Flores

Kanawa Island Labuan Bajo | Bintang Laut Di Taman Nasional Komodo

Kanawa-Island-labuan-bajo

Kanawa Island Labuan Bajo

Kanawa island labuan bajo merupakan pulau kecil dengan ribuan bintang laut cantik bertebar di sepanjang pantainya. Pulau yang biasa orang lokal menyebutnya Pulau Kanawa ini tidak akan habis rasanya untuk menceritakan salah satu dari sekian ribu keindahan yang ada di Flores.

Sepertinya yang diketahui semua bagian dari Flores memang sangat indah. Dari penjuru barat hingga penjuru timur Pulau Flores, anda bisa menemukan pemandangan yang luar biasa. Mulai dari Taman Nasional Pulau Komodo hingga akhirnya Anda bisa mencapai Pulau Kanawa yang merupakan surga tersembunyi di tepi Flores.

Pulau Kanawa merupakan sebuah pulau kecil yang memiliki air laut sebening kristal dengan pasir putih dan terumbu karang yang sangat indah. Pulau ini memiliki warna gradasi air laut yang berwarna biru dan cocok sekali dijadikan sebagai tempat wisata untuk menghilangkan penat karena kesibukan pekerjaan.

Kanawa-Island-labuan-bajo
Kanawa island labuan bajo

Pondok-pondok mungil di tepi pantai serta rindangnya pohon ketapang akan membuat mu terpesona dan merasa orang paling beruntung di muka bumi ini dapat menikmati keindahannya. Pulau ini menjadi salah satu tujuan paling diminati oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara di Pulau Flores Labuan Bajo.

Kanawa island dimana?

Lokasi Pulau Kanawa tepatnya pulau kanawa berlokasi di Labuan Bajo dengan luas bentangan pulau 35 hektar. Pulau kecil ini memiliki pemandangan bahari yang sangat luar biasa dan dipisahkan oleh pulau pungu besar untuk mencapai pulau kelor yang juga merupakan salah satu tujuan saat sailing tour komodo di labuan bajo.

Keindahan kanawa yang paling bisa dinikmati adalah keindahan bawah laut Kanawa island labuan bajo yang begitu istimewa. Anda akan takjub dengan keajaiban biota laut yang tinggal di Pulau ini.

Kanawa port pertama

Waiting point Kanawa

Pulau dengan pasir putih ini berada di gugusan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: Legenda sejarah komodo di mata masyarakat lokal pulau komodo.

Objek wisata ini dikelola oleh orang berkewarganegaraan Italia. Sebelum dikelola olehnya, pulau ini lebih dahulu dikelola oleh penduduk setempat. Namun, kondisinya pun menjadi kurang terawat.

Pulau yang berada dalam kawasan Taman Nasional Komodo ini membutuhkan waktu 10 menit dari Bandara Internasional Pulau Komodo. Anda nantinya akan melanjutkan perjalanan menggunakan kapal dalam waktu kurang lebih 1 jam.

Pulau Kanawa Labuan Bajo

Berkunjung ke Pulau Kanawa , Anda bendar-benar tidak boleh melewatkan keindahan baharinya. Snorkeling dan diving merupakan hal yang wajib Anda coba di Pulau ini. Anda bisa menikmati beberapa biota laut di pesisir pantai seperti kepiting laut, biota kecil, dan beberapa binatang laut lainnya.

Ribuan hewan jenis invertebrata yang termasuk dalam filum Echinodermata dan kelas Asteroidea atau disebut bintang laut (starfish) bersembunyi di tanaman lamun yang berserakan di atas pasir putih.

Pantai Kanawa Island Labuan Bajo

Penginapan di Pulau Kanawa ini pun juga sudah dibangun dengan sebaik mungkin. Tidak akan puas rasanya jika Anda berkunjung ke pulau ini tanpa bermalam. Anda harus menikmati eksotisme malam di pulau yang menakjubkan ini.

Anda bisa memilih cottage, resort, ataupun bungalow yang tersebar di area ini. Harganya pun cukup ekonomis mulai dari 600 ribu rupiah saja dan sudah mendapatkan fasilitas lengkap yang akan memanjakan Anda semua.

Akomodasi untuk para backpacker telah tersedia dengan lengkap di Kanawa Island Labuan bajo. Anda bisa menyewa tenda camping dan peralatan camping lainnya. Anda bisa melakukan camping di malam hari sambil menikmati bintang-bintang di langit di bibir pantai. Bintang-bintang di langit nampak begitu memukau di langit Pulau Kanawa .

Rute menuju Pulau Kanawa terbilang cukup mudah. Anda bisa memulai perjalanan dari pelabuhan Pulau Bali atau menggunakan pesawat. Anda akan tiba di Labuan Bajo sebelum selanjutnya melanjutkan perjalanan ke pulau ini.

Anda bisa menggunakan sewa kapal di labuan bajo dengan mata komodo untuk mengunjungi Pulau Kanawa. Bisa juga secara gratis kapal shuttle dari Kanawa Beach Bungalow diperuntukan bagi tamu stay di becah bungalow tersebut.

Surga tersembunyi di Flores ini sudah pasti akan membuat Anda terhipnotis. Meskipun Anda akan membutuhkan biaya yang besar, hal tersebut seimbang dengan apa yang akan Anda dapatkan.

Tiket Masuk Kanawa Island

Biaya distribusi tiket masuk pulau kanawa ini cara hitung-nya unik loh.. Jadi tiket masuk kanawa ini di hitung per kapal/rombongan yang berlabuh di dermaga. Dikenakan biaya IDR. 100.000 per kapal atau per rombongan.

Dengan kata lain meskipun rombongan tersebut ada 20 orang dalam 1 kapal atau hanya 2 orang saja dalam 1 kapal tetap akan di charges segitu. Harga tiket masuk tersebut berlaku untuk semua orang atau market, baik WNI maupun Overseas WNA.

Kumpulan foto Adventure di Pulau Kanawa

Pulau Kanawa Bajo

Welcome to Kanawa

Kanawa swing beach island

Loket Masuk Kanawa

Kanawa wood Port

Tips
Tips & Trip Berkunjung Ke Pulau Kanawa

Pulau Kanawa sebagai salah satu surga di tepi Flores memang belum dikenal banyak oleh masyarakat luas. Namun jangan salah, pengunjung tempat ini pun kini tidak hanya dari wisatawan lokal saja, namun banyak turis asing yang senang mengunjungi tempat yang menakjubkan ini.

Namun, pulau ini memang benar-benar terpencil. Anda harus melakukan beberapa tips & trip menuju Pulau Kanawa agar tidak kaget sesampainya di pulau ini.

  1. Hemat Listrik
    Listrik di Pulau Kanawa hanya akan menyala pada pukul 6 sore hingga pukul 11 malam. Selebihnya, Anda tidak bisa menggunakan listrik. Jadi, Anda harus benar-benar berhemat untuk masalah listrik. Jika Anda memiliki beberapa peralatan seperti kamera ataupun gadget lain, Anda harus benar-benar memanfaatkan jam tersebut untuk melakukan pengisian baterai.
  2. Hemat air bersih
    Air bersih hanya bisa didapatkan satu kali dalam sehari. Oleh karena itu, Anda harus bisa menyimpan cadangan air untuk digunakan dalam waktu sehari.
  3. Bawa peralatan snorkeling ataupun berenang
    Berkunjung ke Pulau Kanawa tidak akan lengkap tanpa berenang dan snorkeling. Memang banyak sekali yang menyewakan peralatan diving dan snorkeling di tempat ini. Namun, Anda bisa mempersiapkannya sendiri dari rumah untuk menghemat biaya Anda.
  4. Gunakan travel agent atau open tour
    Untuk mendapatkan harga yang lebih murah ketika berkunjung ke Pulau Kanawa , Anda bisa menggunakan jasa open trip atau tour agent yang akan memberikan harga yang lebih murah kepada Anda. Jadi, Anda tidak perlu repot mencari penginapan atau masalah transportasi yang akan Anda gunakan.
  5. Sunblock & Sun glass
    Jangan lupa membawa sunblock atau lotion pelindung sinar matahari andalan mu. Sebab cuaca tropis di flores khususnya kanawa sangat panas hal tersebut akan melindungi kulit dari dampak buruk sinar UVA dan UVB anda. Sun glass di butuhkan juga agar penglihatan mata tidak terlalu silau oleh sinar matahari di siang hari. Selain itu dapat digunakan tuk tampil gaya saat berpose selfie depan kamera smartphone mu, bukan?
Kesimpulan

Jadi, Pulau Kanawa bisa menjadi salah satu destinasi terbaik untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan dengan pemandangan alam dan laut yang luar biasa. Anda yang senang melakukan aktivitas diving atau pun snorkeling bisa melakukan kegiatan tersebut di tempat ini. Tempat ini juga sangat cocok untuk Anda yang senang bereksplorasi untuk melihat keagungan alam dari sang Maha Pencipta.

Datanglah ke Pulau Kanawa dan nikmatilah berbagai macam pesona yang ada di tempat ini. Jangan lupa, bawa teman dan keluarga untuk mendapatkan liburan yang tidak terlupakan seumur hidup Anda.

Appreciate kami jika travela mau tinggalkan dan review star dibawah sini.

Salam – Alfonso giostanov | Kanawa Island Labuan Bajo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.