Wisata lombok

9 Air Terjun Tersembunyi di Lombok

Air Terjun Tersembunyi di Lombok

Anda sedang mencari destinasi liburan di Lombok? Ada beberapa air terjun tersembunyi di Lombok yang bisa menjadi pilihan Anda.

Objek destinasi wisata di Lombok boleh dibilang tak kalah menarik dengan Pulau Dewata yang sangat terkenal.

Apalagi sekarang sektor pariwisata Lombok sedang gencar-gencarnya dikembangkan. Penasaran apa saja air terjun di Lombok? Mari kita bahas satu persatu ya.


gios-Avatar

Alfonso giostanov

tour operator & content specialist. Before joining gotravela, he spent years honing his skill at ‘Tourism Industries Bali.


Siapa yang tak kenal dengan pulau Lombok? Daya pikat alam pulau ini telah menyebar hingga ke berbagai belahan dunia.

Salah satu destinasi wisata nan eksotis di tanah air ini memiliki kekayaan potensi wisata alam mulai dari pegunungannya yang indah, aneka pantai yang eksotis, dan juga air terjunnya yang tidak kalah menarik.

Bahkan beberapa orang berpendapat bahwa pariwisata di Lombok lebih menarik dibandingkan dengan Bali. Selain Gunung Rinjani dan pantai, wisata air terjun juga menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan di Lombok.

Daftar Air Terjun Tersembunyi Lombok

Air terjun banyak terbentuk di Lombok karena keadaan geografis Pulau Lombok yang tersusun dari banyak bukit, gunung dan dataran tinggi.

Bahkan ketika Anda mendaki Rinjani, Anda dapat menemukan belasan air terjun yang indah. Tak hanya itu, objek wisata air terjun ini bahkan tersebar di Lombok Barat, Utara, dan Tengah.

Daftar Air Terjun Lombok

Jumlah air terjun yang sangat bantak menjadi nilai tambah tersendiri bagi potensi destinasi wisata alam di Lombok.

Penasaran dengan apa saja air terjun yang akan Anda temui? Berikut ulasan singkat beberapa wisata air terjun tersembunyi di Lombok.

1. Air Terjun Batara Lenjang

Lokasi destinasi ini terletak di Taman Nasional Gunung Rinjani, Senaru, Bayan, Lombok Utara. Air terjun ini masih sangat alami.

Keunikan dari air terjun ini adalah memiliki air yang panas tetapi jernih. Karena lokasinya berada di rute pendakian, untuk sampai di sana Anda harus melalui jalur pendakian Gunung Rinjani.

Bila Anda berniat untuk mendatangi air terjun Batara Lenjang ini, kami anjurkan untuk Anda menyewa orang sebagai penunjuk jalan (guide).

Anda bisa menemukannya di pintu masuk atau membawa rekan Anda yang pernah mendatangin tempat ini agar keamanan lebih terjamin.

2. Air Terjun Batu Apeq

Air terjun Batu Apeq juga dikenal dengan nama Tiu Sampurarung. Lokasinya terletak di Desa Santong, Kayangan. Lokasi ini berjarak sekitar 75 km dari pusat kota Mataram.

Airnya sangat jernih dan berasal dari Danau Segara Anak. Air terjun ini diklaim sebagai air terjun tertinggi kedua di Nusa Tenggara Barat.

Batu Apeq

Suasananya yang sangat sejuk tentu saja sangat cocok untuk Anda yang ingin melepaskan penat. Anda juga dapat bermain air dan berenang di sini. Selain itu, berkemah juga bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Jadi, bawa perlengkapan yang memadai yah.

3. Air Terjun Kerta Gangga

Lokasi destinasi ini terletak di Dusun Kertaraharja, Genggelang, Gangga, Lokasi ini berjarak sekitar 42 km dari Mataram atau memerlukan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam.

Air terjun bertingkat 3 ini memiliki 2 tingkat yang berbeda yaitu satu di bagian atas sedangkan dua lainnya berdampingan di atas walaupun salah satunya agak tersembunyi.

Bagi Anda yang ingin menikmati air terjun ini diharapkan untuk berhati-hati dalam perjalanan.

Medan jalan yang cukup ekstrim dengan tanjakan tinggi, turunan yang tajam, dan rute yang berkelok mengharuskan Anda untuk berjalan pelan. Walaupun demikian semua akan terbayar saat anda sampai ke air terjun ini.

4. Tiu Bombong

Terletak di Dusun Sempakoq, Santong, Kenyangan, destinasi wisata ini memiliki ketinggian air terjun hingga 60 meter dan seperti air terjun kembar dengan 2 aliran air terjun yang memiliki debit air sedang.

Dari kota Mataram, perjalanan akan Anda tempuh selama 2 jam.

5. Tiu Teja

Lokasi air terjun ini berdekatan dengan Tiu Bombong karena hanya berada di bawahnya dan masih terletak di lokasi yang sama.

Teja dalam bahasa setempat artinya pelangi. Jika cuaca sedang cerah, Anda bisa melihat pelangi. Jika musim penghujan, akan terlihat 2 air terjun. Sementara itu saat musim kemarau hanya terdapat satu aliran air terjun.

Tiu Teja masih belum memiliki akses jalan yang nyaman. Tapi akan menjadi perjalanan yang menyenangkan bagi Anda yang suka menjelajah alam. Pastikan juga Anda sedang dalam kondisi yang prima ya.

Cek ya guys, nanti :

6. Tiu Pupas

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan di bawahnya terdapat kolam dengan luas sekitar 100 meter persegi.

Lokasi Tiu Pupas terletak di Kerurak, Genggaleng, Gangga, Lombok Utara. Dari kota Mataram, lokasi ini berjarak sekitar 70 km.

Tiu Pupas Air Terjun Tersembunyi di Lombok

Akses ke Tiu Pupas sangat mudah. Anda tak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk menikmati air terjun yang satu ini. Dikepung oleh tebing-tebing curam inilah kolam Tiu Pupas yang mengalir lagi menjadi sunga dengan keelokannya yang mempesona.

7. Air Terjun Sendang Gila

Air terjun ini juga sering disebut dengan Air Terjun Sendang Gile. Dari Mataram, jaraknya sekitar 60 km lebih tepatnya berada di desa Senaru, Bayan. Air terjun ini terdiri dari 2 tingkat dengan 2 kolam dan memiliki ketinggian sekitar 32 m.

Perjalanan menuju ke air terjun ini akan seru dan menyenangkan. Suasana pegunungan sambil menyusuri sungai kecil akan membuat perjalanan Anda sangat segar.

8. Tiu Kelep

Masih di Lombok Utara, Tiu Kelep adalah air terjun yang mungkin paling terkenal di Lombok. perjalanan menuju ke destinasi ini mewajibkan Anda melewati jalan seperti terowongan yang memerlukan cahaya bantuan seperti senter.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 42 meter.Air terjun ini memiliki dua tingkatan.

Air terjun utama aliran airnya yang paling besar jatuh langsung ke bawah. Sementara itu tingkat bawahnya merupakan aliran lebih kecil yang mengalir dari tebing-tebing. Semuanya jatuh ke kolam yang sama.

Kolam ini sangat cocok untuk Anda gunakan untuk berengang.

9. Air Terjun Batu Butir

Tempat wisata ini terletak di Batu Butir, Medas, Gunung Sari. Air Terjun Batu Butir terdiri dari 5 air terjun. Empat diantaranya terletak saling berdekatan. Air Terjun pertaman tingginya sekita 45 meter dam letaknya tersembunyi di balik bukit.

Tidak mudah untuk mencapai lokasi ini karena Anda harus menggunakan perlengkapan rock climbing. Jadi jika Anda ingin berkunjung kesini, jangan lupa dengan perlengkapan yang memadai ya.

Tiu Teja Air Terjun

Sektor Pariwisata di Lombok Makin Berkembang

Belakangan ini, pariwisata Lombok mengalami transformasi yang sangat cepat. Ditambah semakin terbukanya akses untuk menjelajahi pedalaman pulau ini sehingga akan membuat ekplorasi wisata Lombok semakin mudah. Termasuk juga akses ke beberapa air terjun tersembunyi di Lombok ini.

Mandalika yang terletak di Lombok Tengah merupakan satu dari lima destinasi super prioritas Kementrian Pariwisata dalam penyelesaian infrastruktur.

Hal ini bertujuan untuk memperkuat promosi sektor pariwisata setelah industri pariwisata dihantam keras oleh pandemi covid-19.

Selain itu ajang international MotoGP 2021 seri ke-15, yang menjadi tuan rumah adalah Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB.

Hal ini tentu saja akan menjadi satu kesempatan yang sangat besar dan menguntungkan bagi sektor pariwisata di Lombok.

Perhelatan bergengsi ini tentu saja juga menjadi pemacu bagi pemerintah daerah setempat dalam mengembangkan dan mengupgrade fasilitas-fasilitas tempat wisata, akses menuju objek wisata, dan berbagai hal lain yang menjadi penunjang objek wisata daerah Lombok ini.

Objek wisata Air Terjun di Lombok tentu akan mendapat dampak positif yang sangat besar. Apalagi mengingat seberapa banyak wisatawan yang akan datang menjelang dan setelah ajang bergengsi ini digelar.

Itulah sedikit informasi mengenai objek wisata air terjun di Lombok dan perkembangan sektor pariwisatanya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Selalamat liburan ke Lombok.