Sumbawa

11 Oleh-Oleh Khas Sumbawa Yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh-Khas-Sumbawa

Oleh-Oleh Khas Sumbawa

Ada beragam oleh-oleh khas Sumbawa yang bisa Anda jadikan buah tangan.

Kemanakah liburan Anda di Sumba kali ini? Apakah ke Air Terjun Mata Jitu, Danau Lembo, Pantai Lakey, atau lainnya? Ya, pulau ini memang memiliki banyak sekali destinasi wisata memukau yang membuat liburan Anda semakin berkesan.

Sumbawa yang merupakan salah satu kabupaten di nusa tenggara timur secara administrative. Juga sumbawa merupakan pulau penuh pesona wisata alam di sebelah pulau lombok gili.

Baca juga: Tempat & Tiket Masuk Wisata di Lombok & Seluruh NTB.

Berbicara liburan ke Sumbawa, ada hal yang tak boleh Anda lupakan, yakni membawa ‘buah tangan’ untuk keluarga atau kerabat di rumah. Tak perlu bingung, di Sumbawa Anda bisa memilih di antara banyak macam oleh-oleh khasnya. Apa saja kira-kira? Berikut daftar oleh-oleh khas Sumbawa untuk Anda.

Daftar Oleh-Oleh Sumbawa NTB

Di bawah ini adalah daftar oleh-oleh khas Sumbawa berupa makanan, kerajinan tangan, dan lain sebagainya yang wajib Anda bawa pulang saat travelling di Sumbawa.

1. Manjareal

Manjareal merupakan kue tradisional asli Sumbawa dengan cita rasa manis dan gurih. Bahannya adalah kacang tanah halus dimasak dengan gula hingga kalis. Kemudian dicampur bersama tepung beras atau sagu. Adonan ini selanjutnya dicetak menggunakan daun lontar yang dibentuk mirip simbol keriting (clubs) pada kartu remi, lalu dikeringkan.

Manjareal-kue-tradisional-asli-Sumbawa

Cara memakannya nanti cukup dengan menusuknya menggunakan jari agar keluar dari cetakan. Teksturnya yang padat beremah sekaligus leleh dimulut dijamin akan membuat keluarga di rumah suka dengan jajanan ini. Anda dapat memperoleh manjareal di semua toko oleh-oleh khas Sumbawa. Biasanya dijual dengan harga Rp 10.000/bungkus.

2. Kue Babingka

Jajajan tradisional satu ini jadi incaran para wisatawan saat berkunjung ke Sumbawa. Kalau di Jawa hampir serupa dengan wingko babat, namun ini bentuknya persegi dan bahannya sedikit berbeda. Kue Babingka terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan kelapa muda, santan, serta gula merah, kemudian di panggang. Rasanya begitu manis legit dan gurih. Sementara teksturnya kenyal dan sedikit kasar dari kelapa muda.

Kue-Babingka

Apabila Anda datang ke sentra pembuatannya, dari jauh akan langsung tercium bau lezat kelapa muda yang dipanggang. Anda dapat membeli kue babingka di pasar atau pusat oleh oleh khas Sumbawa.

3. Madu Sumbawa

Oleh-oleh khas Sumbawa yang wajib Anda bawa pulang adalah madu asli hutan Sumbawa. Apa bedanya dengan madu pada umumnya? Madu Sumbawa berasal dari lebah jenis Apis Dorsata yang sumber makanannya adalah nektar dari pohon bidara dan kopi. Lebah ini hanya dapa ditemui di hutan-hutan Sumbawa.

Madu Sumbawa Oleh-oleh khas Sumbawa

Keunggulan lain dari madu Sumbawa adalah lebah tersebut tidak diternak, melainkan langsung mengambil dari hutan. Sehingga ketersediannya cukup terbatas. Kadar airnya pun lebih rendah dari madu yang dihasilkan di daerah lain. Madu Sumbawa asli bebas dari pewarna, pengawet, dan pemanis. Berbicara khasiat, madu ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Ada dua macam madu Sumbawa yang bisa Anda beli, yakni madu putih dan madu hitam. Biasanya dikemas dalam botol kecil sampai jeriken 1 liter. Adapun untuk harganya antara Rp 50.000 – Rp 300.000.

4. Susu Kuda Liar

Belum sah rasanya travelling Anda di Tanah Samawa, jika belum beli oleh-oleh khas Sumbawa berupa susu kuda liar. Produk andalan Nusa Tenggara Barat ini sudah sangat terkenal, bahkan sampai manca negara. Disebut susu kuda liar karena setelah diperah, kuda akan kembali dilepas ke alam bebas.

Susu kuda liar memiliki rasa yang lebih gurih dari susu sapi karena kandungan gulanya lebih tinggi. Namun tak perlu khawatir, kalori pada susu ini cukup rendah, sehingga tidak akan membuat Anda cepat gemuk.

Oleh-Oleh Khas Sumbawa Susu Kuda Liar

Lalu apa manfaatnya? Susu kuda liar dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan bagus untuk kecantikan. Salah satu khasiat susu ini yang cukup populer dan terbukti adalah meningkatkan stamina pria dalam berhubungan intim. Biasanya para wisatawan akan mengunjungi langsung sentra budidaya susu kuda liar untuk mendapatkan yang masih fresh (baru diperah).

5. Permen Susu Kuda Liar

Sebagian orang mungkin masih merasa aneh saat meminum susu kuda liar pertama kali. Sebab rasanya memang cukup berbeda dengan susu sapi. Bagi Anda yang juga merasakan demikian atau membutuhkan pengenalan rasa, ada alternatif yang bisa Anda coba yaitu permen susu kuda liar.

Rasa permen ini tentu tidak sekuat apabila meminum susu langsung. Sebab ada proses pengolahan dan penambahan bahan, seperti gula. Kendati demikian, kandungan baik susu kuda liar masih bisa Anda peroleh dari permen ini. Hampir semua toko oleh-oleh khas Sumbawa menyediakan permen ini. Anda dapat membelinya dalam kemasan besar isi 28 permen atau kemasan kecil isi 12 permen.

6. Dodol Rumput Laut

Oleh-oleh khas Sumbawa lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah dodol rumput laut. Pasalnya, dodol ini berbeda dengan dodol pada umumnya yang bertekstur lembek dan lengket. Dodol rumput laut memiliki tekstur kenyal mirip jelly.

dodol-rumput-laut

Warnanya pun bukan cokelat, melainkan merah, kuning, hijau, dan oranye. Semua warna tersebut menyesuaikan dengan rasanya, yakni rasa buah dan sayuran, antara lain strawbery, nanas, melon, durian, labu siam, tomat, dan masih banyak lagi.

Selain rasanya yang enak, dodol ini juga memiliki banyak vitamin dari rumput laut. Cocok sekali sebagai oleh-oleh camilan sehat untuk saudara maupun kerabat di rumah. Harga dodol rumput laut cukup beragam, tergantung berat kemasan yang Anda beli.

7. Keripik Plecing Tempe

Bagi Anda pecinta pedas bisa mencoba oleh-oleh khas Sumbawa berupa keripik pelecing tempe. Anda tentu sudah familiar dengan sambal pelecing khas masyarakat Nusa Tenggara ini. Biasanya sambal ini digunakan untuk cocolan kangkung rebus. Namun sekarang, Anda sudah bisa membawanya pulang dalam bentuk keripik tempe.

Rasa gurih dan pedas nampol dari sambal pelecing begitu terasa dalam keripik ini. Bagi Anda yang tidak terlalu kuat pedas bisa memakannya bersama nasi. Tak perlu repot mencarinya, hampir semua toko oleh-oleh menyediakan camilan ini.

8. Baso Siong (Jagung Sangrai)

Camilan satu ini tak boleh ketinggalan dari daftar oleh-oleh yang harus Anda beli saat ke Sumbawa. Baso siang merupakan olahan jagung dengan cara disangrai. Sebagian orang mungkin membayangkan rasanya akan pahit dan keras. Namun ternyata, masyarakat Sumbawa berhasil membuat jagung sangrai memiliki cita rasa gurih asin dan renyah.

Hal ini tentu karena resep bumbu rahasia mereka. Hampir sepanjang jalan menuju destinasi wisata selalu ada toko oleh-oleh khas Sumbawa yang menjual baso siong. Harganya pun cukup variatif.

9. Terasi Udang Labuhan Botong

Membuat sambal tak lengkap rasanya jika tanpa terasi. Saat Anda berkunjung ke Sumbawa ada baiknya membawa pulang terasi udang Labuhan Botong. Terasi ini merupakan produk unggulan yang sangat digemari masyarakat lokal. Bahannya terbuat dari udang segar yang diambil langsung dari laut-laut di Sumbawa.

Keunggulan dari terasi udang Labuhan Botong adalah rasa lezat udangnya yang begitu terasa saat digunakan sebagai sambal. Masyarakat setempat biasanya menggunakan terasi ini sebagai sambal cocol ikan bakar. Anda bisa membawa pulang oleh-oleh khas Sumbawa ini dengan membelinya di pasar tradisional maupun modern.

10. Minyak Sumbawa

Oleh-oleh khas Sumbawa tak hanya berbentuk makanan, tetapi ada juga minyak gosok dengan beragam manfaat. Minyak ini terbuat dari 44 jenis rempah-rempah dan akar kayu tertentu. Pembuatan minyak Sumbawa ternyata tak bisa sembarangan. Sandro (sebutan untuk pembuat minyak) harus seorang pria yang selama proses pembuatan dilarang bersentuhan dengan wanita.

Minyak sumbawa

Selain itu, minyak ini hanya dibuat saat bulan Muharram. Masyarakat lokal meyakini bahwa apabila aturan tersebut tidak dilakukan dapat mengurangi khasiat minyak itu sendiri.

Karakteristik minyak Sumbawa cukup beragam. Sebab masing-masing sandro memiliki teknik peracikan dan komposisi bahan yang berbeda. Pada umumnya bahan-bahan tersebut dirahasiakan. Itulah mengapa dalam kemasan hanya dicantumkan aturan pakai dan khasiatnya. Hal ini bertujuan agar tidak ada oknum plagiat yang menyalahgunakan.

11. Kre’alang

Sebagaimana diketahui, hampir semua wilayah di Nusa Tenggara Barat maupun Timur adalah penghasil kain tenun terbaik. Khusus di Sumbawa Anda bisa membawa pulang kre’alang. Kerajinan tenun ini berupa kain sarung yang dibuat menggunakan sesek. Ukurannya lebih kecil dari pada umumnya. Ciri khas kre’alang adalah motifnya berbentuk binatang atau tumbuhan dan terbuat dari benang berwarna emas.

Anda dapat membeli oleh-oleh khas Sumbawa ini di pusat pengrajin kre’alang, yakni di desa Poto. Karena proses pembuatannya yang lama dan murni hand made, kain kre’alang dibanderol dengan harga sedikit mahal yakni sekitar 1,5 juta per helai.

Nah, itulah daftar oleh-oleh khas Sumbawa yang wajib Anda bawa pulang saat berkunjung ke sana. Silahkan siapkan budget Anda dan borong semuanya. Selamat menikmati liburan dan jangan lupa bawa buah tangan untuk keluarga atau kerabat di rumah.

Cheers – gotraveladmin +6281999 565 666 | Oleh-Oleh Khas Sumbawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.