Nusa Penida

Pura Tirtayatra Nusa Penida

Pura-Tirtayarta-Nusa-Penida

Anda ingin wisata religi di Bali? Berikut kami berikan ulasan mengenai Pura Tirtayatra Nusa Penida yang bisa menjadi pilihan Anda.

Ada 5 Pura yang kami akan rekomendasikan untuk Anda kunjungi selagi Anda berada di Bali.

Semuanya terletak di daerah Nusa Penida Bali. Penasaran apa saja? Yuk kita lanjutkan.


titani-avatar

Titani

e-commerce spvr at Go travela. She love traveling and read novels of Sherlock Holmes.


Pulau Bali merupakan pulau di Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya menganut agama Hindu.

Maka tidak heran jika di Pulau ini terdapat banyak Pura untuk melakukan Tirtayatra atau perjalanan spiritual bagi umat Hindu. Tirtayatra sendiri merupakan suatu niat tulus untuk mengunjungi berbagai tempat suci bagi umat Hindu.

Tujuannya untuk menjalin ikatan spiritual dengan manifestasi dari Tuhan Yang Maha Esa dalam wujud Dewa-Dewi yang disucikan atau Ida Bhatara.

5 Pura Tirtayatraa Nusa Penida

Salah satu daerah di Bali yang mempunyai banyak Pura untuk Tirta Yatra adalah Nusa Penida. Nah untuk mengetahui apa saja Pura tersebut di artikel ini akan membahasnya sekilas.

Berikut adalah 5 Pura Tirtayatra di Nusa Penida yang bisa kamu datangi.

Pura Puncak Mundi Nusa Penida

Pura Puncak Mundi Penida

Pura untuk Tirta Yatra pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Pura Puncak Mundi ini. Letak dari Pura Puncak Mundi ini berada di daerah Klumpu, Nusa Penida, Klungkung, Bali. Ada keunikan dari Pura ini yang membuatnya menjadi pilihan untuk Tirta Yatra yaitu lokasi Pura ini yang ada di puncak paling tinggi di Nusa Penida.

Di Pura ini, selain kamu bisa melakukan Perjalanan Spiritual atau Tirta Yatra adalah kamu bisa sekaligus menikmati keindahan alam yang tersaji dengan menawan di ketinggian.

Pura Dalem Ped

Pura Dalem Ped Nusa Penida

Salah satu dari 5 Pura untuk Tirtayatra di Nusa Penida yang bisa kamu datangi adalah Pura Dalem Ped. Pura yang satu ini adalah Pura yang merupakan tempat untuk Yoga Semadi Ratu Gede mas Mecaling, sehingga Pura Dalem Ped ini terkenal juga dengan mistisnya.

Di dalam are Pura Dalem Ped ini ada sekitar 108 wong samar yang tersebar yang menjadi ancangan dari Ratu Gede mas Mecaling. Kamu bisa datang ke Pura Penataran, Ped, Nusa Penida, Klungkung, Bali untuk sampai ke Pura Dalem Ped ini.

Pura Paluang

Pura Paluang

Hal yang membuat Pura Paluang ini cukup terkenal adalah adanya bangunan suci dengan pelinggih yang bentuknya seperti mobil. Pura ini berada di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Bali. Kamu harus menempuh waktu sekitar 40 menit untuk sampai ke Pura ini jika dari Denpasar dengan menggunakan fastboat.

Pura Paluang Nus Penida ini memiliki aura mistis yang sangat kental. Namun, pura ini disucikan oleh warga. Karena itu Anda yang berkunjung harus menghindari perkataan kasar dan kotor dan juga perbuatan tidak terpuji. Selain itu, Anda juga wajib berpakaian sopan.

Pura Segara Kidul

Pura Segara Kidul Nusa Penida

Pura selanjutnya untuk Tirta Yatra di Nusa Penida adalah Pura Segara Kidul. Jalan untuk menuju Pura yang satu ini memang cukup ekstrem. Kamu harus ekstra hati-hati karena akan berjalan di pinggir tebing. Keunikan dari Pura Segara Kidul ini adalah identik dengan Ratu Kidul, yaitu Penguasa Pantai Selatan.

Kanjeng Ratu kidul dikenal dengan kesaktiannya dan daerah kekuasaannya yang meliputi Samudra Hindia hingga dikenal juga dengan Ratu Pantai Selatan. Nama-nama yang diberikan kepada penguasa pantai Selatan ini memang berdasarkan kepribadian, kekuasaan, keadaan, tugas, dan fungsi beliau sebagai pengemban amanah dari Tuhan.

Pura Goa Giri Putri

Keunikan-Pura-Goa-Giri-Putri-Nusa-Penida

Pura terakhir untuk Tirta Yatra yang akan kami bahas pada artikel ini adalah Pura Goa Giri Putri. Ada keunikan yang membuat pura ini patut untuk Anda kunjungi. Yaitu pada saat setiap orang akan nangkil ke pura seperti merasa tidak akan muat atau bisa untuk masuk, karena mulut gua yang kecil. Akan tetapi jika kamu masuk secara pelan-pelan, kamu akan tetap bisa masuk, meski badanmu berisi.

Anda tidak boleh masuk sembarangan ke dalam pura ini. Wanita yang sedang datang bulan dilarang untuk memasuki Pura ini. Selain itu, pakaian yangAnda gunakan juga tidak boleh asal-asalan. Anda harus menggunakan sarung dan juga selendang yang sudah menjadi ciri khas jika ingin memasuki Pura ini.

Nah itulah 5 Pura untuk Tirtayatra di Nusa Penida. Kamu bisa memilih Pura mana untuk melakukan Tirta Yatra-mu. Namun saat melakukan Tirta Yatra, lakukan dengan tulus dan hikmat agar semakin terasa spiritual-nya. Lalu jangan lupa untuk membawa perlengkapan untuk persembahyangan sendiri.

Baca juga :

Jika kamu dari luar Bali, jangan lupa untuk cari paket Pura Tirta Yatra yang paling terbaik. Juga siapkan hal lain yang mungkin Anda butuhkan secara matang ya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.