Bali

Tanah Lot Bali | Daya Tarik Yang Akan Membuatmu Kagum

tanah lot bali

Tanah Lot Bali – Daya tarik yang mengagumkan 

Tanah lot bali jelas adalah salah satu pura sekaligus destinasi wisata paling ikonik di Bali. Destinasi wisata ini juga sangat unik karena memiliki kompleks pura kecil di atas batu karang, dengan latar belakang pemandangan laut yang sangat indah. Banyak orang yang mengatakan tanah lot bak kapal pesiar yang bersandar di pantai barat bali.

Pulau Dewata Bali bagaikan magnet yang selalu menarik dan membuat decap kagum bagi siapapun yang datang berwisata di pulau dewata ini. Sudah jelas jika liburan kamu di Bali tidak akan lengkap tanpa mengunjungi tempat ini.

Tanah lot Bali
Tanah lot temple bali

Tanah lot yang artinya batu karang yang berada di tengah lautan ini terletak di sebelah selatan Tabanan tepatnya di desa Beraban, Kabupaten Kediri. Jaraknya sekitar 13 km dari Kota Tabanan dan 30 km jika dari Kota Denpasar.

Pura Tanah Lot Bali karena saking terkenalnya tempat wisata di Bali ini, maka hampir setiap hari, objek wisata tanah-lot-bali selalu ramai dengan kunjungan wisatawan.

Tiket Masuk Tanah Lot Bali

Tiket masuk berkunjung wisata pura tanah lot bali

Memasuki kawasan wisata Pura Tanah Lot Bali di wajibkan untuk membayar tiket masuk berkunjung. Adapun tiket masuk terbagi dalam 2 kelas tiket yang berbeda, tiket masuk untuk wisatawan asing dan tiket masuk domestic. Selain harga tiket untuk anak-anak (setengah dari harga dewasa) anda juga harus membayar biaya parkir kendaraan anda.

Tiket Masuk Tanah Lot Bali

Lihat lebih detail:

DescriptionDomesticOverseas
Dewasa/AdultIDR. 20.000IDR. 60.000
Anak/ChildIDR. 10.000IDR. 30.000

Remarks

  • Harga di update tanggal 02 February 2018.
  • Tiket Parkir Motor: Rp 2.000 – Mobil: Rp. 5.000 dan Bus: Rp. 10.000.
  • Umur anak-anak di bawah 12 tahun (years old).
  • Perubahan tiket masuk tanah lot bali dan biaya parkir kendaraan dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Sobat juga bisa lihat daftar tiket masuk objek wisata yang ada di bali.
  • Gotravela akan selalu berupaya mengupdate biaya tiket masuk objek liburan pura Tanah Lot, jika ada perubahan harga.

Waktu yang tepat untuk berkunjung!?

Karena daya tarik utama dari objek wisata ini terletak pada saat matahari mejelang tengelam di lautan samudera indonesia, maka keindahan pemandangan sunset lah waktu terbaik datang ke tanah lot. Pukul 17:00 Wita anda sudah harus tiba di pura tanah lot, sebab waktu sunset di bali selalu berubah berdasarkan bulan tapi biasanya di sekitar pukul 18.15 hingga 18.30.

Peta Lokasi

Untuk mempermudah anda mendapatkan petunjuk arah ke lokasi tanah lot bali, anda bisa gunakan peta di bawah ini!

Cara mudah ke lokasi tanah lot bali adalah dengan;

 

12 Daya Tarik Tanah Lot Yang Akan Membuatmu Kagum

Tanah Lot akan terlihat seperti sebuah pura yang mengambang di atas laut jika ombak sedang pasang tinggi, tetapi ketika air surut, para pengunjung dapat berjalan ke pura tersebut dengan aman. Banyak gua kecil yang dihuni oleh ular laut (Hydrophidae) terbentuk di sekitar pura karena erosi.

Ular suci tanah lot bali
(Enhydrina schistosa, Erabu utara, Erabu hydrophiinae)

Namun begitu, orang tidak boleh mengganggu ular-ular laut ini karena menurut kepercayaan dan legenda, mereka adalah selendang suci dari selendang Danghyang Niratha Brahmana dari pulau jawa, sosok yang paling berpengaruh dalam penyebaran agama hindu dibali.

Ular laut/ Coral reef snakes ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra.

Ada sebuah gua suci yang lebar sekitar lima meter di area tanah lot tersebut yang sangat menakjubkan. Didalamnya terdapat sebuah patung dengan ketingian kurang lebih setengah meter. Patung ini berwujud Ida Pedanda Dangyhang Dwijendra seorang ida pedanda yang pernah melakukan pertapaan di gua tersebut.

Jika kamu ingin pergi ke Tanah Lot, alangkah baiknya untuk mengenal beberapa pura dan tempat yang memiliki daya tarik tanah lot bali yang bisa kamu kunjungi nantinya, berikut di antaranya.

1. Pura Penataran

Pura Penataran adalah salah satu dari beberapa pura di daerah Tanah Lot. Terletak di utara Pura Tanah Lot, Pura Penataran adalah tempat untuk berdoa kepada Dewa dan manifestasinya yang ada di Pura Tanah Lot untuk kesehatan dan kebahagiaan.

Tanah Lot temple bali GOTRAVELA

Di sini kerap diadakan upacara yang disebut Upacara Pura Penataran yang memiliki dua hari upacara, hari pertama sama dengan Pura Tanah Lot yang diadakan setiap 210 hari di hari Rebo (Rabu) Wage, Wara Langkir, dan hari kedua adalah Rebo (Rabu) Wage, Wara Merakih, sesuai Kalender Bali

2. Pura Penyawang

Pura Penyawang terletak di sisi barat Pura Penataran. Pura ini dibangun untuk berdoa kepada Dewa dan manifestasinya yang ada dan memiliki kuasa di Pura Tanah Lot sebagai dewa lautan. Jika air laut sedang pasang, orang-orang Hindu tidak bisa berdoa ke Pura Tanah Lot, tetapi mereka bisa berdoa di Pura Penyawang.

3. Pura Pakendungan

Pura Pakendungan terletak di sisi barat di Tanah Lot, hanya 300 meter dari Pura Tanah Lot. Dibangun pada tahun Çaka 1330 tepatnya pada tahun 1408. Pura Pakendungan ini adalah satu kesatuan dengan Pura Tanah Lot.

Tanah Lot Bali

Dalam sejarahnya, diceritakan ketika Dang Hyang Nirartha melanjutkan perjalanannya untuk menemukan Cahaya Kudus di Segara (Laut) Kidul Tanah Lot, ia melakukan meditasi atau bersemedi di hutan lebat di sisi barat Segara (laut) Kidul Tanah Lot untuk mendapatkan beberapa wangsit atau visi dari Dewa tentang terang Kudus. Nama hutan tersebut dikenal sebagai Hutan Kendung.

Tempat yang digunakan oleh Dang Hyang Nirartha bermeditasi di hutan itu dibangun sebuah kuil dan dikenal sebagai Pura Pakendungan. Pura Pakendungan juga merupakan tempat di mana keris sakti Ki Baru Gajah disimpan.

Prayer at tanah lot

Keris ini memiliki kekuatan untuk menundukkan semua tanaman penyakit di Pulau Bali. Keris Ki Baru Gajah adalah keris suci yang diberikan oleh Dang Hyang Nirartha kepada Kepala Desa Beraban sebelum ia meninggalkan desa Beraban.

Keris kuno Ki Baru Gajah ini disimpan di Puri Kediri dan upacaranya diadakan sama dengan Upacara Kuil Pakendungan, yaitu setiap 210 hari di Sabtu Kliwon, Wara Kuningan, sesuai kalender Bali.

4. Pura Njung Galuh

Pura Enjung Galuh terletak di dekat Kuil Jero Kandang tepatnya di Enjung Galuh, “Njung” berarti batu yang menonjol ke laut. Pura ini dibangun untuk berdoa kepada Dewi kemakmuran, yaitu Dewi Sri, sebagai kekuatan, yang disebut Shakti, dari Dewa Wisnu, Manifestasi Dewa pelindung.

Pura Njung Galuh

Umat Hindu berdoa meminta kesuburan tanaman termasuk tanaman padi untuk mencapai kemakmuran dalam hidup mereka. Upacara Pura Enjung Galuh di adakan setiap Rabu (Rabu) Umanis, Wara Medangsia menurut kalender Bali.

5. Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong terletak 100 meter di sisi barat Pura Enjung Galuh, tepatnya di Enjung Batu Bolong, yang merupakan batu karang yang menjorok ke laut dan memiliki lubang. Pura Batu Bolong dibangun untuk berdoa kepada Dewa untuk kekudusan atau kesucian.

Pura batu bolong tanah lot

Daerah Enjung Batu Bolong adalah tempat yang selalu digunakan untuk menyelenggarakan Upacara Melasti dan Upacara Pakelem, di mana arti dari kedua Upacara adalah untuk memurnikan dunia. Upacara Pura Batu Bolong diadakan setiap Rabu (Rabu) Upah, Wara Langkir sesuai kalender Bali.

6. Pura Batu Mejan

Pura Batu Mejan terletak 100 meter di sisi barat Pura Batu Bolong. Pura Batu Mejan juga dikenal sebagai Kuil Beji, “Beji” berarti tempat suci untuk mendapatkan air suci untuk upacara umat Hindu. Pura Batu Mejan dibangun untuk penduduk desa sebagai tempat memohon belas kasihan dari Dewa melalui air suci. Upacara Pura Batu Mejan diadakan setiap Sabtu Kliwon, Wara Kuningan sesuai kalender Bali.

7. Pura Jero Kandang

Pura Jero Kandang terletak sekitar 100 meter di sisi barat Pura Penyawang. Pura Jero Kandang dibangun untuk penduduk desa di desa Beraban untuk meminta kesehatan hewan dan tumbuhan mereka dari segala penyakit.

Pura Jero Kandang adalah tempat untuk berdoa kepada Dewa dengan manifestasinya sebagai Dewa semua hewan dan tumbuhan dan juga tempat berdoa kepada Dewi Sri sebagai manifestasi Tuhan sebagai Dewi kemakmuran. Upacara Pura Jero Kandang diadakan setiap hari Sabtu (Sabtu) Kliwon, Wara Uye atau Tumpek Kandang sesuai dengan kalender Bali.

8. Sunset Teras

Sunset Teras adalah sebuah tempat di Tanah Lot yang menyediakan tempat untuk menikmati keindahan momen terbenamnya matahari di pulau Dewata. Sembari menikmati sunset, para wisatawan juga akan dimanjakan dengan santapan lezat yang mewah. Sunset Teras terletak di Utara Pura Tanah Lot.

9. Yeh Kutikan

Yeh Kutikan adalah tempat menikmati pemandangan ombak yang sangat indah. Tempat ini terletak di Barat Warung Mandala dan kerap digunakan sebagai tempat memancing, baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

10. Pasar Seni

Passar Seni Tanah Lot

Tanah Lot juga memiliki sebuah pasar yang menjual berbagai macam suvenir berupa hasil seni budaya Bali. Ada berbagai macam suvenir yang dijual di sini, seperti kemeja, sarung, sandal, topi, lukisan, patung, dan masih banyak lagi.

11. Mata Air Suci

Di sebelah selatan Pura Batu Mejan di sepanjang pantainya, ada mata air yang bisa kita temukan ketika air laut surut. Umat Hindu percaya bahwa mata air tersebut adalah air suci (tirtha pangelukatan) yang dapat digunakan untuk memurnikan segala keburukan.

Pengunjung dapat meminum atau sekadar mencuci tangan dan muka untuk memurnikan semua keburukan dan penyakit yang ada. Air ini juga dipercaya dapat membantu orang untuk mendapatkan momongan dengan cara meminum airnya.

12. Monumen Tri Antaka

DI kawasan ini terdapat sebuah monumen untuk mengenang perjuangan rakyat Bali dalam melawan NICA (Netherlands Indies Civil Administration) yang pada tahun 1946 berhasil menguasai Bali. Monumen ini didirikan tepat ditempat I Gusti Ketut Kereg, I Wayan Kamias dan I Nyoman Regug dibunuh ketika berjuang.

Tanah Lot Bali | 12 Daya Tarik Yang Akan Membuatmu Kagum

Itulah beberapa tempat menarik yang dapat kamu kunjungi ketika datang ke tanah lot bali. Segera atur jadwal liburanmu bersama orang-orang terdekat dan nikmati keindahan sunset di tanah lot.

Demikian halaman tanah lot bali dan 12 daya tarik di tanah lot yang akan membuatmu kagum ini kami buat. Semoga halaman ini dapat bermanfaat buat anda saat menentukan wisata kunjungan anda ke pulau bali – selalu jaga kebersihan lokasi wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan.

 

Salam pariwisata

Cheers – Alfonso giostanov 0853333 99175 | Tanah Lot Bali
Tanah Lot Bali | Daya Tarik Yang Akan Membuatmu Kagum
5 (100%) 2 votes