Sumbawa

Wisata Kuliner Sumbawa | Ini Dia 15 Menu Khas yang Wajib Anda Coba

Wisata-Kuliner-Sumbawa

Wisata kuliner sumbawa ini adalah topik paling seru untuk dibahas bagi pecinta kuliner nusantara. Pulau Sumbawa terdiri dari beberapa kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pulau sumbawa menyimpan banyak destinasi wisata yang belum diekspose dan terdapat beberapa spot terkenal dunia seperti Air Terjun Mata Jitu permandian favorit mendiang Diana Princess of Wales.

rusa-sumbawa

Wisata Kuliner di Sumbawa

Banyak wisatawan yang berburu wisata kuliner Sumbawa karena terkenal dengan kelezatannya.

Saat berkunjung ke destinasi sumbawa tak lengkap rasanya jika belum mencoba berbagai kuliner khasnya. Seperti di daerah lain, pulau ini memiliki banyak sekali menu andalan.

Destinasi-Wisata-Sumbawa

Mulai dari makanan berat dengan cita rasa asin gurih sampai kudapan manis. Semuanya dijamin bakal menyempurnakan liburan Anda bersama keluarga di Sumbawa.

Anda penasaran menu apa saja yang harus dicoba? Berikut daftar lengkap menu andalan wisata kuliner di Sumbawa.

Daftar Menu Andalan Kuliner Sumbawa

Semua menu di bawah ini merupakan hidangan yang menjadi andalan wisata kuliner di Sumbawa. Tak heran jika setiap para wisatawan yang datang selalu mengincarnya.

1. Singang

Menu pertama yang wajib Anda coba saat wisata kuliner di Sumbawa adalah Singgang. Hidangan ini mirip dengan gulai ikan. Singgang merupakan olahan ikan bandeng atau kakap yang dipotong-potong, lalu ditumis.

Singang-kuliner-sumbawa
Singang kuliner sumbawa

Bumbu halusnya terdiri dari bawang putih, bawang, merah, kemiri, kunyit, dan asam jawa. Selain itu, ditambahkan pula cabai rawit dan kemangi saat ikan sudah setengah matang.

Makanan khas Sumbawa ini dijamin akan membuat Anda ketagihan. Sebab rasanya begitu gurih, pedas, dan sedikit asam. Ada banyak warung makan yang menyediakan Singgang, terutama daerah dekat monumen arah kota Sumbawa besar.

2. Palumara

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke pantai di Sumbawa, jangan lupa menyantap Palumara. Ini merupakan olahan kepala ikan kuah santan.

Ikan yang digunakan biasanya ikan tongkol, cakalang, atau kakap. Kesegaran dari tomat merah dan belimbing wuluh dalam kuahnya membuat Palumara cocok dimakan saat siang hari.

Palumara
Palumara

Beberapa tempat wisata kuliner di Sumbawa yang menyediakan hidangan ini antara lain, sekitar Pantai Lakey, Pantai Kenawa, dan Gunung Tambora.

3. Sepat

Olahan ikan nampaknya menjadi andalan wisata dan kuliner di Sumbawa. Tak hanya Singang dan Palumara, masih ada olahan ikan lain yang disebut dengan Sepat.

Hidangan ini berupa ikan kakap atau baronang bakar yang disajikan bersama kuah sepat, nasi, sambal tomat, dan mentimun.

Wisata-Kuliner-Sumbawa

Paling favorit dari menu khas Sumbawa ini adalah kuat sepatnya yang begitu lezat dan segar. Kuah sepat terbuat dari potongan mangga muda, terung, daun aru, mentimun, tomat, belimbing wuluh, kemiri, dan asam Sumbawa.

Semua bahan ini kemudian dicampur dengan air hangat. Bagi Anda yang ingin mencicipi Sepat bisa berkunjung ke Pantai Goa.

4. Uta Londe Puru

Tak hanya olahan ikan berkuah yang ditawarkan wisata kuliner di Sumbawa. Anda juga bisa merasakan nikmatnya ikan bandeng bakar berukuran jumbo. Menariknya, bumbu bandeng bakar ini hanya air garam, namun rasanya begitu gurih dan sedikit manis.

Uta Londe Puru biasanya disajikan dngan sambal kecap dan potongan jeruk lemon cui. Cocok sekali dinikmati sembari menyaksikan keindahan pantai-pantai di Sumbawa.

5. Jangan Bage

Berbeda dari olahan ikan sebelumnya, Jangan Bage adalah ikan mangkawal yang disajikan dengan cara digoreng.

Untuk menghilangkan amis dan menambah cita rasa, ikan ini akan direndam dalam air asam jawa terlebih dahulu sebelum di goreng.

jangan-bage

Rasanya begitu lezat, apalagi jika Anda mencocolnya dengan sambal yang pedas nampol. Sebagai makanan khas pesisir, Anda bisa menemukan menu ini di restoran atau rumah makan di tepi pantai-pantai Sumbawa.

6. Uta Janga Puru

Anda mungkin sudah familiar dengan ayam taliwang khas Lombok. Di Sumbawa ternyata ada juga olahan ayam serupa yang disebut dengan Uta Jangan Puru. Ayam berukuran sedang dibuat bekak, lalu dibumbuhi bawang merah, bawang putih, merica putih, garam, dan minyak sayur.

Setelah didiamkan beberapa menit, ayam dibakar sampai kecokelatan di kedua sisinya. Uta Janga Puru biasanya disajikan dengan sambol dhoco sia dungga sebagai cocolannya. Bagi Anda yang suka manis bisa meminta ditambah olesan madu sebelum ayam dibakar.

Tak sulit menemukan rumah makan yang menyediakan Uta Janga Puru. Anda bisa menemuinya hampir disetiap destinasi wisata, terutama pantai.

7. Uta Maju Puru

Pernahkah Anda menyantap daging rusa? Bagi Anda yang belum tau rasanya wajib mencoba Uta Maju Puru saat berkunjung ke Sumbawa.

Uta-maju-puru

Menu ini sering dijadikan buah tangan para wisatawan. Uta Maju Puru adalah dendeng daging rusa yang cara pembuatannya melalui pengeringan, lalu dipanggang.

Bumbunya sangat sederhana, yakni hanya berupa garam.

8. Gecok

Masih ingin makan yang gurih dan berlemak? Tenang saja, wisata kuliner di Sumbawa punya banyak stoknya.

Hidangan bernama gecok ini berbahan dasar daging, hati, dan jeroan sapi. Cara pengolahannya digoreng, kemudian dimasukkan dalam bumbu tumis khas Sumbawa.

Tak lupa irisan belimbing wuluh yang membuat cita rasanya semakin segar. Gecok juga mudah Anda temukan di rumah-rumah makan tepi jalan menuju wisata-wisata di Sumbawa.

9. Rarit

Anda ingin mencoba olahan daging sapi lainnya? Sumbawa juga menawarkan menu daging sapi yang diberi nama rarit. Hidangan ini berupa daging yang dicincang, lalu setengah dikeringkan.

Bumbunya yang kaya rempah membuat rarit memiliki aroma penggugah selera. Tak hanya disantap saat wisata kuliner di Sumbawa, para wisatawan biasanya menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh.

10. Uta Mbeca Ro’o Parongge

Menu selanjutnya yang harus Anda nikmati saat wisata kuliner di Sumbawa adalah Uta Mbeca Ro’o Parongge.

Sebagai orang Indonesia Anda tentu familiar dengan daun kelor. Ya, hidangan ini adalah daun kelor yang dimasak menjadi sayur bening atau sayur asam.

Biasanya juga diberi tambahan kangkung atau taoge. Rasanya begitu segar dan membuat ketagihan. Jika ingin menikmati Uta Mbeca Ro’o Parongge, Anda harus datang ke warung makan di Bima atau Dompu saat pagi hari.

11. Rumpu Rampe

Sebagian orang mungkin tidak menyukai daun pepaya karena rasanya yang pahit. Namun, di Sumbawa Anda dapat menikmatinya tanpa pahit sedikit pun.

Orang Subawa menyebut olahan ini dengan rumpu rampe. Hidangannya berupa tumis daun pepaya dengan bumbu khusus.

Beberapa rumah makan terkadang menambahkan daun singkong. Ini bisa menjadi pilihan kuliner menyehatkan selama melakukan wisata kuliner di Sumbawa.

12. Jawada

Sudah kenyang dengan makanan berat? Sekarang beralih ke menu kudapan atau makanan ringan. Anda harus mencicipi Jawada sebagai pelengkap wisata kuliner di Sumbawa.

Camilan ini terbuat dari tepung beras, gula, nira, garam, dan minyak kelapa.

Cara pembuatannya cukup unik, yakni menggunakan cetakan batok kelapa yang telah dilubangi kecil-kecil.

Dari cetakan ini akan mengucur adonan untuk digoreng. Jawada memiliki bentuk segitiga dan disajikan dengan gula merah.

Rasanya yang manis dan renyah cocok sekali menemani perjalanan wisata Anda di Sumbawa.

13. Jagung Catemak

Sesuai namanya, bahan utama kudapan ini adalah jagung yang diolah mirip kolak. Biasanya diberi tambahan labu dan kacang hijau, kemudian dihidangkan bersama irisan gula merah.

Rasanya yang manis sekaligus gurih ini cocok disantap saat masih hangat. Anda bisa menjadikan jagung catemak sebagai teman memulai perjalanan wisata di pagi hari.

14. Bubur Palopo

Jika umumnya bubur menggunakan kuah santan, berbeda dengan bubur khas Sumbawa ini. Sesuai namanya, bubur palopo memakai susu kerbau sebagai pengganti santan.

Image from travel.tempo(dot)co

Tambahan lainnya berupa gula merah dan air rebusan terong kuning. Soal rasa dijamin membuat Anda ketagihan, karena manisnya pas dan gurih.

15. Aneka Sambal

Sama seperti daerah lainnya, Sumbawa juga memiliki aneka sambal khas. Anda bisa memilih yang sesuai dengan menu utama.

Di antara sambal khas Sumbawa yang paling banyak penggemarnya antara lain, sambah mbohi jame, tumi sepi, dhoco toma, sia dungga, dan parado.

Wisata kuliner di Sumbawa biasanya menyediakan ini sebagai sambal tambahan.

Itulah daftar menu yang wajib Anda coba saat wisata kuliner di Sumbawa. Mana yang sudah tak sabar ingin Anda santap?

Jika Anda memiliki banyak waktu di Sumbawa, tak ada salahnya mencicipi semua menu kuliner yang sudah direkomendasikan di atas.

Silahkan buktikan sendiri kelezatannya bersama keluarga maupun rekan tercinta.

Cheers – gotraveladmin +6281999 565 666 | Wisata Kuliner Sumbawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.