Makam Batu Bori Parinding

Makam Batu Bori Parinding

Makam Batu Bori Parinding adalah situs pemakam yang menjadi destinasi wisata. Makam ini merupakan situs purbakala yang kuno dan terletak di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Bukannya akan merinding, kamu justrus akan terkesima. Bahkan. warisan purbakala ini telah menjadi warisan dunia oleh UNESCO loh. Yuk simak ulasannya.

Makam Bori Parinding
Photo by Kumparan

Makam Batu Bori Parinding : Situs Megalitikum Tana Toraja Yang Eksotik

Tana Toraja memiliki tradisi kematian unik yang bahkan menjadi destinasi wisata. Tradisi seperti Upacara Rambu Solo hingga Tradisi Ma’nene bahkan terkenal hingga manca negara yang setiap tahunnya berhasil menarik perhatian.

Masyarakat Toraja sangat menghargai leluhurnya dan menghormati orang yang telah pergi lebih dahulu. Mereka berkeyakinan jika jiwa jiwa yang mati adalah leluhur yang harus dihormati dan dihargai.

Namun, tahukah kamu jika Tana Toraja masih memiliki keunikan lainnya. Salah satunya adalah situs megalitikum yang bernama Bori Parinding atau juga terkenal dengan stonehengenya Indonesia.

Di objek wisata unik satu ini kamu bisa melihat menhir atau batu raksasa yang berbentuk phallus. Warga sekitar meyakini menhir ini sebagai simbol kematian yang abadi. Ukuran batu menhir beragam, ada yang sedang, besar dan juga kecil.

Makam Batu Kuno Bori Parinding ini merupakan salah satu objek wisata warisan dunia UNESCO. Wisata ini sudah ada sejak tahun 1718 yang hingga kini tetap berdiri kokoh dan menjadi salah satu objek wisata Tana Toraja yang wajib untuk Anda kunjungi.

Meskipun mirip seperti stonehenge, tetapi menhir di lokasi ini merupakan batu yang dibentuk lebih dulu dan kemudian ditanam yang tidak dilakukan oleh sembarang orang.

Masyarakat sekitar membuat Batu Menhir ini untuk menghormati keluarga bangsawan ataupun pemuka adat yang telah meninggal. Jumlah menhir di lokasi ini kurang lebih 102 buah dengan berbagai ukuran.

Meskipun berbeda ukuran namun tetap tidak membedakan makna dan bernilai sama. Inilah penyebab orang yang menempatkan atau membawa tidak sembarang orang. Sebelumnya batu juga harus melalui beberapa tahapan ritual.

Tak Hanya Menhir, Makam Batu Hingga Rumah Adat Juga Wajib Dijelajah

Kuburan Batu Bori Parinding
Photo by Makassar Guide

Bori Parinding juga menjadi tempat upacara kematian dan juga memakamkan penduduk Toraja yang meninggal. Menurut masyarakat Toraja, tanah merupakan elemen suci yang menumbuhkan kehidupan. Oleh sebab itu, mereka lebih memilih menempatkan orang yang telah meninggal di dalam batu.

Setelah melihat menhir, saat kamu berjalan pada trek di Makam Batu Kuno Bori Parinding maka kamu bisa melihat kuburan batu di sisi kiri dan kanan. Berdasarkan sumber masyarakat setempat, di dalam batu tersebut ada satu keluarga bukan hanya satu orang saja.

Bahkan memang biasanya batu yang besar sengaja mereka siapkan untuk pemakaman satu keluarga. Kamu juga bisa melihat tongkonan dengan tanduk kerbau sebanyak 1000.

Hal menarik lainnya yang bisa kamu lihat di tempat ini adalah baby graves atau pemakaman bayi. Lagi lagi kamu akan takjub karena kuburan bayi di tempatkan pada pohon Tarra. Bayi yang dimakamkan di dalam pohon merupakan bayi yang masih menyusu.

Karena menurut kepercayaan getah pohon tarra yang bewarna putih adalah ganti susunya. Pohon akan mereka lubangi dan jenazah bayi akan dimasukkan dan ditutup dengan mengunakan ijuk.

Akses Menuju Bori Parinding Yang Harus Kamu Tahu

Jika kamu sedang melakukan perjalanan ke Tana Toraja, untuk menuju Makam Batu Kuno Bori Parinding kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 9 km dari Rantepao. Bori Parinding terletak di Kalimbuang Bori, Kecamatan Sesean, Toraja Utara.

Perjalanan yang cukup panjang ini kamu akan bisa melihat pemandangan sawah hijau yang sejukkan mata. Apalagi udara Tana Toraja juga masih sejuk dan belum banyak polusi.

Mengunjungi situs ini sebaiknya pada pagi atau sore hari karena menjadi waktu terbaik untuk berkunjung. Kamu harus membayar retribusi khusus sekitar Rp. 10 hingga Rp 15 ribu. Ada baiknya ketika mengunjungi Bori Parinding, kamu mengunakan guide.

Guide nantinya tidak hanya memandu namun bisa membuat kamu menambah wawasan tentang situs kebanggan Tana Toraja ini. Bonusnya kamu bisa banyak tahu cerita yang beredar.

Kamu bisa mengabadikan beberapa hal unik di lokasi ini. Tapi demi keamanan ada baiknya kamu selalu mematuhi dan bertanya dahulu kepada guide yang membawamu.

Mengunjungi Makam Batu Kuno Bori Parinding, tak hanya untuk melihat keunikannya namun kamu juga bisa melihat bagaimana masyarakat menjunjung tinggi adat istiadat mereka hingga saat in. Jika kamu beruntung mungkin kamu bisa melihat secara langsung upacara adat kematian seperti Upacara Rambu Solo.

Menjelajah Tana Toraja memang tidak ada habisnya jika menyangkut keunikkannya. Jika kamu berencana untuk megeksplor Tana Toraja kamu bisa langsung mengakses Gotravelaindonesia.com.

Baca juga :

Situs satu ini akan menawarkan berbagai kemudah perjalanan kamu ke Toraja. Paket wisata yang kami tawarkan juga beragam sehingga akan membuat liburan Anda semakin kece. Jadi sudah siap menjelajah Bori Parinding?