Kuburan Londa Tana Toraja

Kuburan Londa Tana Toraja

Salah satu wisata yang wajib anda coba di Sulawesi Selatan adalah Wisata Kuburan Londa Tana Toraja. Tentunya sudah tidak asing lagi mendengar tradisi kematian yang ada di Tana Toraja. Karena memang Tana Toraja identik dengan hal tersebut. Berikut Ulasan mengenai wisata Kuburan Londa Tana Toraja.

Kuburan Londa Toraja
Photo by Detik Travel

Londa, Kuburan Unik Khas Tana Toraja Yang Mempesona

Berkunjung ke kuburan memang identik dengan kematian dan juga hal menyeramkan lainnya. Namun jika anda mengunjungi pemakaman di Tana Toraja akan lain ceritanya. Bulu kuduk yang meremang akan tergantikan dengan ekspresi tercengang karena pesonanya.

Menginjakkan kaki ke Tana Toraja tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Londa. Apalagi objek wisata ini menjadi objek wisata favorit banyak turis lokal maupun turis asing.

Wisata Londa Tana Toraja merupakan makam unik khas Toraja yang berada di sebuah bukit dan berbentuk gua. Di dalam gua anda bisa menemukan peti mati, tengkorak, dan tulang belulang yang sudah berumur hingga ratusan tahun.

Ketika anda baru saja menginjakkan kaki di tempat ini, anda bisa melihat jajaran patung kayu yang biasa disebut dengan Tau Tau. Patung Tau tersebut merupakan patung dari jenazah yang telah dimakamkan di Londa.

Tau tau akan terletak pada mulut gua seperti beranda yang menyambut kedatangan anda. Patung ini dibuat sesuai dengan ukuran asli dan didandani seperti layaknya beliau ketika masih hidup.

Tidak semua orang yang meninggal dibuatkan Tau Tau. Hanya golongan bangsawan dan prosesi pemakaman mengunakan adat paling tinggi yang boleh memiliki Tau Tau.

Masyarakat Toraja berkeyakinan, jika semakin tinggi peti maka semakin tinggi derajat dan juga roh akan cepat sampai ke nirwana. Sehingga anda akan menemukan banyak peti mati atau erong ketika mengunjungi wisata Londa Tana Toraja ini.

Erong ini akan ditahan dengan kayu yang membuat peti tersebut bisa di dinding bukit. Dalam pemakaman suku Toraja, keluarga juga akan mengisi peti dengan barang berharga milik keluarga yang meninggal. Kemudian mereka akan meletakkan peti di ketinggian sebagai cara untuk melindungi barang-barang berharga tersebut

Berkesempatan Untuk Menjelajah Isi Goa

Kuburan Londa
Photo by Iwan Motret

Jika anda berkunjung ke Londa, ada dua goa yang boleh untuk anda masuki. Dari berbagai sumber, kedua goa ini sebenarnya saling berhubungan. Hanya saja untuk mengaksesnya butuh perjuangan karena anda harus setengah merayap.

Apalagi panjang goa ini sekitar 1.000 m. Goa Londa juga memiliki cerita romatis yang terkenal denga Romeo Juliet versi Tana Toraja. Kini tulang belulang mereka diletakkan berdekatan.

Anda akan sedikit membungkuk ketika memasuki Goa karena memang jalannya yang sempit. Di dalam Goa tentunya sangat gelap sehingga anda membutuhkan cahaya untuk menjelajah. Karena tidak ada listrik anda harus menyewa lampu penerang untuk menelusuri goa.

Jasa penyewa lampu ini  juga sekaligus akan menjadi pemandu tour anda. Tarif untuk lampu ini bisa anda sepakati dengan pemandu. Jadi sebaiknya anda pandai menawar.

Saat anda berwisata ke Kuburan Londa Tana Toraja dan akan memasuki goa anda tidak boleh menyentuh atau mengambil benda apapun di dalam goa. Karena baik tulang atau tengkorak di dalam goa membutuhkan ritual dan proses adat khusus untuk memindahkannya.

Anda hanya bisa mengambil gambar dan menikmatinya secara langsung. Anda akan melihat tengkorak yang berada di dinding goa dan peti mati yang telah termakan usia.

Selain melihat tulang belulang atau tengkorak, anda juga bisa belajar nilai sejarah hingga hal unik lainnya. Menurut informasi warga setempat, hanya Marga Tolengke saya yang bisa dikuburkan di Goa Londa.

Sementara untuk warga yang berada di luar garis marga tersebut harus di lokasi yang lain. Tak heran jika wisata Londa ini terkenal sebagai kuburan keluarga terbear di Toraja Utara dan juga sebagai kuburan gantung.

Akses Menuju Lokasi Londa

Londa terletak di Desa Sandan Uai, Sanggalangi, Toraja Utara. Untuk menuju lokasi wisata unik satu ini, anda akan menempuh perjalanan darat sekitar 6km dari Selatan Rantepao.

Sebelum anda masuk, anda juga harus membayar tiket masuk masuk mulai dari Rp. 5 ribu. Pastikan anda juga menyiapkan dana untuk menyewa petromaks sebagai penerang untuk menjelajah wisata Londa Tana Toraja satu ini.

Tidak hanya menikmati keunikan Londa yang di dalamnya penuh sejarah dan kental akan tradisi Toraja. Pemandangan sekitarnya juga tidak sayang untuk anda lewatkan. Londa berada di sebuah bukit yang memiliki udara sejuk dan juga banyak pepohonan di sana.

Tentunya anda pasti akan merasakan pengalaman yang menakjubkan dan tidak terlupakan ketika mengunjungi objek wisata satu ini.

Tana Toraja seperti tidak pernah habis menawarkan keberagamanan dan keunikannya. Bahkan menginjak Toraja seperti sebuah impian liburan yang diidamkan oleh banyak orang. Untuk menjamin kemudahan anda, anda bisa langsung akses Go Travela Indonesia.

Baca juga :

Tak hanya menjadikan liburan anda menyenangkan, Go Travela Indonesia juga akan menawarkan berbagai keuntungan menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *