Destinasi Wisata Pantai Maluk

wisata pantai maluk sumbawa

Destinasi wisata Pantai Maluk bisa jadi pilihan kamu ketika liburan ke Sumbawa. Tempat wisata pantai Maluk Sumbawa ini begitu mempesona.

destinasi wisata pantai maluk
Photo by @nickheath4220

Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa adalah dua pulau yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Mungkin kamu lebih familiar dengan Pulau Lombok.

Sebab Pulau Lombok terkenal akan keindahan alamnya. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata Pulau Sumbawa juga tidak kalah cantik. Di Pulau Sumbawa terdapat banyak destinasi wisata yang menarik. Salah satunya adalah Pantai Maluk.

Pantai Maluk memiliki pesona keindahan alam yang menakjubkan. Jika dibandingkan dengan pantai di Pulau Lombok dan Pulau Bali, pantai ini tak kalah cantik.

Terbukti banyak wisatawan yang terpikat berwisata di sini. Tak hanya wisatawan lokal saja, tapi juga banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung.

Daya Tarik Wisata Pantai Maluk

1. Pasir Putih Menawan

Salah satu keindahan Pantai Maluk adalah memiliki pasir berwarna putih yang menawan. Tekstur pasir di sini juga lembut. Jadi ketika kamu berjalan di atas pasir ini akan terasa sangat nyaman.

Pasir pantai ini begitu luas membentang dari utara ke selatan. Kamu bisa sepuasnya bermain pasir di tepi pantai.

Kamu bisa berkeliling pantai tanpa menggunakan alas kaki. Rasakan bagaimana pasir lembut mengenai kaki kamu. Ada sensasi tersendiri yang bisa kamu rasakan. Selain berkeliling pantai, kamu bisa main bola volly pantai.

2. Tempat Favorit Para Peselancar

Ombak di Pantai Maluk sangat cocok untuk dijadikan sebagai olahraga surfing atau selancar. Itu karena pantai ini berada di sebuah teluk.

Banyak peselancar profesional dari luar negeri yang sengaja datang untuk main surfing. Mereka ke sini untuk menjajal ombak Pantai Maluk.

Ombak di pantai ini diberi julukan sebagai “Super Suck”. Ini karena ombak pantai terpecah oleh sebuah tanjung. Tanjung ini diberi nama Tanjung Ahmad oleh warga sekitar.

Ombak ini pecah dan menggulung hingga ketinggian 2 meter. Pantas saja jika pantai ini disebut sebagai surganya para peselancar.

3. Perbukitan Hijau

Pemandangan alam di sekitar Pantai Maluk sangat indah. Kamu akan melihat hijaunya pepohonan yang tumbuh subur di atas bukit.

Jadilah perpaduan yang indah antara pohon yang hijau, pasir putih dan lautan yang berwarna biru.

Siapa saja pasti terpukau ketika melihat pemandangan alam ini.

4. Olahraga Kano

Di sini juga ada penyewaan kano. Kamu bisa menyewa kano untuk mengelilingi teluk di pantai ini. Pastinya sangat menyenangkan jika kamu bisa naik kano. Setiap wisatawan yang datang ke sini pasti mencoba naik kano. Kamu bisa menikmati alam dengan puas. Dari atas kano kamu bisa melihat air laut yang jernih. Karena airnya jernih, terumbu karang dan ikan bisa terlihat dengan jelas.

5. Tempat Penangkaran Penyu

Selain berwisata menikmati pemandangan alam, kamu juga bisa mendapatkan tambahan wawasan lho. Di sini ada tempat penangkaran penyu.

Kamu bisa menyaksikan bagaimana perawatan penyu, hingga nantinya telur menetas. Setelah menetas nantinya penyu akan dilepas ke laut.

Tempat penangkaran ini ada di tepi pantai. Adapun jenis penyu yang dibudidayakan seperti Penyu Hitam, Penyu Sisik, dan Penyu Hijau.

Yuk baca juga

Jam Buka Pantai

Pantai Maluk buka setiap hari dari hari Senin sampai Minggu. Buka jam 07.00 – 18.00 WITA. Sebenarnya pantai ini tidak tertutup selama 24 jam. Namun, para penjaga hanya akan bertugas pada jam operasional.

Silahkan datang di pagi hari atau sore hari. Sebab kamu bisa menikmati indahnya sunrise atau sunset.

Itulah informasi mengenai destinasi wisata Pantai Maluk Sumbawa. Nikmatilah alam yang indah dengan berlibur di pantai cantik yang ada di Nusa Tenggara Barat ini.

Share with care
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments