Lombok

Air Terjun Sendang Gile, Eksotis di Lombok

Air Terjun Sendang Gile

Anda berencana atau sedang berada di Lombok? Air Terjun Sendang Gile bisa menjadi salah satu tujuan liburan Anda di sini.

Lombok kini menjadi salah satu primadona destinasi wisata bagi turis Indonesia maupun mancanegara selain Bali.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai destinasi wisata air terjun ini, silahkan lanjutkan membaca ya.


gios-Avatar

Alfonso giostanov

tour operator & content specialist. Before joining gotravela, he spent years honing his skill at ‘Tourism Industries Bali.

Lombok ternyata juga menawarkan tempat wisata alam berupa air terjun tersembunyi yang sejuk nan mempesona. air terjun ini adalah Air Terjun Sendang Gile. Suara gemericik air dan cipratan airnya yang sejuk sungguh menjadi pengalaman tersendiri bagi siapapun yang berkunjung ke sana.

Lokasi dan Akses Menuju Air Terjun Sendang Gile

Jika Anda berkunjung ke Lombok, jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke Sendang Gile Waterfall. Air terjun ini lokasinya terletak di wilayah Kecamatan Bayan. Secara administrative, objek wisata ini berada di wilayah Kabupaten Lombok Utara. Air terjun yang mengalir di sana berasal dari mata air Rinjani.

Di Kecamatan Bayan, sebenarnya Anda tidak hanya dapat berwisata ke Sendang Gile karena di sana juga ada beberapa objek wisata lain seperti desa pengrajin kain khas Lombok pos pendakian Gunung Rinjani, dan Masjid Kuno Bayan yang bersejarah.

Dari pusat kota Mataram, waktu tempuhnya selama kurang lebih 3 jam menggunakan kendaraan bermotor dengan jarak tempuh sekitar 60 km. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda hanya bisa sampai di wilayah Bayan dan perjalanan harus anda lanjutkan dengan menggunakan ojek ke Senaru.

Selanjutnya, Anda akan melewati anak tangga yang berjumlah ratusan yaitu sekitar 500 anak tangga. Untuk dapat menikmati keindahan air terjun ini, Anda wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 5 ribu per orang.

Berjalan kaki menuju ke lokasi air terjun ini memang cukup melelahkan. Tetapi suara gemuruh air terjun yang terdengar dari kejauhan ini dibalut dengan keindahan panorama yang serba hijau. Hal ini akan membuat rasa lelah selama berjalan menjadi terbayarkan.

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter di ketinggian 600 meter dpl. Aliran air terjun tersebut jeluar dari atas tebing yang tinggi dan langsung jatuh ke dalam sungai di bagian bawah. Para pengunjung dapat dengan leluasa berenang atau bermain air di air terjun yang dingin dan sejuk ini.

Sendang Gile Waterfall

Sejarah Air Terjun

Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat setempat, nama Sendang Gile bermula karena air terjun ini ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang warga yang saat itu sedang mengejar singa gila yang kerap meresahkan kampung mereka.

Kemudian singa itu lari ke hutan, tempat lokasi air terjun ini berada. Masyarakat setempat menamai singa gila itu dengan sebutan sengang gile. Tetapi pelafalan sengang tersebut berubah jadi sendang sehingga air terjun ini pun dinamai dengan sebutan Air Terjun Sendang Gile.

Aktivitas yang Dapat Anda Lakukan di Sini

Ada sensasi unik yang akan Anda rasakan ketika bermain air atau berenang di air terjun Sendang Gile. Anda dapat mencoba diam di bawah air terjun kemudian merasakan jatuhnya air.

Awalnya memang terasa agak sakit. Tetapi lama kelamaan Anda akan merasa seperti mendapatkan pijat gratis setelah melakukan perjalanan yang melelahkan.

Di tengah masyarakat sekitar, ada mitos tentang air terjun ini yang meyakini bahwa air terjun tersebut memiliki unsur magis. Menurut masyarakat setempat, orang yang membasuh wajahnya di air terjun ini akan terlihat lebih mudah dari usianya yang sebenarnya sehingga wajar jika sampai saat ini air terjun tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Baca juga :

Bagaimana, Anda penasaran dan ingin membuktikannya sendiri di sana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.