GWK Cultural Park Alam Sutra

GWK Cultural Park Alam Sutra

Tak salah jika menyebut Bali surga wisata. Bagaimana tidak?! Tak hanya memikat dengan keindahan alam dan budaya, Pulau Dewata juga memesona mata setiap wisatawan dengan keindahan seni dan budaya. Selain pura dan bangunan sejarah lama, pulau di seberang Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini juga memiliki tempat apik nan megah, yaitu Garuda Wisnu Kencana atau GWK Cultural Park Alam Sutra.

Taman Budaya Raksasa

Seperti namanya, GWK Cultural Park Alam Sutra adalah sebuah taman budaya dengan patung Dewa Wisnu yang mengendarai burung Garuda sebagai icon utamanya. Tak tanggung-tanggung, patung ini memiliki ketinggian hingga 121 meter. Ukuran ini bahkan mengalahkan ketinggian Patung Liberty di Amerika Serikat yang mentok di 93 meter saja.  Wow!

Selain patung Dewa Wisnu menunggang Garuda, di komplek taman wisata seluas 200 hektar ini juga terdapat patung raksasa lainnya. Salah satunya adalah patung Kepala Garuda yang menjulang dengan ketinggian 18 meter. Tempat berdirinya patung ini pun bernama Plaza Garuda yang merupakan sebuah Lorong besar dengan pilar berukir dari batu kapur dan membentuk ruang terbuka  yang begitu luas. Ruang terbuka ini yang dengan nama Lotus Pond ini lantas menjadi spot penting di GWK Cultural Park Alam Sutra untuk menyelenggarakan berbagai acara besar baik yang bertaraf nasional maupun internasional.

Sejarah Panjang

Rasanya tak berlebihan menyebut GWK Cultural Park sebagai mahakarya seni Indonesia di abad modern. Digagas langsung oleh seniman asli Bali, I Nyoman Nuarta pada 1989 silam, pembangunan taman budaya ini  berliku. Selain memakan waktu yang tak sebentar, pembangunannya juga sempat mengalami ‘masa-masa sulit’. Usai peletakan batu pertama pada 1997, pembangunannya sempat terhenti pada 1998 akibat krisis moneter. Beruntung, pada tahun 2013 PT Alam Sutera Realty Tbk. mengakuisisi saham dari taman budaya ini sebesar 82%, sehingga pembangunan kembali dapat berjalan. Lantaran akuisisi itulah, ada embel-embel nama Alam Sutra di belakang GWK Cultural Park. Pembangunan patung ikonik tersebut akhirnya selesai setelah lebih dari 2 dasawarsa menyusul peresmiannya  dan diresmikan pada 22 September 2022 lalu oleh Presiden Joko Widodo. 

Menikmati keindahan GWK

Selain menikmati maha karya patung, juga bisa bisa melihat pertunjukan Tari Kecak di GWK. Sobat Travela tak perlu khawatir tertinggal, karena pertunjukan itu selalu ada setiap harinya, mulai pukul 18.00 WIT. Sementara itu, untuk menikmati beragam bangunan menarik atau keindahan lainnya dari taman budaya ini, Sobat Travela bisa memilih untuk menggunakan shuttle bus yang telah disediakan.

Demikian menariknya, tak salah bukan kalau GWK Cultural Park Alam Sutra menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi saat ke Bali. Jelajahi lebih jauh keindahan mega cultural park ini dengan datang langsung. Jangan lupa, hubungi Gotravela Indonesia untuk mendapatkan tiket ke GWK dengan harga terbaik. (y)

Share with care
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments