Daya Tarik Pulau Alor

Daya Tarik Pulau Alor

Keindahan wilayah Indonesia Timur tak bisa Anda pungkiri, salah satunya adalah daya tarik Pulau Alor. Alor adalah sebuah pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara.

Daya tarik Pulau Alor sangat kental dengan kultural dan historis. Atraksi budayanya yang khas dalam menyambut para pelncong, membuat nama daerah ini melambung hingga ke mancanegara loh.

Pulau Alor
Photo by rakatalornesia

Geografis Pulau Alor

Secara Geografis, Alor merupakan pulau dengan luas wilayah 2.119 km², memiliki titik tertinggi 1.839 m. Pulau ini berbatasan dengan Laut Banda dan Laut Flores di sebelah utara, Selat Ombai di sebelah selatan, dan Selat Pantar di sebelah barat.

Alor berada di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara, dan merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Fakta dan alasan menarik mengunjungi pulau Alor yang lain adalah Alor memiliki banyak pegunungan yang bisa anda jelajahi.

Terletak di koordinat 08ᵒ 16’ 36” LS dan 1240 44’ 22” BT, Alor memiliki 17 gugusan pulau-pulau kecil yang merupakan 9 pulau sudah berpenghuni. Alor berjarak 260 km dari Kota Kupang dan 360 km dari Ende di Flores.

Untuk kamu yang ingin ke Alor, kamu bisa menggunakan kapal boat dari Kota Kupang dengan estimasi lama perjalanan sekitar 8 jam. Atau kamu juga bisa menggunakan jalur udara yang waktu tempuhnya selama 55 menit.

Potensi Wisata

Seperti yang sudah kita ketahui, Indonesia Timur memiliki banyak sekali potensi  di bidang pariwisata, sumber daya alam yang masih alami dan belum banyak terjamah manusia menjadikan wilayah Indonesia Timur sebagai surga bagi para penjelajah alam.

Beberapa potensi wisata Alor sebagai salah satu ujung tombak pariwisata baru Indonesia yang bisa menjadi referensi mengapa harus ke Alor

Keindahan Pulau Alor
Photo by Neyu

Baca juga nanti ya guys :

Potensi Wisata Arkeologi

Penelitian yang telah di lakukan di Kabupaten Alor, fakta dan alasan menarik mengunjungi daerah ini. Di sini banyak sekali terdapat peninggalan-peninggalan kuno. Seperti banyak orang ketahui, Alor disebut memiliki potensi arkeologi sehingga terkenal dengan Pulau Seribu Moko.

Tidak hanya ditemukannya moko. Moko sendiri adalah drum yang bagian atas bawahnya tertutup dan terbuat dari logam. Entah itu perunggu, timah, tembaga ataupun kuningan.

Di Pulau Alor juga banyak sekali peninggalan berupa rumah adat, misba, struktur bangunan, kubur tempayan, kubur ceruk, periuk tumbuh. Selain itu juga terdapat penemuan Al Quran kuno.

Potensi ini adalah fakta dan alasan menarik mengunjungi pulau Alor, untuk anda peneliti yang ingin melakukan penelitian, daerah ini adalah tempat yang bisa menjadi pilihan Anda. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa peradaban masyarakat Alor sudah cukup tinggi pada masanya.

Potensi Wisata Bahari

Meskipun Pulau Alor masih kalah terkenal dengan Pulau Bali. Akan tetapi potensi wisata bahari kawasan ini termasuk sebagai destinasi wisata tidak bisa kita remehkan begitu saja.

Untuk Anda yang menyukai snorkeling maupun diving, wisata bahari daerah ini adalah salah satu tempat yang harus Anda tuju. Fakta dan alasan menarik mengunjungi pulau Alor adalah kekayaan biota laut dan juga jernihnya air laut menjadi nilai tambah wisata bahari daerah ini sebagai tujuan wisata bahari.

Dengan potensi wisata bahari pulau alor ini anda bisa menikmati terumbu karang yang berwarna-warni serta kekayaan bawah laut yang menakjubkan.

Jenis ikan yang bisa anda temui seperti tuna, sunfish dan grey reef shark yang langka. Bahkan jika Anda beruntung, Anda bisa berenang bersama ikan pari manta serta ikan hiu paus.

Jangan khawatir dengan sarana prasarana yang terdapat di daerah ini, pemerintah sudah berusaha memaksimalkan potensi wisata bahari yang ada dengan menyiapkan fasilitas seperti penginapan dan segala sesuatu penunjangnya, hal ini menjadi fakta dan alasan menarik mengunjungi Pulau Alor.

Baca juga :

Meskipun kurang terkenal dan masih kalah pamor dengan pulau Bali, Alor adalah salah satu tujuan wisata yang bisa Anda kunjungi karena keunikan sejarah dan budayanya. Semoga dapat menambah wawasan Anda ya. Selamat liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *