7 Spot Destinasi Bahari Sulawesi Tenggara

Destinasi Bahari Sulawesi Tenggara

Destinasi bahari Sulawesi Tenggara seperti tak ada habisnya. Ada banyak pilihan objek wisata bahari yang dapat Anda kunjungi.

Apalagi saat ini, objek-objek wisata di wilayah Sulawesi Tenggara sedang dalam tahapan perkembangan oleh pemerintah setempat.

Dengan demikian, fasilitas-fasilitas tempat wisata akan semakin lengkap sehingga liburan Anda menjadi semakin nyaman.

Destinasi Sulawesi Tenggara
Photo via Widya

Sulawesi adalah salah satu pulau yang terbesar di Indonesia. Jadi, tidak salah jika terdapat banyak destinasi yang menarik mulai dari pemandangan alam, pegunungan hingga wisata air.

Sebagian besar wilayah Indonesia adalah laut, oleh karena itu Sulawesi Tenggara juga menawarkan pesona destinasi bahari yang indah dan menakjubkan.

Destinasi dengan laut eksotis dan pemandangan bawah laut dapat Anda temukan di wilayah Sulawesi Tenggara. Daya tarik inilah yang membuat banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berlomba untuk mengunjungi Sulawesi Tenggara.

Tips Sebelum Mengunjungi Destinasi Bahari Sulawesi Tenggara 

Sebelum mengetahui spot wisata bahari Sulawesi Tenggara yang harus Anda masukkan ke dalam daftar yang akan Anda kunjungi, anda harus memperhatikan beberapa hal seperti:

  • Pastikan lokasi aman

Hal yang wajib Anda perhatikan pertama kali saat mengunjungi wisata bahari adalah memastikan terlebih dahulu apakah lokasi yang akan Anda kunjungi termasuk tempat yang aman.

Oleh karena itu, manfaatnya dalam mengumpulkan informasi terkait tujuan destinasi. Banyaknya spot wisata bahari membuat anda harus memilih dan memilah.

  • Membawa travel kit kesehatan

Ketika travelling, sebaiknya membawa travel kit kesehatan seperti tisu, hand sanitizer, obat-obatan, masker dan lainnya. terutama, di saat masa pandemic covid-19 seperti sekarang ini.

  • Cek kuota kunjungan di tempat wisata

Sebelum mengunjungi destinasi di Sulawesi Tenggara, baiknya ketahui jumlah wisatawan yang bisa mengunjungi spot tersebut. Saat ini, beberapa tempat wisata memberikan aturan terkait waktu hingga jumlah wisatawan.

Destinasi Bahari Sulawesi Tenggara Terus Berkembang 

Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki potensi pembangunan dari sisi pertanian dan pariwisata. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara mengatakan potensi wisata Sulawesi Tenggara misalnya Segitiga Karang Dunia Wakatobi yang sudah menjadi 10 destinasi di Indonesia.

Selain itu sedang dalam tahap pengembangan adalah Pulau Bokori dan Pulau Muna. Dengan demikian, pengembangan destinasi wisata di Provinsi Sulawesi Tenggara ini diharapkan dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi sehingga dapat menambah pendapatan daerah.

Cek nanti ya guys :

Di bawah ini kami berikan 7 spot wisata air di Sulawesi tenggara yang populer dan wajib Anda kunjungi

Wisata Sulawesi Tenggara
Photo via Dirna Prajawati

Destinasi Bahari Wakatobi Sulawesi Tenggara 

Spot destinasi bahari Sulawesi tenggara yang pertama kali dan cukup terkenal dikalangan turis adalah Taman Laut Nasional Wakatobi. Lokasinya terletak di Lagiwae, Ambeua, Kec. Kaledupa, Kab. Wakatobi. Saat ke Sulawesi Tenggara, tidak lengkap jika tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Anda bisa menemukan 90% dari biota laut di dunia di sini. Bahwa Taman Nasional Wakatobi ditetapkan sebagai tempat konservasi biota laut di tahun 2002. Bagi anda pecinta diving, tempat wisata ini sangat cocok untuk menjadi destinasi liburan Anda.

Pulau Bokori 

Pulau yang satu ini memang menawarkan pemandangan pantai yang cantik dan rumah-rumah nelayan di sekitarnya. Destinasi wisata bahari berada di Tapulaga, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe. Anda juga dapat dengan mudah menemukan kantin, resort, dan lainnya. Pulau Bokori berada di bagian tengah lautan.

Pantai Sagori 

Spot wisata air di Sulawesi tenggara lainnya adalah pantai Sagori, namun destinasi Sagori masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Untuk pemandangan laut tidak perlu Anda ragukan lagi.

Anda juga dapat mempelajari kebiasaan dari suku Bajo. Selain itu, aktivitas lainnya adalah diving dan bersantai di pinggir pantai. Paling menakjubkan, anda akan melihat bangkai kapal yang bersejarah di sekitar pantai ini.

Danau Biru Kolaka 

Spot wisata air di Sulawesi tenggara yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Danau biru Kolaka. Satu tujuan wisata bahari ini terletak di Walasiho, Wawo, Kabupaten Kolaka Utara.

Bagi anda yang suka pantai sekaligus danau, anda wajib datang ke tempat ini. Selain itu, melakukan aktivitas snorkeling untuk melihat spesies ikan di kedalaman air 7 meter.

Pantai Nirwana

Destinasi wisata bahari di Sulawesi tenggara lainnya adalah pantai Nirwana. Pantai dengan pasir putih dan pemandangan laut yang luar biasa. Spot wisata air di Sulawesi tenggara menawarkan kegiatan menarik seperti berjemur, dan kegiatan menyelam.

Salah satu pantai dengan ombak yang cukup tenang sehingga sangat cocok untuk tempat berenang. Lokasinya ada di kota Bau-Bau, di wilayah Sulaa, Kecamatan Betoambari.

Untuk sampai ke pantai ini, anda hanya perlu berkendara dengan sepeda motor atau mobil sekitar 10 menit dari kota Bau-Bau. Letak pantai Nirwana sangat strategis, jadi, anda bisa menikmati kota Bau-bau setelah lelah menikmati pantai.

Pantai Kamali 

Selanjutnya pantai kamali di Jalan Mayjend, Sutoyo, Wale, Bau-Bau. Pantai ini dilengkapi dengan patung naga yang merupakan ikon dari kota Bau-Bau, Sulawesi tenggara.

Jika anda ingin menikmati suasana kota dan pantai secara bersamaan, anda bisa mengunjungi tempat ini. Harga tiket untuk tempat wisata juga berbeda-beda, bergantung hari yang Anda kunjungi. Namun, biasanya harganya hanya Rp. 10.000. Sangat terjangkau kan?

Pulau Muna Sulawesi Tenggara

Selanjutnya spot destinasi bahari Sulawesi Tenggara tak kalah menarik adalah Pulau Muna. Pulau dengan luar hampir 2.889 km 2, menawarkan alam yang indah dengan sekitarnya terdapat Danau Moko, tanjung, dan lainnya.

Hanya dengan tiket masuk sekitar Rp. 50.000, anda bisa menikmati 9 destinasi wisata beragam di pantai ini. Lokasi tepatnya terletak di Madampi, Kec. Lawa, Kab. Muna. Kegiatan yang dapat Anda lakukan di sini adalah menikmati sunset, berjalan-jalan, hingga berenang.

Itulah 7 spot wisata air di Sulawesi tenggara yang akan membuat liburan panjang anda jauh lebih berkesan. Pastikan untuk membuat rencana dengan baik dan memasukkan destansi ke daftar tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Jangan lupa abadikan setiap momen dengan mengambil foto di setiap tempat sebagai kenang-kenangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *