Panorama Lappa Laona Barru

Lappa Laona Barru

Indonesia terkenal dengan banyak tempat wisata alam yang sangat memukau, salah satunya Lappa Laona Barru yang terletak di Sulawesi Selatan. Wisata alamnya menampilkan berbagai view indah, seperti hamparan hijau sabana, pegunungan, perbukitan dan sarana out bond. Yuk kita intip Lappa Laona Barru!

Lappa Laona
Photo by Phinemo

Gambaran Lappa Laona Barru

Lappa Laona Barru merupakan sebuah destinasi alam dengan hamparan luas padang rumput dan eksotisme bukit yang menjulang 1000 mdpl. Tak heran jika banyak wisatawan asing betah ngadem di daerah ini karena udaranya masih sangat bersih. Tak seperti wisata alam umumnya yang mulai dibangun area istirahat, wahana penuh sesak, di lappa laona tetap mempertahankan keaslian daerah. View pedesaan mencirikan sebuah konsep bagaimana warga sekitar hidup.

Mereka hanya mengandalkan makanan yang mereka tanam secara alami dan memakan daging secara berkala. Anda yang ingin mencontoh model kembali ke alam bisa banget nih.

Luasnya wilayah Lappa Laona Barru membuat fisik Anda tertantang untuk mendaki setiap waktu, sesampainya di atas bukit yang terdapat gardu pandang, Anda akan melihat suasana kota sulawesi begitu kecil sekali.

Saat malam tiba, Anda yang sedang melakukan camping akan melihat indahnya kerlip bintang di langit dan lampu kota. Penduduk sekitar menyebut Lappa Laona dengan sebutan lapangan seluas mata memandang. Pulau Pannikiang juga bisa terlihat dari atas gardu pandang sekitar 50 km.

Lokasi dan Tiket Masuk

Lokasi Lappa Laona Barru tepatnya ada di Kecamatan Barru, Desa Tanette Riaja, Dusun Harapan, Sulawesi Selatan. Untuk masuk ke area ini Anda tidak akan dikenakan tiket alias gratis. Anda hanya akan dibebankan biaya penjagaan kendaraan sebesar Rp. 3000 untuk kendaraan roda dua sedangkan untuk roda empat sebesar Rp. 5000.

Akses menuju ke Lappa Laona cukup menantang dan beberapa jalannya masih perlu perbaikan. Namun, untuk jalan umum terbilang bagus sedangkan jalan menuju gardu pandangnya butuh kesabaran dan perjuangan.

Tentunya semua akan terbayar dengan maksimal setelah Anda sampai ke titik tertingginya Lappa Laona. Anda bisa datang ke Lappa Laona Barru tanpa ada batasan waktu. Tetapi jika Anda memilih pada malam hari, akan ada banyak rombongan camping. Tentunya juga akan ada petugas yang berkeliling untuk mengawasi aktivitas. Hal ini untuk mecegah para pendaki membawa minuman keras yang berpotensi merusak keasrian lingkungan.

Baca juga nanti guys :

Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan di sini 

  1. Out bond

Out bond yang tersedia di Lappa Laona Barru adalah wahana menantang flying fox dengan keamanan yang sangat baik. Hanya untuk dewasa dan tidak untuk usia anak. Wahana ini menguji nyali Anda untuk mengitari luasnya Lappan Laona 270 meter. Tiket untuk bermain wahana ini sekitar Rp. 50 ribuan. Dan tentu saja semua peralatan telah disediakan oleh pihak pengurus Lappan Laona.

  1. Camping

Bagi Anda yang menyukai kegiatan berkemah atau camping yang benar-benar alamiah, datang saja ke Lappa Laona Barru ini. Setiap akhir pekan, hamparan lapangan akan penuh sesak dengan rombongan pendaki yang tengah camping. Setelah Anda selesai camping, Anda tentu saja harus membersihkan area lapangan agar kembali asri.

  1. Olahraga ringan

Kendati hanya ada lapangan luas saja, banyak orang yang mencoba olahraga seperti lari, jogging, bersepeda dan senam. Saat pagi, sinar matahari terbit dari ufuk timur dengan udara dingin membuat tubuh Anda lebih sehat.

  1. Spot selfie

Mengambil gambar jangan sampai kelupaan ya, karena pemandangan yang begitu elok. Selain itu juga tersedia pondok istirahat yang bentuknya sangat unik.

Baca juga :

Lappa Laona Barru wisata alam yang benar-benar asri. Jaga kelestarian alam kita dengan tidak membuang sampah sembarangan.