Yogyakarta

5 Pura Jogja Gunung Kidul Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Pura Jogja Gunung Kidul

Kamu sedang di Jogja dan ingin ke Pura? 5 Pura Jogja Gunung Kidul ini mungkin bisa menjadi pilihan kamu.

Kalau mendengar kata Pura mungkin yang terbayang adalah Bali. Wajar saja karena Bali dikenal sebagai Pulau Seribu Pura.

Hal itu karena sebagian masyarakat Bali adalah penganut agama Hindu. Tapi jangan salah loh.

Di Jogja juga memiliki beberapa destinasi Pura yang patut untuk kamu kunjungi. Mau tau apa aja? Yuk baca lebih lanjut ya.


gios-Avatar

Alfonso giostanov

tour operator & content specialist. Before joining gotravela, he spent years honing his skill at ‘Tourism Industries Bali.


Destinasi Pura di Gunung Kidul Jogja

Tahukah kamu jika di Jogja tepatnya di Gunung Kidul juga terdapat banyak Pura untuk tempat ibadah umat Hindu. Selain itu Pura tersebut juga dapat Anda kunjungi?

Nah jika kamu belum tahu, di artikel ini akan membahas mengenai berbagai pura tersebut. Berikut adalah 5 Pura Jogja Gunung Kidul yang menarik tuk Anda kunjungi. Simak ya!

Ini Dia 5 Pura Jogja Gunung Kidul Untuk Anda Dikunjungi

Pura Santi Loka Gunung Kidul

Terletak di Gunung Kidul, Pura pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Pura Santi Loka. Pura ini ada di Desa Banaran, Kecamatan Playen, Gunung Kidul. Untuk sampai ke Pura ini cukup mudah.

Pura Santi Loka Jogja

Dari Pasar Banaran jarak Pura ini hanya 1 KM saja dan ada petunjuk jalan yang akan menunjukkanmu jalan menuju Pura. Saat kamu sampai, setelah masuki gerbang kamu akan melihat pelataran yang lumayan luas. Kamu juga akan langsung merasakan suasana khas Hindu saat masuk Pura.

Pura Derpo Kusumo

Ttidak kalah keren dari Pura dari Pura Santi Loka, Pura kedua adalah Pura Derpo Kusumo. Pura ini berada di Dusun Ngepoh, Plajan, Saptosari, Gunung Kidul. Pura Derpo Kusumo ini merupakan Pura yang dibangun pada tahun 90-an.

Pura Derpo Kusumo

Salah satu daya tarik dari Pura ini adalah pada setiap hari minggu akan ada kegiatan di sekitar pura untuk remaja umat Hindu yang tajuknya pesraman. Untuk mencapai Pura ini, kamu butuh sedikit perjuangan karena masih ada beberapa bagian jalan yang sedikit berbatu dan terjal.

Cek nanti ya guys :

Pura Pantai Ngobaran

Ketiga yaitu Pura Pantai Ngobaran. Berwisata ke Pantai tapi sekaligus bisa berkunjung ke Pura, tidak hanya bisa kamu lakukan saat ke beberapa pantai di Pulau Bali, di Jogja pun kamu bisa melakukannya juga di Jogja.

Pura Pantai Ngobaran

Di sini kamu tidak akan hanya melihat keindahan dari pantai dan pasirnya, namun kamu juga bisa melakukan hal yang asyik lainnya. Misalnya saja melihat pemandangan sekitar pantai dari ketinggian karena bangunan Pura Ngobaran yang berada di ketinggian.

Pura Giri Natha

Di list ke empat ada Pura Giri Natha. Pura Giri Natha ini letaknya tidak begitu jauh dari Pura Santi Loka. Selain itu, Pura ini mudah untuk ditemukan karena berada di pinggir jalan dan bangunannya yang cukup besar.

Pura Giri Natha

Pura ini akan ramai pengunjung pada beberapa momen tertentu. Untuk sampai ke Pura ini, bila dari Jogja kamu harus menempuh waktu sekitar 1 jam.

Pura Bhakti Widhi

Terakhir adalah Pura Bhakti Widhi. Pura ini sudah ada sejak tahun 1980-an, tepatnya 1985. Meski sudah puluhan tahun, Pura ini tetap berfungsi sebagai tempat ibadah umat Hindu di sekitar.

Pura Bhakti Widhi

Saat masuk ke Pura ini, halaman yang luas dan bangunan tinggi akan langsung terlihat olehmu. Jarak dari Pura ini dengan Kota Jogja sekitar 65 KM. Jadi, kamu harus menempuh waktu sekitar 1 – 2 jam untuk sampai jika berangkat dari Jogja.

Nah itulah 5 Pura Jogja Gunung Kidul yang menarik untuk Anda kunjungi. Masih ada banyak Pura lagi di Gunung Kidul untuk tempat sembahyang umat Hindu. Jika kamu ingin datang ke berbagai Pura tersebut untuk sekedar berkunjung, tetap patuhi aturan yang ada untuk saling menghargai.

Baca juga :

Bagaimana? Banyak bukan Pura bagus di Jogja yang punya sentuhan Bali, tapi tetap berciri khas. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.