Pesona Kepulauan Karimun Jawa

Karimun Jawa

Mungkin sang Maha sedang bahagia ketika menciptakan Indonesia. Mengingat ada banyak spot wisata yang indah di negara ini, seperti Kepulauan Karimun Jawa yang mencuri perhatian. Termasuk surga tersembunyi, daya tarik yang dimiliki oleh destinasi wisata ini akan membuat anda terpesona. Selengkapnya simak ulasannya berikut.

Photo by Cheeky Passports

Kepulau Karimun Jawa

Sebelum membahas perihal keindahan yang dimiliki, Karimun Jawa adalah kawasan kepulauan yang jumlahnya sekitar 27 pulau. Dari total pulau yang ada, hanya kisaran 5 pulau yang bisa dihuni juga ditinggali. Dengan bentuknya yang berupa pulau, tentu saja anda bisa menikmati pantai-pantainya yang cantik.

Karimun Jawa sendiri telah ditetapkan sebagai bagian dari Taman Nasional di Indonesia sejak tahun 2001. Untuk namanya kata Karimun berasal dari kata kremun yang artinya sama samar. Hal ini lantaran pulau ini terlihat samar samar atau kremun. Keberadaan pulau cantik ini juga tidak lepas dari sejarah yang berkaitan dengan Sunan Kudus.

Photo by Elen Pradera

Daya Tarik dan Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Karimun Jawa termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa tengah. Dengan luas daratan sekitar 1.500 hektare dan luas perairan sekitar 110.000 hektare membuat kepulauan ini dikembangkan menjadi wisata taman laut nasional. Ketenaran Kepulauan Karimun Jawa pun sudah terkenal hingga ke mancanegara. Berikut ulasan kami mengenai daya tarik Kepulauan Karimun Jawa untuk Anda :

Ada Banyak Pilihan Pantai

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Kepulauan Karimun Jawa memiliki banyak pantai yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Pantai pantai indah dengan laut yang jernih dan berpasir putih bisa anda temukan. Misalnya Pantai Ujung Gelam juga Pantai Batu Topeng yang menjadi pantai kondang di pulau ini dan memiliki pasir putih lembut.

Jika ingin panorama yang penuh dengan bebatuan eksotis, anda bisa menjadikan Pantai Batu Merah dan Batu Hitam di Pulau Parang jadi pilihan. Dan Pantai Bunga Jabe sangat cocok untuk anda yang ingin menikmati suasana pesisir yang santai juga menyenangkan. Apalagi pantai ini juga dilengkapi dengan dekorasi yang unik dan cantik.

Baca juga

Mengeksplor Bawah Lautnya

Selain memiliki banyak pantai dengan panorama indah, Karimun Jawa juga kondang dengan bawah lautnya yang mempesona. Kegiatan snorkeling maupun diving seringkali dijadikan pilihan oleh pengunjung. Anda bisa menikmati terumbu karang yang menjadi habitat aneka biota laut. Di  Kepulauan Karimun Jawa anda juga bisa singgah di penangkaran hiunya.

Memiliki Bukit Yang Indah

Selain wisata baharinya yang menonjol, anda juga bisa menemukan bukit yang bisa jadi alternatif liburan. Bukit Love menjadi yang paling terkenal dan sangat cocok untuk dijadikan tempat berburu foto foto cantik. Selain bukit Love, Bukit Joko Tuo juga tak kalah cantik dengan gardu pandangnya. Di atas bukit pemandangan perairan Karimun Jawa sangat luar biasa.

Alam yang Asri

Taman Nasional satu ini juga menyajikan pesona alam yang masih sangat asri juga terjaga. Anda bisa menemukan beberapa hutan mangrove yang bisa dijadikan tujuan untuk Trekking Mangrove. Terdapat jalur yang memang disediakan untuk menyusuri hutan Mangrove ini. Dijamin anda ingin berlama lama ketika berada di pulau ini.

Kearifan Lokal Yang Kaya

Karena termasuk pulau yang ditinggali, pengunjung juga bisa mengenal kearifan lokal masyarakat. Ketika malam hari, anda bisa kulineran di alun alunnya. Tidak ketinggalan beberapa tradisi atau festival yang biasa dilakukan masyarakat Kepulauan Karimun Jawa. Seperti festival Balikan Kubro yang dilakukan turun temurun dan setiap tahun.

Baca juga :

Untuk anda yang ingin ke Karimun Jawa, anda bisa menggunakan jalur laut juga udara. Anda memang tak perlu membayar tiket masuk, hanya saja perlu menyiapkan biaya transportasi. Terutama untuk yang menggunakan jalur laut, tiket mulai dari Rp 57 ribu sampai di atas Rp 150 ribu. Jika tidak berangkat secara mandiri, anda juga bisa memanfaatkan paket open trip. Selamat berlibur..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.