mengunjungi Danau Matano ini,  maka anda harus menuju ke Sorowako,  Luwu Timur,  Sulawesi Selatan.

Untuk menuju tempat ini bisa ditempuh melalui 2 jalur yaitu :

  • Udara (Bandara Hasanuddin Makassar – Bandara Sorowako) dengan jarak tempuh kurang lebih 55 menit atau satu jam.
  • Darat (Makassar – Sorowako)  dengan jarak tempuh kurang lebih 12 jam.

Untuk Anda yang ingin menempuh jalu darat, tidak perlu khawatir dengan lama waktu tempuhnya. Ada banyak agent bus rute Makassar-Sorowako dengan kisaran harga mulau dari Rp 250.000. Tentu saja dengan keadaan bus yang nyaman dan bersih sehingga perjalanan Anda akan lebih menyenangkan.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi danau purba ini? Semoga bermanfaat dan selamat liburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.