Nusa Penida

Keunikan Pura Goa Giri Putri Nusa Penida & Wisata Pilgrim

Goa-Giri-Putri-Nusa-Penida

Keunikan Pura Goa Giri Putri selain sebagai tour pilgrim juga merupakan destinasi favorit di nusa penida timur.

Terdapat 2 tempat Ibadah dalam Goa Giri Putri yaitu Pura umat Hindu dan lokasi di belakang goa terdapat juga kelenteng umat Buddha.

Bicara soal destinasi wisata di Indonesia, ‘dunia’ bahkan bisa dikatakan ‘sepakat’ bahwa Pulau Bali adalah pusatnya.

Pilgrim Giri Putri

Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Umumnya orang berwisata ke Bali akan langsung menuju pantai. Ya, memang karena pantainya yang begitu eksotis.

Namun, tahukah Anda jika pulau yang berseberangan dengan Kabupaten Badung – Bali ini juga memiliki banyak destinasi wisata non pantai nan indah? Salah satunya adalah Pura Goa Giri Putri Penida yang memiliki banyak keunikan.

Berikut beberapa keunikannya.

Keunikan Goa Giri Putri

Keunikan yang pertama, Pura Giri Putri Nusa Penida letaknya tersembunyi.

Berbeda dengan kebanyakan pura di Bali yang tampak menonjol dari kejauhan, pura suci di Bali 3 Nusa – Nusa Penida ini justru berada di dalam goa.

Praktis, siapa saja yang ingin menyaksikan keindahan bangunan peribadatan umat Hindu itu harus terlebih dahulu masuk ke dalam Goa Giri Putri.

Keunikan-Pura-Goa-Giri-Putri-Nusa-Penida

Goa yang baru saja namanya disebut adalah goa terbesar di Nusa Penida. Pura Goa Giri Putri sendiri, lokasi berada di ketinggian 150 mdpl dan memiliki panjang 310 meter.

Bagi umat Hindu, pura ini sangat penting. Nama Goa Giri Putri sendiri sarat akan makna.

Arti Nama Giri Putri

Kata ‘giri’ dalam rangkaian nama tersebut, berarti bukit atau gunung. Sementara ‘Putri’ berarti wanita.

Di dalam ajaran Hindu, putri disimbolkan sebagai kekuatan dewa. Selanjutnya, lantaran goa ini merupakan tempat pemujaan Siwa berupa manifestasi dewi yang bersifat merawat, melindungi serta mencintai manusia, maka nama Giri Putri disematkan untuk nama goa tersebut.

Sumber mata air

Selain letak dan filosofi namanya, keunikan juga terletak pada keberadaan sumber mata air yang mengalir di dalam Pura Goa Giri Putri ini.

Umat Hindu meyakini bahwa air yang mengalir itu memiliki kekuatan alami yang bisa menyembuhkan penyakit.

Mereka pun acap kali memohon Tirta Pengelukatan (air pembersihan diri) dan membawa pulang air tersebut untuk pengobatan keluarga yang sakit dirumah.

Larangan wanita siklus menstruasi

Goa ini juga tidak boleh dimasuki sembarangan. Wanita yang tengah datang bulan dilarang memasukinya, karena dalam keadaan sedang tidak bersih.

Pakaian untuk memasuki goa ini juga tak bisa asal-asalan. Selain sarung, pakaian khas saat memasuki areal ini adalah selendang.

Bagi wisatawan yang ingin masuk ke pura goa giri putri tersebut juga harus menjaga sikap dan tingkah laku.

Gerbang-Pura

Untuk menuju goa dibutuhkan perjuangan yang cukup ekstra, karena harus naik anak tangga sebanyak 110 buah sebelum akhirnya sampai di mulut goa.

Tangga menuju pura giri
Tangga Goa Giri Putri

Pintu Goa Yang Kecil

Keunikan yang ke-dua adalah mulut goanya kecil hanya sekitar kurang dari 80 sentimeter dan sempit bagi tubuh orang dewasa. Namun se-berapa besar badan anda pastinya akan serasa pas memasuki pintu goa ini.

Oleh karena itu, untuk memasukinya benar-benar membutuhkan nyali dan tenaga yang kuat. Untuk sampai di tengah goa, pengunjung harus jalan dengan men-jongkok sepanjang 3 meter.

Pintu-masuk-Pura-Goa

Jika ‘lolos’ ujian ini, Anda akan menjumpai sebuah areal yang luas dan lebar bahkan konon mampu menampung hingga 5000 orang. Kini, terbayarlah sudah kepayahan menuju Pura Goa Giri Putri.

Dapatkan penawaran kami lainnya saat anda berencana mengunjungi Pura Giri Penida mulai dari:

Kesimpulan

Keeksotisan pura ini kian terpancar berkat bentuk bangunan yang berpadu dengan stalagmit dan stalagtit yang ada di dalam goa.

Sementara lampu-lampu kecil di beberapa lokasi goa semakin  menambah kesan sakral. Beberapa ruang bahkan dibiarkan gelap, karena sebagai tempat meditasi.

Bagian lain yang tak kalah menarik dari goa ini adalah sisi penghujungnya. Di sana terdapat banyak kursi panjang dari batu dengan patung-patung dewa di hadapan sebagai tempat pemujaan. Di tempat itulah upacara keagamaan biasa dilaksanakan.

Beranjak 100 meter dari titik tersebut, akan tampak pintu keluar goa yang lebar.

Dengan demikian, untuk keluar dari area ini, pengunjung tak akan lagi mengalami kesulitan seperti saat masuk. Bagaimana, Anda tertarik menjelajah Pura Goa Giri Putri Nusa Peninda ini?

If you liked this article, then please subscribe our YouTube Channel for support us in presenting tourist video forward. You can also find us on Instagram or direct to Whats-app me for consult your travel plans.

Keunikan Goa Giri Putri Nusa Penida