Pesona Wisata Bukit Mantar

objek wisata bukit mantar

Pesona wisata Bukit Mantar membuat siapa saja terkesan. Keindahan alam yang memukau dengan pemandangan yang menyejukkan mata. Bahkan di objek wisata Bukit Mantar ini kamu bisa melihat sunrise dari puncak.

pesona wisata bukit mantar
Photo by @sumbawa.vacation

Bukit menjadi salah satu destinasi favorit bagi pecinta alam. Pemandangan dari atas bukit begitu mempesona. Di Sumbawa, ada Bukit Mantar yang bisa kamu tuju.

Bukit Mantar menjadi objek wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Bagi siapapun yang melihat pesona objek wisata ini pasti akan kagum. Banyak wisatawan yang betah menghabiskan waktunya di atas bukit ini.

Tak hanya pesona keindahan alam saja yang menjadi daya tarik bukti ini. Tapi, penduduk di sekitar yang ramah membuat banyak wisatawan merasa nyaman.

Tak heran jika setiap akhir pekan begitu banyak orang yang datang liburan ke sini.

Ketinggian bukit berada pada 600 mdpl. Karena posisi bukit ini ada pada ketinggian, jadi kamu bisa melihat pemandangan yang begitu indah. Pemandangannya bak seperti negeri di atas awan.

Daya Tarik Wisata Bukit Mantar

1. Negeri di Atas Awan

Bukit Mantar disebut sebagai negeri di atas wan. Itu karena posisi puncak bukit yang ada pada ketinggian.

Kalau kamu datang ke sini pada pagi hari, kamu bisa menyaksikan pesona matahari terbit.

Lalu di sore hari bisa menyaksikan pesona matahari terbenam dengan warna jingga yang indah.

Pesona awan-awan yang bisa kamu lihat juga jadi daya tarik tersendiri. Berfoto dengan latar awan-awan putih akan menjadi foto yang cantik. Apalagi saat ada momen sunrise atau sunset.

2. Hamparan Lembah Hijau

Pemandangan mata tak hanya dimanjakan oleh pesona awan yang berwarna putih juga. Tapi, dari atas bukit ini kamu akan melihat hamparan bukit yang berwarna hijau.

Tak hanya itu saja, sobat Travela juga bisa melihat pesona Pulau Lombok dan Puncak Gunung Rinjani. Waw, sungguh pemandangan yang sangat indah bukan.

5. Olahraga Paralayang

Di Bukit Mantar juga ada olahraga ekstrem yang menguji hormon adrenalin. Nama olahraga ini adalah Bukit Mantar.

Bahkan di sini pernah diadakan event kegiatan paralayang baik tingkat lokal ataupun internasional.

Jika kamu beruntung, kamu bisa melihat atlet paralayang sedang berlatih. Kamu yang penasaran sensasi melakukan paralayang juga bisa mencoba olahraga ini.

Di sini ada penyewaan alat paralayang. Tenang saja, kamu akan didampingi oleh instruktur yang berpengalaman. Jadi kamu bisa terbang dengan aman.

4. Pesona Keindahan Sunset

Satu lagi daya tarik yang tak boleh terlewatkan. Pesona sunset di Bukit Mantar begitu membuat candu siapapun yang melihatnya.

Datanglah pada sore hari untuk melihat pesona cantik matahari terbenam ini. Kamu akan melihat keindahan matahari yang berwarna jingga. Matahari ini akan hilang secara pelan-pelan di balik gunung-gunung.

5. Sebagai Lokasi Syuting Film

Tahukah kamu bahwa Bukit Mantar menjadi lokasi syuting Serdadu Kumbang lho. Film ini menceritakan tentang tiga anak dengan kondisi miskin. Mereka selalu berjuang dengan penuh semangat mengejar cita-cita.

Film yang digarap oleh Ari Sihasale ini mengambil lokasi syuting di Bukit Mantar.

Tak heran kalau lokasi ini dipilih sebagai lokasi syuting. Sebab, lokasi ini punya daya tarik keindahan alam yang mempesona.

Bahkan warga setempat juga punya budaya yang unik. Para penduduk sebagian besar berprofesi sebagai penyuling emas.

Lokasi Wisata

Lokasi Bukit Mantar berada di Desa Mantar, Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB.

Tak perlu khawatir. Bukit ini termasuk bukit yang mudah didaki. Kamu akan dipandu oleh pemandu yang berpengalaman ketika naik ke atas bukit.

Jika kamu seorang pendaki pemula, kamu akan butuh waktu lebih lama. Tapi tak mengapa. Yang terpenting kamu bisa mencapai puncak bukit dengan aman dan selamat.

Yuk baca juga

Itulah pesona wisata Bukit Mantar yang ada di Sumbawa. Wah, indah sekali ya alamnya. Bagaimana nih, apa kamu tertarik liburan ke sana?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.