Lombok

Desa Wisata Senaru Lombok

Desa Wisata Senaru Lombok

Jika pergi ke Lombok, jangan lupa kunjungi Desa Wisata Senaru Lombok ya guys. 

Desa Wisata Senaru merupakan desa yang terletak di titik awal rute pendakian menuju puncak Gunung Rinjani.

Ada beberapa lokasi menarik yang dapat menjadi destinasi liburan kamu nih di Desa Senaru ini.

Penasaran apa aja? Yuk kita bahas satu persatu ya.



gios-Avatar

Alfonso giostanov

tour operator & content specialist. Before joining gotravela, he spent years honing his skill at ‘Tourism Industries Bali.

Selain sebagai titik awal puncak pendakian, Desa Wisata Senaru ternyata juga menyimpan kekayaan alam yang patut untuk di eksplor oleh kawan-kawan saat berkunjung.

Berikut adalah beberapa tempat atau obyek wisata di Desa Wisata Senaru Lombok yang bisa kawan-kawan kunjungi.

Air Terjun Sendangile

Air terjun ini merupakan salah satu titik perhentian di dalam rute pendakian Gunung Rinjani dan dekat dengan Desa Senaru sehingga untuk mencapai air terjun ini tidaklah sulit. Sudah ada jalur pendakian yang tertata sedemikian rupa agar pengunjung bisa mudah mendaki.

Jumlah tangga ada sekitar 500 anak tangga sehingga tak cukup membuat lelah bukan?  Konon, air di air terjun Sendang Gile ini memiliki khasiat membuat awet muda. Ingin mencoba? 

Air Terjun Sendang Gile memiliki ketinggian hampir 600 meter dari atas permukaan laut. Sedangkan dari dasar sungai memiliki ketinggian 30 meter lebih.

Air Terjun Tiu Kelep

Selain air terjun Sendang Gile, ada juga air terjun Tiu kelep yang memiliki keindahan berupa air terjun yang bertingkat-tingkat. Selain itu, air terjun yang memiliki ketinggian 45 meter ini juga memiliki  debit air yang cukup deras.

Pepohonan yang rindang membuat air terjun ini terlihat sejuk. Selain itu, ada kolam tepat di bawah air terjun sehingga sangat tepat untuk berenang di sini.

Baca juga nanti yah guys :

Wisata Budaya Desa Senaru

Desa Senaru Lombok

Hal yang paling menarik ketika berkunjung ke Desa Wisata Senaru Lombok sebenarnya adalah wisata budaya masyarakat Desa Senaru. 

Kehidupan masyarakat di Desa Senaru masih sangat kental dengan nuansa religi dan budaya. Tentu saja akan menjadi pengamalan yang sangat menarik kan.

Ketika Anda berkunjung ke Desa Senaru, Anda akan takjub dengan pemandangan rumah-rumah para warga yang masih mempertahankan bentuk rumah asli peninggalan nenek moyang. Rumah tradisional Desa Senaru terbuat dari atap rumbia, pagar bedek dan hanya beralaskan tanah liat.

Selain itu suasana pegunungan yang sejuk dan tenang akan membuat siapa saja yang berkunjung ke desa ini akan merasa betah. Ada beberapa pemandangan serta tempat unik yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke desa Senaru.

Bayan Beleq

Bangunan ini merupakan salah satu situs masjid bersejarah yang ada di Lombok. Dibangun pada abad ke 17, masjid ini berdiri di bukit kecil. Di sekeliling masjid ini terdapat beberapa makam leluhur sehingga diyakini oleh masyarakat sebagai makam keramat

Sama seperti bangunan rumah-rumah yang ada di Desa Wisata Senaru Lombok,  bangunan masjid ini juga dibangun dengan menggunakan atap dari rumbia, dan berdinding anyaman bamboo (gedek) serta dibuat dengan pondasi yang terdiri dari susunan batu yang agak tinggi.

Hingga saat ini, masjid yang sudah berumur lebih dari 300 tahun ini masih digunakan untuk beribadah masyarakat setempat.

Rumah Adat Gubuk Karang Bajo.

Rumah adat Gubug Karang Bajo merupakan rumah adat dan sekaligus sebagai tempat tinggal para tetua adat, pemangku adat dan tokoh adat Desa Senaru.

Rebound Desa Wisata Senaru

Desa Senaru juga termasuk dalam desa yang saat ini semakin dikembangkan loh. Hal ini melihat potensi yang sangat besar dalam menarik para wisatawan untuk datang berkunjung ke desa ini.

Seluruh stake holder dan pelaku pariwisata yang ada di Desa Senaru bersama-sama membangun fasilitas penunjang seberti agrowisata, rafting, dan spot untuk berfoto. Aset lain seperti rumah tradisional akan dimaksimalkan pengelolaannya melalui Badan Usaha Milik Desa.

Selain itu, fasilitas seperti toilet, tempat UMKM, shelter, dan rest area sudah banyak dibangun dan dibenahi. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari kementrian pariwisata loh. Anda tentunya akan semakin nyaman jika berkungjung ke Desa Senaru ini.

Akomodasi Traveling

Tertarik mengunjungi Desa Wisata Senaru Lombok? Berikut beberapa ulasan dan tips untuk kawan-kawan yang tertarik untuk berkunjung ke Desa Senaru.

Anda akan membutuhkan waktu 2.5-3 jam dari Kota Mataram untuk mencapai Desa Senaru ini. Apabila Anda ingin menginap di Desa Senaru, ada beberapa pilihan tempat menginap seperti Home Stay.

Bagi yang ingin berhemat, Anda bisa memilih penginapan murah yang tersebar di Desa Senaru. Biayanya berkisar antara Rp. 80.000 hingga Rp. 150.000. Ketika masuk menuju Sendang Gile, kita harus membayar uang tiket terlebih dahulu.

Baca juga :

Bagaimana? Tertarik untuk liburan kesini kan. Semoga bermanfaat.

Appreciate kami jika travela tinggalkan jejak pada kolom komentar

Keep reading: let’s find out about wisata indonesia timur?! »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.