Pesona Danau Lebo Taliwang

danau lebo taliwang sumbawa

Pesona Danau Lebo Taliwang sungguh indah. Kamu bisa menikmati alam yang masih asri di Danau Lebo Taliwang Sumbawa.

Photo by @iolaimanto

Jika mendengar kata Sumbawa, pasti yang terbayang di benak kamu adalah pantai indah berpasir putih. Tapi ternyata ada objek wisata yang tak kalah cantik berupa danau. Namanya adalah Danau Lebo Taliwang.

Danau Taliwang memiliki luas 1.406 hektar dengan pemandangan yang sangat menarik. Tak heran jika objek wisata ini jadi tempat wisata unggulan di Sumbawa Barat.

Selain sebagai tempat wisata, sebenarnya danau ini berfungsi sebagai pengendali banjir. Danau ini mampu menampung luapan air dari Brang Rea dan Brang Ene.

Biasanya di musim penghujan air akan meluap. Sebaliknya, pada saat musim kemarau air akan menyusut akibat ada penguapan.

Banyak orang datang ke Danau Lebo Taliwang karena punya daya tarik menarik. Seperti apakah pesona tempat wisata ini ? Yuk simak.

Daya Tarik Danau Lebo Taliwang

1. Panorama Pemandangan Sekitar

Danau ini punya pemandangan alam yang begitu indah. Ketika berada di danau ini, kamu bisa melihat pemandangan pegunungan yang indah. Pegunungan di sekitar danau ini menambah kesan menawan.

Di danau ini kamu bisa melihat banyak tanaman seperti teratai, enceng gondok serta tumbuhan lain. Hal ini membuat pemandangan di sekitar danau begitu asri. Memang suasana di sini sangat sejuk.

2. Banyak Flora dan Fauna

Ada banyak flora dan fauna di Danau Lebo Taliwang. Hal ini jadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Di sini kamu bisa menemukan ketimus, bungus, kayu batu, rupe, tempoyak, berora, asam bage, teratai dan eceng gondok.

Lalu ada juga berbagai fauna seperti bangau, kuntul kebau, bluwok, elang bondol, ibis, kura-kura, biawak serta 25 jenis burung air.

3. Sunrise dan Sunset yang Indah

Di danau ini kamu bisa menikmati indahnya sunrise dan sunset. Jadi tak hanya di pantai saja. Bahkan di danau ini kamu bisa menikmati momen menarik ketika matahari terbit atau terbenam.

Begitu indah pemandangan sekitar ketika matahari terbit atau terbenam. Kamu akan melihat langit yang berwarna jingga. Tampak begitu sempurna ketika berpadu dengan air danau.

Jika ingin melihat sunrise, datanglah ke sini pada waktu pagi sebelum subuh. Lalu jika ingin menikmati sunset, datanglah ketika sore hari. Pada moment tersebut di sini ada banyak pengunjung yang ke sini.

4. Memancing

Ada kegiatan seru dan mengasyikkan di danau ini. Kamu yang hobi memancing bisa lho memancing di sekitar danau. Pihak pengelola memperbolehkan pengunjung memancing di sini. Kamu bisa memancing bersama keluarga atau teman-teman.

Selain jadi objek wisata, Danau Lebo Taliwang ini difungsikan untuk memelihara ikan. Di bagian tengah danau banyak keramba ikan milih penduduk setempat.

5. Naik Perahu

Ini nih kegiatan paling seru. Kamu bisa naik perahu keliling danau. Sambil menikmati pemandangan alam yang indah, kamu bisa berfoto. Dengan latar pemandangan yang menakjubkan, foto kamu akan sangat instagrammable.

Perahu yang disediakan oleh pihak pengelola bisa disewa untuk keluarga atau pasangan. Ketika naik perahu, kamu akan melihat teratai yang bermekaran di tengah danau. Pemandangan ini membuat kesan romantis.

Lokasi

Danau Lebo Taliwang berada di Desa Tampir, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

Danau ini telah dilindungi oleh negara sebagai Taman Wisata Alam. Jika datang ke sini kamu bisa naik sepeda motor atau mobil.

Bahkan bis pariwisata juga bise melewati jalan yang menuju ke danau ini. Biasanya ada rombongan pariwisata yang menggunakan bis.

Yuk baca juga

Itulah informasi mengenai pesona Danau Lebo Taliwang. Semoga bermanfaat ya.

Share with care
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments