Kawah Putih Danau Kaolin Belitung

Danau Kaolin Belitung

Bangka Belitung memang terkenal dengan wisata alamnya, salah satu wisata alam yang wajib Anda kunjungi adalah Kawah Putih Danau Kaolin Belitung. Danau ini merupakan bekas tambang kaolin di Belitung yang sudah tidak terpakai lagi dan kini menjadi spot foto favorit di kalangan anak muda Belitung.

Photo by 500px

Danau Kaolin Belitung : Bekas Tambang Yang Menjadi Objek Wisata

Kawah Putih Danau Kaolin memiliki hamparan datan putih dengan kilau air biru yang menyala. Danau ini terbentuk bukan karena adanya aktivitas kawah gunung tetapi danau ini terbentuk akibat aktivitas penambangan Kaolin yang sudah tidak aktif lagi.  Tambang ini membentuk sebuah danau dengan warna air yang begitu menawan bak  danau dalam dongeng.

Kaolin sendiri adalah adalah mineral yang biasanya digunakan untuk bahan industri seperti, makanan, kosmetik, kertas, dan pasta gigi. Kaolin ini sangat marak dalam dunia industri karena teksturnya yang kuat putih halus, serta memiliki daya hantar panas yang rendah.

Danau Kaolin Belitung ini juga memiliki sebuah gunung. Gunung ini terbentuk akibat sisa-sisa galian. Yang membedakan gunung di Danau Kaolin dengan gunung yang lain adalah warnanya yang putih. Ketika danau ini surut maka yang tersisa adalah hamparan bekas galian yang berwarna putih.

Menurut warga Belitung, air danau Kaolin ini tidak berbahaya seperti danau yang lainnya. Karena danau ini tidak terbentuk dari kawah yang memiliki bau belerang dan  memiliki suhu yang panas.

Banyak warga yang bermain air di sana. Untuk itu pengunjung akan betah berada di wisata kawah putih ini. Mereka bisa bermain air dan berenang. Air danau juga membuat kulit jadi lebih halus dan lembut.

Danau Kaolin Belitung ini sering menjadi tempat favorit para pasangan mudah yang ingin melakukan prewedding. Bagaimana tidak? Lokasinya yang indah dengan nuansa warna putih biru menyala menjadikan moment prewed jadi lebih menawan.

Apalagi kalau anda memang suka memotret keindahan alam yang tidak biasa. Tentu Danau Kaolin Belitung ini sangat cocok untuk menambah koleksi potret anda.

Lokasi dan Akomodasinya

Danau Kaolin sendiri terletak di Desa Air Raya Tanjungpandan, Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Lebih tepatnya danau ini tidak jauh dari kota Tanjungpandan. Waktu yang akan Anda tempuh dari kota sekitar 10 menit. Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena jarang ada kendaraan umum.

Kalau anda ingin datang ke  Danau Kaolin lebih baik datang pada pagi  atau sore hari. Kalau anda datang pada siang hari tentu cuacanya akan sangat panas karena tidak ada pepohonan besar dan rindang di sekitar Danau Kaolin.

Jika anda bertanya apa fasilitasnya? Di sana tidak ada fasilitas umum karena Danau Kaolin tidak dikelola oleh siapapun. Untuk masalah tempat menginap anda bisa menginap di kota Tanjungpandan.

Danau ini memang sangat terkenal bagi kalangan fotografer sebagai surga untuk  berburu sunrise dan sunset. Anda yang ingin menambah keindahan feed instagram tentu harus datang ke Danau Kaolin ini.

Daya Tarik Tersendiri Kawah Putih Danau Kaolin

Keindahan daratan yang seperti salju. Sebagian orang menyeutnya sebagai ladang gula pasir. Air danau ini juga berwarna biru menyala bak memiliki cahaya. Dan yang sangat membuat nyaman adalah Danau Kaolin Belitung ini tidak memiliki bau belerang seperti danau bekas tambang pada umumnya.

Tentu saja hal ini membuat udara menjadi jauh lebuh segar. Semua keindahan Kawah Putih Danau Kaolin Belitung ini dapat Anda nikmati tanpa harus mengeluarkan biaya alias gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *