Keindahan Air Terjun Gangga

air terjun gangga lombok

Keindahan Air Terjun Gangga membuat objek wisata ini begitu populer. Air Terjun Gangga Lombok ini memberikan ketenangan dan kedamaian bagi siapa saja yang datang ke sini.

Photo by @sudni_hadni

Air terjun menjadi tempat yang disukai banyak orang, terutama bagi penikmat alam. Air yang mengalir dari atas ke bawah tampak begitu cantik. Kalau kamu berlibur ke Lombok, cobalah datang ke Air Terjun Gangga di Lombok Utara.

Air Terjun Gangga disebut juga Air Terjun Kerta Gangga. Di sini pemandangan nya sangat menarik. Airnya begitu jernih ditambah dengan bebatuan di sekitar menambah kesan cantik.

Tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Itu karena objek wisata ini punya keindahan alam yang luar biasa cantik.

Daya Tarik Air Terjun Gangga

1. Punya 3 Air Terjun

Hal menarik yang bisa kamu temukan di Air Terjun Gangga adalah ada 3 air terjun. Air terjun ini terbagi jadi 2 tingkat. Air terjun di bagian atas dan air terjun di bagian bawah. Lokasi ketiga air terjun ini sangat dekat.

Pertama, kamu akan menemukan Air Terjun Kerta Gangga. Air terjun ini punya kolam alami yang dangkat. Kamu bisa ajak anak-anak bermain di sini.

Air terjun yang kedua letaknya tidak begitu jauh. Di air terjun kedua ini kamu akan menemukan lorong dengan jembatan dari besi. Di sisi kanan kiri jembatan ada pegangan agar aman dilewati.

Lalu, yang ketiga yaitu air terjun yang memiliki pemandangan luar biasa cantik. Lokasinya agak jauh dari air terjun pertama dan kedua.

2. Ketinggian Mencapai 30 Meter

Air Terjun Gangga memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Wah, tinggi juga ya. Aliran air terjun pun cukup deras. Apalagi jika kamu datang ke sini saat musim hujan, airnya sangat deras. Sumber air ini berasal dari sungai yang bernama Lokok Angkup.

3. Pemandangan Hutan Asri

Saat liburan ke air terjun ini kamu akan merasakan suasana yang sejuk dan asri. Pepohonan di hutan ini menjulang tinggi. Udara di sekitar air terjun terasa segar. Kamu bisa menghirup udara bersih yang bebas polusi di sini. Benar-benar menyegarkan.

Apalagi jika kamu datang di pagi hari. Suasana yang sejuk dengan udara yang bersih membuat kamu betah berada di sini.

4. Tebing Bebatuan

Selain udara bersih dan suasana yang asri, di sekitar air terjun juga terdapat tebing bebatuan. Inilah yang membuat tempat ini lebih unik dibandingkan dengan air terjun lain.

Lokasi tebing bebatuan ada pada air terjun kedua. Di mana ada gua yang dikelilingi oleh bebatuan cukup curam. Pintu masuk gua ini selebar dua meter.

Tapi kolam di air terjun kedua ini lebih dalam dibandingkan air terjun pertama. Jadi kamu harus ekstra hati-hati jika berada di sini.

Lokasi Air Terjun

Air Terjun Gangga berada di Kertaharja, Genggelang, Gangga, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Lokasi objek wisata ini berada pada ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Jarak dari kecamatan Gangga sekitar 7 km. kalau datang ke air terjun dari Kota Mataram, maka butuh menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam. Jarak yang ditempuh sekitar 53 km.

Ada dua jalur yang bisa dilalui untuk menuju ke lokasi air terjun. Jalur tersebut adalah Jalur Senggigi dan Jalur Pusuk Gunungsari. Kamu bisa menggunakan Google Map.

Transportasi Menuju Lokasi

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke lokasi objek wisata. Misalnya dengan jasa rental motor atau rental mobil.

Jika kamu hanya berdua bisa menggunakan motor karena lebih hemat. Tapi jika kamu bersama rombongan keluarga sebaiknya naik mobil.

Belum ada transportasi umum yang bisa kamu gunakan. Di sini hanya ada ojek motor.

Itulah informasi mengenai Air Terjun Gangga di Sumbawa. Semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi kamu.

Share with care
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments