Wisata Bali

Taman Ujung Water Palace Bali

Taman Ujung Water Palace Bali

Pada masa Hindia Belanda Taman Ujung Water Palace Bali dikenal dengan nama Waterpaleis atau “istana air”.

Taman Ujung Water Palace Bali sebenarnya merupakan pengembangan dari Kolam Dirah pada tahun 1901.

Letak Taman Ujung ini di Banjar Ujung, desa Tumbu, kabupaten Karangasem, Karangasem Bali, sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Almapura


titani-avatar

Titani

e-commerce spvr at Go travela. She love traveling and read novels of Sherlock Holmes.


Sekilas Mengenai Taman Ujung Water Palace Bali

Taman Ujung Water Palace
Taman Ujung Water Palace

Taman Ujung Water Palace Bali memang tidak cukup terkenal jika dibandingkan dengan beberapa destinasa wisata yang sangat eksotis di Bali.

Namun, bagi Anda yang pernah memilih tempat prewedding di Bali, mungkin merasa tahu dengan tempat ini. Atau bahkan, Anda adalah salah satu dari begitu banyak pasangan yang pernah melakukan foto prewedding di sini.

Salah satu taman di Bali ini memang sangat cocok jika digunakan untuk foto prewedding. Bahkan, dibandingkan sebagai objek wisata, masyarakat lebih mengenalnya sebagai lokasi prewed.

Bagaimana tempat ini bisa menjadi pilihan?, Nah, untuk menjawab pertanyaa tersebut, sebaiknya Anda kenali taman ini lebih jauh dari ulasan berikut ini.

Apa Yang Menarik Di Taman Ujung Water Palace?

Menikmati keindahan salah satu destinasi wisata tentu saja akan sangat memperhatikan apa saja yang bisa dijumpai di sana. Begitu juga dengan Taman Ujung Water Palace ini.

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan berkunjung, sebaiknya pelajari terlebih dahulu hal-hal menariknya sebagaimana tertuang dalam pembahasan berikut ini.

Spot Foto Keren di Taman Air Water Palace Bali
Spot foto keren dengan arsitektur unik

1. Arsitektur yang unik

Di Taman Ujung Water Palace ini, salah satu hal yang sangat menarik adalah mengenai bagaimana arsitektur yang ada di dalamnya. Hal ini membuat Anda akan mendapatkan spot-spot foto yang unik.

Bbukan hanya arsitektur tamannya, ada satu hal menarik lainnya yang biasa disebut-sebut di taman ini. Yakni, arsitektur istana peristirahatan Raja Karangasem Bali.

Kawasan tersebut begitu mengesankan karena dibangun dengan perpaduan gaya Eropa pertengahan dan arsitektur Bali. Hal ini membuatnya terlihat tampak sangat unik.

Oleh karena itu, jika Anda sudah masuk ke lokasi taman, jangan lupa untuk mengabadikannya dengan mengambil gambar.  Arsitektur Eropa yang sangat kental di sini terlihat dari adanya kaca warna-warni pada dinding peristirahatan raja.

2. Tata letak kolam yang menarik

Bukan hanya gaya arsitekturnya, ternyata Taman Ujung Water Palace Bali juga sangat terkenal dengan tata letak kolamnya yang tidak kalah menarik. Secara umum, taman ini memiliki tiga kolam besar yang menakjubkan.

Sebenarnya, ketiga kolam ini berada dalam satu lokasi. Akan tetapi, letaknya terpisah. Satu kolam ada di bagian selatan dan dua kolam lainnya ada di bagian utara taman.

Yang menarik lagi, ada sebuah bangunan yang terletak di bagian tengah kolam yang selatan dengan nama Bale Bengong di mana bangunan tersebut tidak berdinding. Sedangkan di tengah kolam bagian utara ada jembatan yang menghubungkan jalan ke peristirahatan raja.

Namun, karena persitirahatan tersebut tampak menggantung, masyarakat sering menyebutnya sebagai istana gantung.

3. Dulu dan sekarang tidak berubah

Satu hal lagi yang menarik dari taman ini adalah keadaannya yang tidak berubah sejak dahulu. Jadi, bangunan di dalamnya masih sama seperti awal taman ini di bangun sejak puluhan tahun yang lalu. Padahal, beberapa tahun setelah pembangunannya ada bencana yang cukup besar terjadi di Bali, yakni meletusnya gunung Agung.

Nah, setelah Gunung Agung meletus, sebenarnya taman ini menjadi tidak terawat. Namun, pada awal tahun 2000, pemerintah kembali merenovasi beberapa kerusakan yang ada di sana.

Meski demikian, ternyata mereka sengaja mempertahankan arsitektur di taman ini sesuai dengan aslinya sehingga taman seolah tidak berubah.

Jembatan menuju water palace
Jembatan Menuju Water Palace

Sejarah Singkat Yang Perlu Anda Ketahui

Sebenarnya apa sih yang membuat taman ini begitu menarik perhatian banyak pengunjung? Jawabannya tentu cukup sulit untuk di jelaskan. Namun, tidak dapat di pungkiri jika pemandangan dan objek foto yang di tawarkan di sana memang sangat mengagumkan. Nah, untuk mengenal lebih dalam tentang taman ini, mengetahui sejarahnya tentu tidak kalah penting.

Taman Ujung Water Palace Bali awalnya dibangun mulai dari tahun 1901 atas prakarsa Anak Agung Anglurah. Arsiteknya adalah seorang Belanda bernama van Den Hentz dan seorang Cina bernama Loto Ang. Pembangunan ini juga melibatkan seorang undagi (arsitek adat Bali) hingga tahun 1921.

Namun, letusan Gunung Agung pada tahun 1963 banyak mengakibatkan kerusakan. Kemudian, taman diperbaiki pada tahun 2000. Taman ini awalnya adalah tanah yang luasnya 400 hektaran. Namun, kini luasnya tinggal sekitar 10 hektar setelah mengalami perkembangan zaman yang cukup pesat.

Bersiwata Ke Taman Ujung Water Palace Bali

Mungkin saat ini Anda sudah merencanakan untuk mengunjungi Taman Ujung Water Palace ini mumpung sudah di Bali. Namun, mengingat taman ini tidak cukup terkenal, sebaiknya Anda ketahui beberapa hal lebih lanjut terlebih dahulu tentang akses wisata taman ujung tersebut. Sedangkan untuk beberapa informasi terkaitnya, bisa Anda simak di bawah ini.

Taman Air Tirta Gangga
Kolam Ikan dan Menara Air Tirtagangga

1. Akses menuju lokasi taman

Untuk menuju lokasi taman ini tentu saja sangat penting mengetahui di mana letaknya. Nah, taman ini terletak di Desa Tumbu Kabupaten Karangasem. Karena itulah taman ujung tersebut sering juga di kenal sebagai Taman Karangasem Bali.

Namun, jika biasanya lokasi favorit di Bali adalah Pantai Kuta, taman ini cukup jauh darinya karena bisa memakan waktu perjalanan selama 2 jam dari pantai itu.

Selanjutnya, perlu Anda ketahui bahwa tidak ada transportasi khusus yang bisa Anda gunakan untuk menuju taman ini. Oleh karena itu, Anda pun harus menggunakan kendaraan pribadi.

Karena akses menuju taman ini tidaklah mudah dan memang sangat jauh. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat menggunakan jasa rental mobil di Bali yang siap untuk menemani Anda berwisata ke taman ini.

2. Tiket masuk taman ujung water palace bali

Yang tidak kalah penting untuk di ketahui sebelum Anda menuju ke sana adalah berapa modal yang di perlukan untuk masuk. Anda tidak perlu khawatir karena harganya sangat terjangkau sehingga tidak akan menguras kantong Anda. Apalagi mengingat jaraknya yang jauh, tentu saja sudah banyak pengeluaran selama di jalan.

Harga tiket masuk di sini tepatnya hanya 10.000 per orang. Selain itu ada beberapa biaya lain yang mungkin akan Anda keluarkan sehingga harus di persiapkan. Diantaranya adalah jika Anda membawa kamera DSLR, maka Anda harus membayar tambahan 50.000. Sedangkan untuk parkir mobil di sini hanya di tarik sebesar 5000 saja.

Mengingat lokasinya yang sangat jauh, tentu saja sangat di sayangkan jika yang Anda hanya mengunjungi taman ini saja. Namun, jangan khawatir karena ternyata ada beberapa objek wisata yang cukup recommended di sekitarnya, tepatnya di lokasi Karangasem juga.

Jadi, sebelum atau setelah ke Taman Ujung Water Palace ini, Anda bisa sekalian mampir ke beberapa objek wisata tersebut sehingga list wisata Anda bisa lebih banyak dan satu lokasi.

Diantara tempat wisata yang tidak kalah menarik di Karangasem ini adalah Tirta Gangga dan Candidasa. Selain itu, bagi Anda yang suka wisata alam sekelas pantai, di sini juga ada pantai pasir putih yang biasa di sebut dengan virgin beach.

Perlu Anda ketahui pula bahwa di sini banyak berdiri hotel yang bisa Anda gunakan untuk menginap sehingga tidak perlu khawatir dengan waktu saat berwisata.

Bagaimana? Anda sudah tertarik untuk berwisata ke taman ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.