Yogyakarta

Bekemah di Waduk Sermo Jogja

Waduk Sermo Jogja

Kali ini, destinasi wisata alam di Jogja yang tidak boleh Anda lewatkan adalah pemandangan alam pegunungan di sekitar Waduk Sermo Jogja. Lokasi destinasi wisata ini berada di Sremo Tengah, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Waduk Sermo
Photo by kmstour

Berkemah di Waduk Sermo Jogja

Waduk Sermo Jogja adalah bendungan yang diresmikan oleh Presiden Soeharto tahun 1996 pada tanggal 20 November. Waduk ini membendung Kali Ngrancah yang berada di Desa Hargowilis dengan luas waduk kurang lebih 157 hektar.

Tujuan bendungan ini pada awalnya adalah untuk suplesi sistem irigasi dan penggunaan PDAM di wilayah Kulon Progo. Namun saat ini, Waduk Sermo juga mempunyai fasilitas sebagai destinasi wisata.

Di sekitar Waduk Sermo, terdapat camp ground bagi pengunjung wisata yang ingin berkemah di sekitar waduk. Waduk Sermo Jogja memberikan tawaran tempat yang eksotis. Waduk Sermo dapat Anda jadikan sebagai tempat relaksasi diri dan menghilangkan rasa penat sementara dengan berkemah untuk merasakan slow life.

Keindahan di sekitar Waduk Sermo memberikan sensasi nyaman pada pengunjung hingga betah berlama-lama di sekitar waduk.

Berkemah di Waduk Sermo pengunjung akan mendapatkan pemandangan pagi yang luar biasa dengan hawa sejuk yang asri. Jika cuaca sedang cerah, kabut putih pagi hari akan membiaskan cahaya matahari di sekitar waduk dan kilau kekuningan akan terpantul di genangan air Waduk Sermo.

Fenomena ini akan memberikan efek tenang pada tubuh. Ditambah dengan rumput hijau yang tumbuh di sekitar waduk akan menambah keasrian alam. Mata dan tubuh pengunjung akan dimanjakan dengan ketakjuban suasana yang terdapat di Waduk Sermo.

Oleh karena itu, berkemah di Waduk Sermo adalah pilihan menarik untuk menghilangkan penat kesibukan aktivitas sehari-hari. Untuk melengkapi kenyamanan berkemah, berikut tips untuk berkemah di sekitar Waduk Sermo. Siapkan peralatan berikut;

Waduk Sermo Kulon Progo
Photo by inews

Peralatan seperti Tenda

Ketika akan berkemah di Waduk Sermo Jogja, perlengkapan utama tentu saja adalah tenda. Tenda menunjang anda berpindah tidur dari ruangan ke tempat alam terbuka. Sebagai kamar sementara untuk berlindung ketika malam hari dan untuk menyimpan beberapa peralatan yang Anda bawa.

Tenda juga dapat menjadi tempat berlindung dari angin malam, hujan dan hewan. Pastikan kapasitas tenda cukup untuk rombongan anda.

Sleeping Bag wajib dibawa saat berkemah

Alat yang satu ini sangat berguna untuk melindungi anda ketika tidur dari angin malam di alam terbuka khususnya di Waduk Sermo Jogja ini. Selain itu, sleeping bag mampu menstabilkan suhu tubuh anda jika tidak terbiasa dengan udaha dingin di pegunungan.

Jika kualitas tidur anda ingin mendapatkan kepuasan dalam berlibur atau dalam perjalanan berwisata, maka perlengkapan berupa sleeping bag adalah perlengkapan yang wajib anda bawa.

Penerang/senter/lampu

Alat penerangan, adalah perlengkapan kecil yang wajib anda bawa. Karena berkemah di alam terbuka seperti Waduk Sermo Jogja ini, membutuhkan bantuan penerangan portable sebagai sumber cahaya yang akan membantu anda tetap bisa beraktivitas dan menikmati alam di malam hari. Namun pastikan daya atau baterai lampu yang anda bawa sudah terisi penuh.

Baca juga ini guys :

Autan untuk menjaga kesehatan

Di alam terbuka, kami sarankan Anda untuk membawa autan. Kondisi alam yang terbuka biasanya terdapat serangga seperti nyamuk. Supaya tidak mengganggu aktivitas dan kualitas tidur anda, autan sangan Anda perlukan jika anda akan berkemah.

Melihat kondisi alam di Waduk Sermo Jogja berada di sekitar air yang menggenang, kemungkinan terganggu oleh nyamuk atau serangga lainnya sangat besar.

Pisau Lipat untuk antisipasi

Peralatan terakhir yang wajib anda bawa ketika akan berkemah adalah pisau lipat. Perlengkapan ini mempunyai fungsi yang multiguna. Perlengkapan ini juga dapat membantu anda dalam kondisi-kondisi tertentu.

Namun selain itu, pisau lipat juga sangat praktis untuk Anda bawa karena sifatnya yang handling untuk dibawa. Perlengkapan ini juga dapat membantu anda jika akan memasak, memotong tali atau mengupas sesuatu.

Baca juga :

Waduk Sermo Jogja memang pantas sebagai objek wisata pilihan. Selain berkemah, anda juga dapat berkunjung setiap saat. Wisata ini tentu cocok untuk dinikmati bersama. Selamat berkunjung ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.