Gua Bangkang Lombok Tengah

Gua Bangkang Lombok Tengah

Gua Bangkang Lombok Tengah merupakan salah satu gua yang sangat populer di kawasan wisata Lombok. Gua ini merupakan salah satu gua eksotis yang wajib Anda kunjungi saat berwisata ke lombok.

Ya, Indonesia memiliki banyak tempat wisata dalam bentuk goa eksotis yang pasti akan membuat Anda terkagum-kagum. Kali ini kita akan membahas seputar tentang Gua Bangkang ini ya. Simak yuk.

Gua Bangkang
Photo via edycacok

Lokasi dari Gua Bangkang Lombok Tengah

Sebelum kita bahas mengenai pesona Gua Bangkang, kita bahas terlebih dahulu lokasi dari Gua Bangkang ini. Dari segi lokasinya, Gua Bangkang Lombok Tengah termasuk sebagai salah satu gua yang cukup menarik. Hal ini karena Gua Bangkang berlokasi di dekat banyak tempat wisata lainnya.

Gua Bangkang merupakan gua yang berlokasi di Desa Prabu, Lombok Tengah. Gua ini lokasinya cukup dekat dengan beberapa tempat wisata seperti pantai Kuta Mandalika dan juga Pantai Selong Belanak.

Selain itu, lokasi dari Gua Bangkang ini bisa Anda jangkau dengan sangat mudah. Anda bisa menikmati keindahan Gua Bangkang ini hanya dengan berkendara selama 20 menit dari Bandara Internasional Lombok atau BIL.

Daya tarik dari Gua Bangkang 

Seperti disebutkan sebelumnya, Gua Bangkang merupakan salah satu gua yang sangat eksotis. Gua ini merupakan gua dari salah satu hewan nokturnal yaitu kelelawar. Oleh karena itu Anda bisa menemukan ribuan kelelawar bergantung saat mengunjungi Gua Bangkang ini.

Selain memiliki kelebihan berupa banyaknya kelelawar yang bisa Anda temukan, Gua Bangkang juga memiliki kelebihan lain dari segi visualnya. Salah satu spot terbaik dari Gua Bangkang ini adalah ruang gua terbuka di bagian atas yang dilalui oleh cahaya matahari.

Cahaya matahari yang menembus dinding atas gua ini membuat gua terlihat sangat menarik. Cahaya matahari yang masuk ke dalam gua ini kemudian disebut dengan cahaya ilahi.

Keindahan gua dengan cahaya ilahinya membuat Gua Bangkang menjadi salah satu gua yang paling banyak menjadi destinasi wisata di Lombok.

Selain daya tarik berupa gua yang indah dengan cahaya ilahi yang menembus dinding gua, hal menarik lainnya yang membedakan Gua Bangkang dengan gua wisata lainnya adalah kesan Gua Bangkang ini.

Umumnya gua kelelawar memiliki kondisi yang cukup seram. Hal karena faktor pencahayaan minim yang Gua Bangkang. Akan tetapi, Gua Bangkang ini ternyata merupakan salah satu gua yang tidak memberikan kesan seram. Kesan seram oleh Gua Bangkang ini hilang karena adanya pencahayaan yang berasal dari bagian atas gua ini.

Gua Bangkang Lombok
Photo via lomboktourplus

Fasilitas yang ada di Gua Bangkang 

Lalu bagaimana dengan fasilitasnya? Sebagai sebuah gua wisata, Gua Bangkang merupakan salah satu gua yang tidak begitu lengkap fasilitasnya. Meski gua ini sangat indah, tapi pengelolaan gua ini masih terbilang sangat minim.

Salah satu minimnya pengelolaan gua ini bisa Anda lihat dari tangga masuk gua yang cukup sederhana. Gua Bangkang memiliki tangga masuk dengan tampilan yang sangat sederhana karena hanya dibuat dari bahan kayu yang tipis kurang kokoh. Tangga inilah yang nantinya jadi jalur masuk dan keluar dari gua.

Sedangkan untuk lokasinya, Gua Bangkang merupakan gua yang bisa Anda jangkau dengan jalanan yang cukup sulit. Akan tetapi jalanan untuk Gua Bangkang ini dalam proses pembangunan. Jadi, di masa depan kita bisa berharap bahwa Gua Bangkang lebih mudah di jangkau.

Cek juga nanti ya guys :

Tips wisata ke Gua Bangkang Lombok Tengah

Untuk Anda yang tertarik berwisata ke Gua Bangkang, Anda bisa berwisata ke gua bangkang ada beberapa produk yang wajib Anda bawa.

  • Masker

Selain merupakan salah satu standar protokol kesehatan saat ini, saat Anda berkunjung ke Gua Bangkang ini Anda wajib menggunakan masker. Mengapa? Hal ini karena di dalam Gua Bangkang ini Anda tidak hanya akan melihat keindahan dalam gua tapi juga akan disuguhi aroma kotoran kelelawar yang cukup menyengat.

  • Topi

Selain memiliki kotoran yang menyengat, Anda juga perlu waspada saat berjalan-jalan di bawah kelelawar. Pasalnya kotoran ini tidak hanya mungkin Anda cium, tapi juga mungkin mengotori tubuh Anda. oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menggunakan topi saat masuk ke dalam gua ini.

  • Alas kaki dan senter

selanjutnya, Anda juga sebaiknya membawa senter dan juga alas kaki yang kuat dan juga senter. Kami sarankan Anda untuk menggunakan alas kali yang kuat dan nyaman karena tanah di dalam gua cukup lembek.

Kami sarankan Anda untuk membawa senter untuk membantu Anda agar lebih mudah berjalan saat di kegelapan di dalam gua.

Oh ya, selain membawanya dari rumah, Anda juga bisa membeli perlengkapan-perlengkapan di atas saat berada di muka Gua Bangkang ini.

Di muka gua Anda bisa menemukan banyak orang lokal yang menjual kerajinan khas lombok yang berhubungan dengan peralatan yang kami rekomendasi sebelumnya.

Baca juga :

Nah itu dia ulasan seputar Gua Bangkang di Lombok Tengah. Bagi kalian terutama para pecinta adventure dan tantangan, jangan lupa untuk datang langsung melihat keindahan gua ini ya. Selamat berlibur.